Rekreasi Edukatif di Eco Art Park Sentul

Menghirup udara segar, rekreasi sekaligus belajar adalah idaman kita semua.  Tempat menarik dimana tiga hal itu menjadi satu paket adalah Eco Art Park yang berada dalam kawasan Sentul City, Bogor.

Eco Art Park Sentul

Punya anak yang sedang senang-senangnya mencoba hal baru dan penuh rasa ingin tahu, membuat kami agak selektif memilih tempat untuk mengisi liburan akhir pekan.  Waktu yang terbatas dan tak ingin terjebak kemacetan panjang juga jadi pertimbangan, sehingga bermain-main dengan science sederhana di eco art park  menjadi pilihan yang sayang untuk dilewatkan.

Eco Art Park Sentul
Narsis di Jembatan Pohon

Eco art park terletak tepat di sebelah kiri Bellanova country mall yang langsung terlihat ketika berkendara keluar dari pintu tol, berada dibelakang kantor pemasaran sentul city.  Letaknya yang agak ke belakang memang kurang strategis namun percayalah, pengalaman baru menanti ketika menjejakkan kaki ke sana. Jalur masuk menuju ke tengah taman terbagi dua, melewati taman patung di bagian bawah atau melalui “jembatan pohon” yang membentang diketinggian.  Kedua jalur sama-sama menarik. Sayangnya sebagian besar foto-foto koleksi saya lenyap bersama dengan rusaknya HP sementara belum sempat melakukan back up data ke laptop.

Science Garden (Taman Ilmu Pengetahuan)

Sesuai namanya, disini kita akan bertemu dengan berbagai alat peraga agar kita dapat belajar science dengan cara sederhana, menarik dan menyenangkan.  Khusus bagian ini, pengelola bekerjasama dengan Komunitas Migas Indonesia (KMI) dan Masyarakat Energi Terbarukan Indonesia (METI), sehingga hampir keseluruhan alat peraga yang tersedia berhubungan dengan energi.

Eco Art Park Sentul
Bermain Archimedean screw

Beberapa alat yang bisa dicoba antara lain pengungkit yaitu alat untuk mengangkat benda berat, pendulum yaitu bandul untuk mengayun, pipa suara yaitu pipa-pipa yang disusun sedemikian rupa sehingga dapat menjadi penghantar gelombang suara, Archimedean screw yaitu teknik pemindahan air dari tempat yang rendah ke tempat yang tinggi melalui alat bantu berupa pipa ulir, parabola yaitu antena berdaya jangkau tinggi sebagai penghantar gelombang suara dan sinyal dan masih banyak lainnya.

Eco Art Park Sentul
Bermain Pipa Suara

Menyenangkan sekali bisa mencoba alat-alat peraga ini. Seru aja rasanya ketika kita berbicara pelan di satu sisi parabola, lalu lawan komunikasi kita bisa mendengarnya dari sisi parabola lainnya yang berada dalam jarak lumayan jauh. Hal yang sama ketika kita mencoba pipa suara.

Archimedean screw juga demikian.  Memberi perspektif lain tentang aliran air yang umumnya bergerak dari tempat tinggi ke tempat rendah, nah ini berlaku sebaliknya.  Ini seklaigus menjelaskan bagaimana air sungai yang berada dibawah bisa dialirkan ke rumah-rumah penduduk atau diolah menjadi sumber energi bertenaga air.

Sculpture Garden atau Taman Patung

Patung yang paling menonjol dan jadi rebutan pengunjung untuk mengambil gambar adalah patung robot yang menyerupai transformer.  Bukan sekedar patung biasa, transformer ini terbuat dari bekas sparepart mobil yang disusun sedemikian rupa menjadi bentuk menarik.  Salut saya sama kreatifitas pembuat patung ini, mengolah barang rongsokan menjadi lebih bernilai.

Eco Art Park Sentul
Robot (ala) transformer

Selain patung robot transformer, banyak patung-patung lain yang juga menghiasi taman ini antara lain patung pegulat sumo dalam ukuran super besar, patung penyayang binatang, patung keluarga dan aneka patung lainnya.  Yang jelas bentuk-bentuk patung disini unik-unik dan agak tak biasa.  Entah apa yang ada dalam imajinasi para pematung waktu membuatnya. Begitulah seniman, kreatifitasnya kadang susah ditebak.

Eco Art Park Sentul
Aneka Patung di Eco Art Park

Suasana taman yang sejuk dengan pohon-pohon rindang dan rerumputan hijau dan tepat berada ditepian kali cikeas, membuat pengunjung betah duduk berjam-jam menikmati suasananya.  Sekedar untuk bersantai dan bercengkerama dengan keluarga maupun sahabat.

Pasar Ah Pong

Puas bermain dengan berbagai alat peraga disana, saatnya untk makan siang.  Tepat disebelah eco art park terdapat pasr Ah Pong yang menyediakan berbagai pilihan menu dari kudapan ringan hingga makanan berat.  Jika beruntung, di waktu-waktu tertentu, sembari makan kita akan dihibur oleh berbagai pertunjukan dari panggung di salah satu sisinya.  Seperti tempo hari saat kami kesana, ada pertunujukan sulap yang dibawakan oleh kakak-kakak kece dari Japar, kebetulan Prema sempat naik panggung, ikut serta mencoba beberapa trik sulap.

Eco Art Park Sentul
Asyiknya berperahu keliling danau
Eco Art Park Sentul
Belajar Trik Sulap bersama kakak dari Japar

Ou, masih ada hiburan lain yang bisa dinikmati di kawasan ini.  Di sisi lain dari Ah Pong terdapat danau buatan dengan banyak ikan dan tersedia perahu-perahu kecil yang siap mengantarkan kita berkeliling.  Bayar seikhlasnya saja, cukuplah buat anak-anak bahagia merasakan asyiknya duduk dalam perahu.

Nah, kapan kamu kesini?

****

Note : Foto seadanya, berhubung file tak berhasil diselamatkan hiks

 

6 thoughts on “Rekreasi Edukatif di Eco Art Park Sentul

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *