Menikmati Sajian Lezat Bumi Aki

Restoran Bumi Aki Bogor

“Sate kambing di Bumi Aki juara deh, Ibu pasti bakalan suka,” kata suami beberapa waktu lalu

Hmm… jujur,  saya tidak langsung percaya sama promosi ini.  Bukan apa-apa, yang promosi adalah tukang makan.  Dalam kamusnya, rasa makanan hanya ada dua saja : enak dan enak sekali.  Jadi ya kalau dia bilang ada makanan enak, ya memang agak meragukan deh hahaha.

Tapi ya, ternyata promosinya gak cukup sekali.  Setiap kali kami melintas di depan restoran Bumi Aki yang terletak di Jl. Padjajaran, Bogor ini, kalimat yang sama selalu diulang, tentang kelezatan sate kambingnya.   Sayangnya kami selalu saja dalam kondisi kenyang atau berada di jam nanggung untuk sekedar icip-icip makanan, jadinya rencana mampir mundur terus deh.

Rayakan Hari Istimewa di Bumi Aki

Sekian lama memendam penasaran, akhirnya saya punya kesempatan untuk membuktikannya.  Kemarin, 30 Maret 2017 saya berulang tahun.  Saat ditawari mau makan malam dimana oleh suami, tanpa ragu saya langsung menjawab Bumi Aki. Pas banget khan, sekalian ingin merasakan atmosfer malam di restoran sunda yang biasanya identik dengan saung dan aneka pernik tradisional lainnya.

Restoran Bumi Aki Bogor
Mari makan teman-teman

Pendar cahaya lampu menyambut kedatangan kami sejak memasuki pelataran parkir.  Buat kami, untuk urusan makan, selain soal rasa yang pas, pertimbangan lain adalah masalah kenyamanan baik saat makan, antri dan juga parkir.  Nah di Bumi Aki, pelataran parkirnya luas dan lega.  Muat untuk banyak kendaraan roda empat.  Di sisi yang lainnya terlihat parkir motor yang tampak rapi.

Pramusaji menyapa dengan ramah.  Menawarkan beberapa saung yang masih kosong.  Saungnya cukup besar dan tampak nyaman, dengan lampu gantung bernuansa etnik di tengah-tengahnya.  Dari jauh cahaya lampu ini tampak temaram, menambah suasana romantis dan hangat.  Tapi ternyata saat duduk di Saung, lampunya cukup terang kok, jadi tak perlu ragu untuk bernarsis ria ataupun memotret makanan yang disajikan, meskipun di malam hari.  Taman cantik dengan air pancuran dari teko besar menambah semarak suasana dengan gemericik airnya.

Restoran Bumi Aki Bogor
Taman cantik diantara saung

Jelajah Rasa di Bumi Aki

Saatnya memesan makanan.  Pilihan pertama tentu saja sate kambing, biar gak ngiler lagi hahaha.  Sementara buat Cah bagus kami pesankan yang lebih empuk yaitu sate ayam.   Selain itu kami juga memesan karedok, gurame bakar dan nasi putih.  Untuk sambalnya, pilihan jatuh pada sambal kencur.  Iya, kami ini keluarga pecinta kencur.  Di rumah, masak sayur bening, sop dan aneka sajian lainnya tak lupa menambahkan kencur.  Apalagi Cah bagus, kalau kencurnya gak diumpetin bakal dicemilin deh sama dia.  Makanya, begitu lihat ada menu sambal kencur, gak pakai ragu langsung deh dipilih.

Ada yang menarik saat penyajian, sendok dan garpu disediakan dalam pouch cantik.  Tampak sepele, tapi sentuhan sederhana ini terasa istimewa.  Sendok garpu dalam kompartemen sendiri lalu diatasnya ada kompartemen kecil untuk tusuk gigi, dengan sulaman khas Bumi Aki diatasnya.  Cantik sekali.  Terasa dibuat dengan hati.

Restoran Bumi Aki Bogor
Sendok dan garpu yang dikemas cantik

Well, bagaimana dengan rasa makanannya?

Baiklah, saya akui sate kambingnya juara.  Bumbunya meresap hingga ke serat daging.  Meski dibakar, bumbunya masih terasa basah. Susah lho bakar seperti ini.  Yang umum terjadi adalah saat dibakar bumbunya akan mengeras dan kering bersama daging.  Gak bau prengus sama sekali.  Membuat lupa kalau ini adalah daging kambing.  Bahkan menurut saya, tak perlu tambahan bumbu kecap atau kacang, karena cita rasanya sendiri sudah begitu khas. Oke fix.  Ini maknyus.

Restoran Bumi Aki Bogor
Yuk, cicipi kelezatan sate kambingnya
Restoran Bumi Aki Bogor
Sate ayam full daging

Lain lagi dengan sate ayamnya.  Full daging tanpa lemak.  Terasa lembut saat digigit, matang sempurna hingga ke dalam.  Ditambah bumbu kacang, aromanya sungguh menambah lapar.  Ehk… bilang aja emang lapar, Neng!

Yang agak bikin deg-degan adalah gurame bakar.  Tak banyak restoran yang menyajikan gurame bakar dan pas dilidah kami.  Mengolah gurame memang agak gampang-gampang susah.  Kalau tak tepat caranya, bisa jadi beraroma lumpur, apalagi ikannya dibakar, dimana rasa daging aslinya begitu kentara.  Tolok ukur kami adalah Cah bagus.  Dan tarraaa….. saya takjub melihat dia begitu lahap makan ikan.  Sesaat setelah disajikan, dia langsung bersemangat sampai akhirnya menghabiskan sendiri setengah bagian gurame ini.  “Enak, Ibu!” begitu katanya sambil mengacungkan jempol.

Restoran Bumi Aki Bogor
Gurame Bakar yang membelai lidah
Restoran Bumi Aki Bogor
Cah bagus asyik menyantap gurame bakar

Apa kabar karedok? Nah, untuk yang satu ini buat saya agak kemanisan.  Kurang terasa pedes-pedesnya.  Tapi balik lagi masalah selera ya, karena kalau kata suami, karedoknya enak banget.  Lahap bener dia makan karedok.  Buat dia, ini manisnya pas.  Kalau mau pedes, ya tambahin sambal aja hahaha.  Dan memang pasnya ya sambal kencur.  Saat saya menambahkan sambal kekaredoknya,  buat saya rasanya jadi pas.  Lidah memang mengecap rasa dengan seleranya masing-masing ya.

Restoran Bumi Aki Bogor
Karedok selera Pak Suami
Restoran Bumi Aki Bogor
Sambal kencur nan istimewa

Jujur saja, sebenarnya menu-menu yang lain sungguh menggoda.  Tapi ini makan malam kakak.  Jadi ya terpaksa menahan diri dulu.  Lain waktu saya pasti akan memesan aneka dessertnya yang tampak menggiurkan.  Ada bandros, popertjes, pisang goreng coklat keju kue cubit, wafel, es krim dan aneka snack lainnya.  Asik… jadi punya alasan untuk balik lagi #modus

Restoran Bumi Aki Bogor
Aneka pilihan snack

Fasilitas Pendukung

Sebagai restoran keluarga, Bumi Aki mengakomodir kebutuhan anggota keluarga dari segala usia.  Untuk anak-anak tersedia playground agar mereka tak bosan menunggu.  Cah bagus langsung asyik bermain di area ini.  Ada prosotan, ayunan, putaran bahkan rumah mini.

Restoran Bumi Aki Bogor
Playground dengan aneka permainan

Untuk yang dewasa, ada live music yang siap menghibur para pengunjung.  Sayangnya saat kami datang, waktu sudah menunjukkan hampir pukul 8 malam, jadi kami tak sempat menikmati hiburan ini.  Positifnya, masing-masing keluarga fokus menikmati makanan dan bercengkerama penuh kehangatan dan keakraban bersama anggota keluarganya masing-masing.  Sungguh, bahagia itu sederhana.  Menyaksikan keluarga-keluarga yang begitu hangat, saya merasa inilah romantis sesungguhnya. Apalagi bila semua gawai juga turut beristirahat.  Sempurna.

Saya juga menyukai area wastafelnya.  Tampak bersih dan rapi.  Sentuhan ukiran etnik pada tepian kaca membuatnya tampak cantik.  Buat saya wastafel adalah indikator kebersihan sebuah restoran.  Karena disinilah kita memulai pola hidup bersih sebelum makan dan disini pula kita menutupnya dengan mencuci tangan.  Ketersediaan air yang lancar dan sabun pembersih mungkin hanya hal kecil tapi sangat penting.  Selain itu tentunya tersedia toilet dan mushola.  Jadi buat pengunjung yang masih berada di Bumi Aki saat waktunya ibadah, bisa melaksanakannya dengan nyaman.

Restoran Bumi Aki Bogor

Kami beranjak pulang menjelang restoran tutup, bersama beberapa pengunjung lainnya di saung berbeda.  Haha iya betah banget deh.  Meski begitu, Akang dan Teteh pramusaji tetap tersenyum ramah melayani pengunjung. Untuk yang satu ini,  saya beri 2 jempol.

Bonus Discount Menarik

Hari gini ya, kurang lengkap rasanya kalau belum narsis dan foto-foto lalu upload di sosial media.  Apalagi kalau memang layanannya memuaskan, rela banget deh cekrek cekrek upload.  Nah di Bumi Aki, ada discount 5 % jika teman-teman posting foto dengan hastag #bumiaki dan tentunya follow dan mention ke @bumiaki.  Tak mau menyia-nyiakan kesempatan, pastinya saya juga ikutan dong #emak2irit dan memang benar, saat melakukan pembayaran kami mendapat discount.  Lumayan khan buat beli permen #eh

Restoran Bumi Aki Bogor

Nah sahabat ngiringmelali, tunggu apa lagi.  Kalau kebetulan main ke Bogor dan pengen merasakan masakan khas Sunda dengan citarasa memanjakan, yang tempatkan nyaman dan adem, Bumi Aki bisa jadi pilihan yang pas.

Oh ya, bukan hanya di kota Bogor, Bumi Aki juga memiliki beberapa cabang ditempat yang lain

Bumi Aki Puncak

Jl. Raya Puncak – Ciloto No 259, Jawa Barat, Indonesia No. Telp : (0263) 517711

Bumi Aki Cianjur

Jl. Raya Ciwalen – WarungKondang, Cianjur, Jawa Barat, Indonesia No. Telp : (0263) 2284259

Bumi Aki Bogor

Jl. Raya Pajajaran Bogor No. 51, Bogor, Jawa Barat, Indonesia No. Telp : (0251) 8353819

Bumi Nini Puncak

Jl. Raya Puncak – Ciloto No 259 Jawa Barat Indonesia No. Telp : (0263) 522202

Bumi Nini Cisarua

Jl. Raya Cisarua KM 18 No. 18, Cisarua, Jawa Barat, Indonesia No. Telp : (0251) 8252888

Teman-teman juga bisa update setiap perkembangannya dari akun sosial media Bumi Aki

Website: http://bumiaki.com/

Facebook: Bumi Aki Resto

Instagram: @bumiaki

Twitter: @bumiakiboga

48 thoughts on “Menikmati Sajian Lezat Bumi Aki

  1. Mbak, tempat dan fasilitasnya ciamik ya.
    Apalgi tampilan makanannya pun menggoda sangat.
    Aku penasaran sama karedok dan sambal kencurnya.
    Aku pakai kencur kalau masak bobor bayam hihi

    • Fasilitasnya lengkap. Aman banget buat keluarga besardari anak-anak sampe aki nini. Karedok itu makanan kesukaan suamiku, kalau makan di restoran sunda, ini menu yang wajib ada buat dia hehe

    • Haha Klo dalam bahasa sunda bumi artinya rumah, Aki artinya kakek, jadi kita makannya dirumah kakek
      Sate kambingnya beneran enak lho, aku langsung suka sejak gigitan pertama

  2. pertama met ultah mbak arni, Wish U all the best yak
    kedua tempatnya cozy banget
    ketiga menunya bikin ngiler, potonya sukses brarti ya
    keempat, salam buat cah bagus, ganteng, hehe

    • Terimakasih ucapannya mbak
      Ahayyy menunya memang maknyus kok. Wah syukurlah kalau foto aja bisa bikin ngiler, soalnya aku jujur aja sempat ragu, motret malam, hanya pake smartphone pula
      Salam balik dari cah bagus

  3. Reviewnya lengkap banget, jadi ngeces nih pengen sate kambing. Sayang di Bandung ga ada ya.
    Met ulangtahun yaa. Semoga sehat dan bahagia selalu…

    • Iya mbak. Saya kagum sama sentuhan-sentuhan kecil di Bumi Aki ini. Terasa banet mereka memperhatikan tiap detil service ke konsumennya. Kalau kebetulan main ke Bogor atau puncak, bolehlah mampir mbak 🙂

    • Guramenya empuk dan matang sampai ke dalam. Prema aja sampai ngabisin setengah bagian sendirian. Padahal biasanya dia kalau makan ikan harus disuapin , nah kali ini semangat bener dia makan sendiri

  4. Ihhhh area wastafelnya cakeeppp. Sukaaa interiornya. Btw, baru tahu kalau ngolah gurame bisa ada yg bau lumpur juga ya?

    So, makanan juara di sini si sate kambing itu?

    • Interiornya cantiiiiiik
      Iya mbak, gurame itu suka ada yang bau lumpur. Biasanya sih efek saat pemeliharaan dimana air kolamnya “kurang” mengalir jadi ikannya agak gak bersih gitu deh. Nah kalau yang kayak gini, sebelum dimasak harus bolak balik dicuci, rendem, ganti air deh katanya.
      Inget banget, ibuku sampai sekarang gak berani makan gurame karena trauma pernah makan yang bau lumpurnya keras banget

    • Nah itu dia, kami belum sempat nyobain sayur asemnya
      Kata orang-orang memang maknyus juga
      Yes nambah alasan untuk kembali kesana hahaha

  5. Whuaaa aku suka satee Mbak, apalagi sate kambing secara aku kan darah rendah sehingga ga ada pantangan he3
    kalau darah rendah kumat biasanya kepikiran makan sate kambing.
    moga ada kesempatan makan di Bumi Aki ini, aamiin.

    • Wah samaan kita. Akupun darah rendah
      Makanya booster mood banget nih makan sate kambing
      Klo udah berasa lemes dan gampang keliyengan aku pasti nyari sate kambing
      Yuk keluarga biru main ke Bogor

  6. Mau.. mau sate kambingnya. Eh, aku sering nemu gurami bakar enak banget lo. Kalau di Jogja, hampir semua pemancingan yang punya menu ini enak. Mbak nggak foto di depan wastafelnya? Lucu tu 😀

  7. Wow ada menu karedok bikin ngiler apalagi dimakan siang hari. ini merupakan makanan favorit saya. Bumi Aki tempatnya bagus dan bisa sekalian bawa keluarga soalnya ada playground juga

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *