Mars Met Venus ; Karena Cinta Tak Butuh Alasan

Film Mars Met Venus

Ringan, segar, kocak dan menghibur namun tetap menampilkan realita.  Itu kesan pertama saya saat menyaksikan premiere film Mars Met Venus beberapa hari lalu. Menampilkan konsep yang unik dan baru pertama kali di Indonesia, film ini terbagi menjadi dua part, dari sudut pandang perempuan (part cewek) dan sudut pandang laki-laki (part cowok).  Kedua part ini bukan film bersambung ataupun berseri namun dengan mengusung judul yang sama, scene yang ditampilkan saling melengkapi satu sama lain sehingga menonton keduanya menjadikan kita mendapatkan jawaban dari pertanyaan-pertanyaan secara utuh.

Kisah cinta memang selalu asyik untuk diulik.  Menyenangkan untuk dibahas. Menarik untuk dikepo-in.  Banyak sekali sudut pandang yang bisa dipakai untuk menceritakan satu saja kisah cinta.  “Men are from Mars, Women are from Venus” adalah perumpamaan yang sudah tak asing lagi tentunya.  Meski berasal  dari latar belakang yang jauh berbeda, bukan berarti dua kutub ini tak bisa bertemu dong, karena cinta memang datang untuk menyatukan perbedaan.

“Cinta ya cinta saja.  Tak perlu pakai alasan.  Kalau cinta karena dia baik, dia cakep dan karena-karena yang lain, itu namanya bukan cinta.  Pamrih itu.  Cinta tak butuh alasan!” 

Saya tertarik mengutip bagian ini.  Sepenuhnya sepakat.  Tak ada yang tahu kapan cinta akan hadir mengisi relung hati.  Agak sulit menjelaskan dengan kata-kata kenapa kita tertarik pada seseorang.  Tiba-tiba saja desir itu hadir, lalu mengisi rongga, menumbuhkan rindu, kehangatan dan rasa bahagia kala bersama *aih maaf pemirsa, ini mah saya curhat hahaha*

Film Mars Met Venus
Yuk, nonton bareng!

Mars Met Venus Part Cewek

Saya kebagian tiket nonton part cewek.  Tadinya sempat terbersit keinginan untuk bertukar tempat dengan kawan lain yang mendapat tiket part cowok.  Karena pengen tau sudut pandang cowok saat menghadapi cewek dan bagaimana mereka mengelola konflik dalam sebuah hubungan.  Tapi akhirnya urung saya lakukan, karena kemudian saya merasa sesekali pengen “ngaca” ngeliat kelakuan cewek yang notabene (mungkin) sama dengan yang biasa saya alami.

Benar saja, di beberapa scene saya kadang ngebatin, “gue banget nih!” atau kadang saat tergelak melihat bagaimana cewek mudah ngambek, baperan, sensi, sebenarnya lebih pada mentertawakan diri sendiri *ngaku malu-malu sambil milin ujung rok*

Meski begitu, ada juga kok beberapa bagian yang saya kurang sepakat.  Setidaknya dari sudut pandang pribadi ya  “Ah, gak gitu-gitu amat juga kaleee jadi cewek.  Lebay nih sutradaranya!” Ehk, entah ini pembelaan atau memang pengingkaran karena gak mau mengakui. Well, beti, beda tipis lah ya ^^

Film Mars Met Venus
Mars Met Venus. Photo IG @FilmMarsMetVenus

Adalah Mila (Pamela Bowie) dan Kelvin (Ge Pamungkas), sepasang kekasih yang bersiap menuju ke pelaminan.  Disinilah awal mula kisahnya.  Ketika mereka bermaksud membuat vlog (video blog) untuk merekam perjalanan cinta mereka, sejak awal bertemu, pedekate hingga jadian.  Keduanya diminta bercerita segala hal tentang pasangan yang masing-masing dari sudut pandangnya sendiri.  Sesekali disertai flashback ke masa lalu.

Menarik. Keduanya memiliki versi sendiri.  Warna warni jawaban terkadang makin merekatkan cinta, tak jarang berakhir dengan pertengkaran.  Seperti apa keseruannya, saksikan langsung di bioskop kesayangan kamu ya.  Mars Met Venus yang dirilis oleh MNC Pictures ini, untuk part cewek akan tayang mulai 20 Juli 2017 sedangkan untuk part cowoknya, harus sedikit lebih sabar karena baru akan tayang perdana ada tanggal 3 Agustus 2017.  Jangan sampai ketinggalan lho ya, dijamin gak bakal nyesel deh nontonnya.

Untuk mencapai 1 juta target penonton, dalam jumpa persnya Ferry Ardiyan selaku producer pelaksana menyampaikan bahwa akan diadakan road show ke 11 kota di Indonesia.  So, melali-ers pantengin aja jadwalnya di website MNC Pictures maupun instagram @filmmarasmetvenus, siapa tahu beruntung, Mars Met Venus hadir dikotamu.

3 Pesan Penting dari Mars Met Venus

Saat menonton film, tentunya yang dibutuhkan adalah hiburan.  Setidaknya ini untuk saya pribadi.  Saya kurang menyukai film-film yang berat, dengan dialog panjang, serius dan mengajak berpikir berat.  Iya deh, mungkin karena memang sayanya aja yang malas mikir hehe. Tapi beneran, tujuan saya nonton ya karena pengen refreshing, jadi genre santai, kocak tapi tetap realistis adalah favorit saya.  Meski begitu saya kurang menyukai film komedi yang lucunya terlalu dibuat-buat atau mengarah ke pembahasan fisik, buat saya itu jadinya malah gak lucu sama sekali.

Nah, di film ini suara penonton pecaaaaaaah……

Celetukan yang muncul, ekspresi dan adegan terasa alami.  Errr ada sih beberapa bagian yang agak lebay tapi kemudian tertutupi oleh naturalnya para pemain berakting.  Saya suka.  Meski lucu tapi tetap saja, film ini sarat pesan, terutama buat para pasangan muda.  Nih ya, saya kasi 3 pesan moral yang bisa jadi alasan  kenapa kamu harus nonton film ini ;

  1. Unik.  Cara pandang cowok dan cewek memang beda.  Tapi bukan berarti tak bisa bertemu.  Selalu ada titik untuk kompromi, bukan tentang menang kalah tapi lebih pada saling memahami satu sama lain.
  2. Komunikasi.  Satu-satunya cara untuk menyatukan perbedaan adalah dengan komunikasi.  Bukan membawa dan memakai sudut pandang sendiri untuk dipaksakan ke orang lain, apalagi pasangan.  Semua pasti bisa selesai bila dibicarakan baik-baik dan tak pakai emosi plus baper.
  3. Jujur.  Komunikasi bukan sekedar basa-basi untuk mencari tahu minat, hobi, pola pikir atau keinginan pasangan. Komunikasi harus diawali dengan kejujuran.  Berani mengatakan tidak jika tidak, iya jika iya.  Bohong baik terasa menyenangkan di awal, tapi akan sangat menyakitkan di akhir.  Jadi jangan yaaaaaa
Film Mars Met Venus
Para Pemain saat jumpa pers

Pemilihan yang tepat untuk pemain utama, para pendamping baik untuk sahabat Mila maupun Kelvin juga mendukung segarnya film ini.  Soundtrack Dulu Kini Nanti yang dibawakan oleh Citra Scholastika juga menjadi pelengkap yang manis untuk menggambarkan suasana hati yang galau-galau gimana gitu dan menghanyutkan para penonton dalam khayalnya masing-masing.

So, jangan lupa ya.  Catat tanggal mainnya.  Ajak pasanganmu untuk nonton bareng.  Ups.. yang jomblo juga boleh kok nonton, minimal khan buat belajar memahami sudut pandang calon pasangan kelak.

Selamat menonton

Salam

Arni

 

Judul    : Mars Met Venus
Produksi : MNC Pictures
Executive Producer : Toha Essa & Affandi Abdul Rachman
Producer : Ferry Ardiyan
Creative Producer : Lukman Sardi
Sutradara : Hadrah Daeng Ratu
Skenario  : Nataya Bagya
Pemain :
Ge Pamungkas      Sebagai Kelvin
Pamela Bowie      Sebagai Mila
Ria Ricis         Sebagai Icha
Rani Ramadhany    Sebagai Malia
Cameo Project     Sebagai Sahabat Kelvin

14 thoughts on “Mars Met Venus ; Karena Cinta Tak Butuh Alasan

    • Yes mbak. Toss dulu kita
      Ya keles nonton film yang serius dan ngajak mikir berat, bisa ketiduranlah aku. Cukuplah beratnya saat mikirin menu buat anak dan suami, nonto filmnya buat senang2 aja #curcol

    • Ih justru harus nonton versi ceweknya dulu kang biar lebih seru pas nonton yg cowoknya
      Lagian aku khan nulis riview bukan sinopsis atau spoiler, jadi masih belum lengkap
      Ayo nonton yaaaaaa
      Ajak nyonya deh hehehe

  1. cinta itu butuh duit mbak arni. sekian dan terima duit 😀

    iya lah, coba mau nonton bioskop gak ada duit gmn nontonnya :p gak bisa beli popcorn..

    *eh kamu selfie sama artis gak?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *