Menyapa Ruang Rasa dengan Kelezatan Bolu Amor

Bolu Amor

“Sekarang eranya lapis talas.  Kalau dulu saya berkunjung ke daerah lain, orang-orang akan menanyakan oleh-oleh asinan bogor atau toge goreng. Nah sekarang, tiap kali saya bertemu para pemimpin daerah, pasti yang ditanyakan mana lapis talasnya?”   

Petikan kalimat tersebut disampaikan oleh Bapak Bima Arya, Walikota Bogor saat memberikan sambutan dalam acara “Pemecahan Rekor Muri Rangkaian Lapis Talas Terpanjang” yang digelar oleh Bolu Amor pada hari Sabtu, 9 Sepetember 2017 di Kebun Raya Bogor.

Bolu Amor Sukabumi
Walikota Bogor, Kadis Perindag kota Bogor, Owner Bolu Amor, GM Bolu Amor, Chef Bolu Amor beserta tim Pengukuhan Rekor MURI

Memang benar adanya, saat ini hampir di setiap sudut kota Bogor, dengan mudah kita menemukan outlet-outlet yang menjual lapis talas dengan berbagai varian rasa.  Hampir setiap pengunjung kota Bogor, selalu melengkapi buah tangannya dengan membawa pulang beberapa box lapis talas untuk oleh-oleh kerabat di kota asal.  Selain kota hujan, Bogor memang dikenal juga dengan sebutan kota talas.  Kalau sahabat ngiringmelali berkesempatan main ke Bogor, begitu keluar pintu tol, jajaran umbi talas berbagai ukuran menyambut seolah memanggil untuk diajak serta dalam perjalanan.

Talas, sejak lama dikenal memiliki berbagai khasiat untuk kesehatan. Berkat kandungan seratnya yang cukup tinggi dengan kadar glicemic rendah, talas memberi manfaat untuk menstabilkan tekanan darah, sebagai sumber energy, membantu sistem imunitas tubuh dan menyehatkan jantung.  Selain itu, talas adalah sumber pangan yang baik bagi penderita diabetes dan yang berkaitan dengan kesehatan pencernaan.

Pencapaian Rekor Muri Lapis Talas Terpanjang

Sabtu pagi, saya dan teman-teman janjian di gerbang utama Kebun Raya pukul 7.30 WIB.  Dudulnya kami, yang bertahun-tahun tinggal di Bogor ini, gak ngeh kalau pintu masuk baru dibuka pukul 8.  Jadilah kami dan rombongan pengunjung lainnya ramai-ramai menunggu di depan pintu masuk yang masih tergembok rapi.  Ini mah, saking semangatnya pengen icip-icip lapis talas deh hahaha.

Pukul 8 tepat, bapak satpam yang murah senyum membuka gembok pagar.  Setelah memarkir kendaraan, Saya,  Melly dan Afifah memutuskan untuk mencari sarapan terlebih dahulu.  Pintu utama Kebun Raya ini berada tepat di depan Pasar Bogor.  Aneka jajanan pasar sampai jenis sarapan berat cukup mudah ditemukan.  Jadi buat yang berkunjung ke seputaran Kebun Raya di pagi hari, tak perlu ragu.  Jalan-jalanlah ke Pasar, denyut perekonomian sangat hidup disini.  Banyak pilihan kuliner deh.

Sarapan sudah.  Saatnya menuju lokasi acara.  Disana sudah ada mbak Dwina dan Yuri yang sudah asyik memotret dan icip-icip lapis talas.  Yups, both paling depan menyediakan potongan-potongan lapis talas yang boleh dicoba oleh pengunjung. Lapis talas varian yang sama akan digunakan untuk pemecahan rekor MURI yang menjadi agenda utama kegiatan ini.

Bolu Amor Sukabumi
Jajaran Lapis Talas yang membentuk rangkaian sepanjang 622.33 meter

Turut meramaikan pasar lapis talas, Bolu Amor yang berdiri pada tanggal 29 Desember 2010 di Sukabumi membuat gebrakan dengan melakukan pemecahan rekor MURI.  Sejak pagi, lokasi pengukuhan rekor ini sudah dipadati oleh pengunjung Kebun Raya Bogor yang penasaran menyaksikan seperti apa rangkaian lapis talas ini akan ditata agar membentuk rangkaian panjang.

Saya beruntung bisa menyaksikan langsung bagaimana Chef Bolu Amor secara apik dan rapi menata satu persatu potongan lapis talas, bersambung tanpa terputus.  Juga melihat bagaimana petugas dari MURI melakukan pengukuran.  Sampai akhirnya rekor terpecahkan, bukan hanya di Indonesia tapi di dunia.  Inilah rangkaian bolu talas terpanjang yang mencapai 622,33 meter dan menghabiskan 3.078 pack lapis talas sambung menyambung menjadi satu.

Bolu Amor Sukabumi
Proses Verifikasi dan Penghitungan Panjang Lapis Talas oleh tim MURI

Cake yang digunakan adalah varian lapis talas original keju.  Maka jangan heran, baru mendekati lokasi saja, semerbak aroma keju menguar demikian kuat, wangi dan bikin ngeces.  Anak saya, Prema, bolak balik ngerayu pengen nyolek kejunya hahaha.

Pengukuhan rekor MURI ini adalah langkah awal Bolu Amor untuk go national.  Saat ini, Bolu Amor sudah memiliki 32 outlet yang tersebar di Bogor, Depok dan Sukabumi.  Kedepannya, Bolu Amor akan mengembangkan sayap dengan membuka outlet-outlet diberbagai kota yang mengedepankan pengolahan dan pengembangan bahan pangan lokal.

Bolu Amor Sukabumi
Pengukuhan Lapis Talas Terpanjang oleh MURI

Varian Produk Bolu Amor

Mengembangkan pasar kuliner dibidang cake dan bakery, Bolu Amor tentunya memiliki aneka varian produk.   Di Sukabumi, yang merupakan pusat  produksi dan awal berdirinya, Bolu Amor sudah sangat dekat di hati masyarakat.  Kalau berkunjung ke Sukabumi, umumnya oleh-oleh khas adalah cake pisang dari Bolu Amor.  Produk-produknya juga tampak menghiasi  perhelatan-perhelatan besar di Sukabumi.

Mengusung tagline #Banggabeliyangenak Bolu Amor menciptakan cita rasa yang membuat jatuh cinta sejak gigitan pertama.  Mungkin ini juga yang menginspirasi Ridwan Darusalam,  owner Bolu Amor memilih nama “Amor” sebagai branding produknya.  Amor yang berarti cinta, sungguh menyajikan cinta dalam sentuhan rasa khas Indonesia.

Saya berkesempatan mencoba beberapa varian bolu amor.  Komentar pertama saya untuk setiap cakenya : Lembut.  Saya bukan pecinta bolu, dalam arti kalau di depan saya tersaji aneka kue tradisional, lalu disebelahnya ada bolu, saya pasti akan memilih kue tradisional.  Tapi saat potongan pertama saya mencoba  cake pisang dari bolu amor, saya langsung menghabiskan 2 potong.  Rasanya pas untuk lidah ndeso saya.  Varian apa saja yang sudah saya cicipi? Yuk ikuti jelajah rasa bolu amor bersama ngiringmelali.

Lapis Talas Original Keju

Seperti yang saya tulis di atas, varian ini yang paling menonjol pada hari Sabtu tempo hari.  Dari tampilannya, terlihat bahwa bolu amor gak mau tanggung-tanggung memanjakan lidah Amor Lovers, sebutan untuk para pecinta bolu amor.  Kejunya benar-benar melimpah, hingga aromanya semerbak saat pertama kali membuka box.  Rasa talasnya juga cukup kuat di lapisan bolunya.  Dikemas rapi dan cantik,  lapis talas original keju dibandrol seharga IDR 33K.Bolu Amor Sukabumi

Lapis Talas Green Tea

Bolu Amor Sukabumi

Apa jadinya kalau talas dan teh hijau dipadukan menjadi satu dalam adonan cake.  Jawabannya “enak”.  Dua sumber pangan yang menyehatkan ini ternyata bisa bertemu dan memanjakan ruang rasa kita.  Teh hijau yang lebih dikenal sebagai teh untuk diet, saat dijadikan campuran cake justru menjadi lebih muda diterima indra perasa. Cakenya lembut, warnanya cantik dan segar, ditambah taburan keju sebagai topingnya sungguh perpaduan yang pas.  Sangat cocok dijadikan oleh-oleh.  Untuk satu box ukuran medium, Lapis Talas Green Tea bisa dibeli seharga IDR 33K.

 

Lapis Talas Tiramisu

Bolu Amor SukabumiNah, ini salah satu varian lapis talas yang benar-benar baru buat saya.  Tiramisu yang selama ini saya kenal berupa cake berlapis biscuit renyah berbalut krim serta keju mascarpone yang sangat lembut di lidah dan umumnya dijadikan hidangan penutup atau sekedar penganan saat jamuan-jamuan makan.  Nah di bolu amor, tiramisu dijadikan sebagai lapisan lapis talas. Penasaran dong saya.

Begitu sampai dirumah, cake pertama yang saya cicipi adalah lapis talas tiramisu.  Campuran aroma coklat, kopi dan gula dalam adonan tiramisu membuat cakenya wangi dan legit.  Ditata cantik dengan toping coklat putih bertabur almond dan kismis, seperti varian bolu amor yang lain, cakenya tetap terasa lembut sejak gigitan pertama.  Bahkan setelah saya simpan dalam lemari pendingin dan dimakan keesokan harinya, kelembutannya tidak berkurang. Harganya, IDR 33K saja.  Terjangkau banget khan?

Bolu Pisang Keju Spesial

Ingat bolu pisang, ingat bolu amor.  Begitu sepertinya kesan bolu amor di hati warga Sukabumi.  Saya setuju dengan kesan itu.  Sebagai pecinta pisang, saya selalu menyukai segala olahan berbahan dasar pisang.  Puding, kue basah, pisang goreng, piang rai, nagasari dan aneka penganan dari pisang pasti bikin saya nambah setiap menikmatinya.  Termasuk bolu pisang, saya menyukai yang tak terlalu kering, tapi juga gak lembek dan lengket.  Gak bikin seret dan kering ditenggorokan.

Bolu Amor Sukabumi

Nah, saya cocok dengan bolu pisang dari Bolu Amor ini.  Manisnya pas, gak ngendal di lidah, rasa pisangnya kuat. Ditengahnya diberia lapisan selai strawberry lalu atasnya dilengkapi topping keju. Perpaduan yang menggoyang lidah deh pokoknya.  Untuk bisa membawa pulang, kalian dapat membelinya seharga IDR 30K.

Baca juga : 6 Jajanan Pasar Favorit dari Bali

Bolu Pisang Black Forest

Bolu Amor Sukabumi

Sahabat ngiringmelali penggemar black forest? Saya juga.  Di Bolu Amor, black forest bertemu dengan bolu pisang.  Cake pisang dengan topping coklat.  Rasanya seperti menikmati cake ulang tahun yang identik dengan black forest tapi ada sentuhan alami dari pisang.  Enak.  Cah bagus saya sampai minta dibawain bekal cake ini untuk ke Sekolah.  Jatuh cinta dia sama rasanya.

*****

Bolu Amor Sukabumi
Wajah-wajah ceria penikmat Lapis Talas Bolu Amor

Nah, saya sudah merasakan kelezatan Bolu Amor, kamu kapan?

13 thoughts on “Menyapa Ruang Rasa dengan Kelezatan Bolu Amor

  1. Haaa, jadi ingat proses pembuatan pempek terpanjang untuk pemecahan rekor MURI. Dulu pempeknya dibuat mengelilingi stadion Jakabaring Palembang, alat perebusannya juga di desain khusus, soalnya gak cukup pake panci biasa hahaha.

    Btw, aku suka banget bolu ini. Beberapa kali dioleh-olehin sama temen. Aaaaak suka.

  2. Walikota Bogor cakep ya #galfok hahahaha
    Takpikir namanya Amor2 ada hubungannya ma penyanyi KD dan suaminya hehe 😛
    jadi penasaran rasanya, kapan2 ah main ke Bogor 😀
    Seru banget kyke acaranya bisa masuk MURI gtu 😀

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *