Menikmati Kerak Telor Betawi

Eh hujan gerimis aje

Jangan malas jangan molor

Eh eneng klo ke Jakarte

Jangan lupa icip kerak telor

Kerak Telor Betawi

Hai hai… adakah yang doyan makan kerak telor? 

Itu lho jajanan khas Betawi yang sering kita jumpai di festival-festival atau acara budaya di Jakarta.

Awal-awal menjejakkan kaki di Jakarta 15 tahun yang lalu, saya diajak ke PRJ (Pekan Raya Jakarta), sebuah ajang tahunan yang rutin digelar di Jakarta.  Disanalah pertama kali saya mencicipi kerak telor.  Entah apa yang salah, lidah yang belum terbiasa atau memang adonannya kurang mantap, kesan pertama saya adalah : Kecewa.  Aromanya amis luar biasa, lalu serundengnya juga hambar.  Cukup mencoba di gigitan pertama, lantas saya sudah tak ingin melanjutkannya. Saya bahkan sampai menghindari telur bebek setelah kejadian itu, aromanya sekian lama melekat dan bikin saya trauma.

Bertahun-tahun kemudian, di sebuah event AyoDI (Ayo Dongeng Indonesia) yang diadakan di Kampung Betawi Setu Babakan, kembali saya bertemu dengan si kerak telor.  Dalam rangkaian tour kampung Betawi yang diikuti Prema,  salah satu agendanya adalah membuat kerak telor.  Kali ini, sejak pertama masuk lokasi aroma kerak telornya semerbak sekali seolah mengundang pengunjung untuk mencicipinya, termasuk saya yang ikutan tergoda, melupakan trauma dan sibuk mencari-cari darimana sumbernya.

Kerak Telor Betawi
Abang Kerak Telor Junior sedang beraksi

Bahan utama kerak telor adalah telur bebek.  Kalau ada yang pengen pakai telur ayam juga gak apa-apa sih.  Tergantung selera saja.  Tapi konon katanya memang lebih sedap dan gurih kalau pakai telur bebek.  Selain itu, ternyata telur bebek ini mempunyai banyak khasiat lho antara lain :

  • Kandungan vitamin A yang tinggi. Setiap 1 butir telur bebek mengandung vitamin A sebesar 472 IU yang sangat baik untuk kesehatan mata.
  • Menangkal radikal bebas karena kaya anatioksidan.
  • Membantu melancarkan metabolisme tubuh.
  • Memperkuat tulang dan gigi
  • Menambah vitalitas pada pria

Mungkin karena khasiatnya ini yang membuat telur bebek biasanya lebih mahal dibanding telur-telur lainnya.  Apalagi di tukang-tukang jamu, telur bebek biasanya laris manis, saingan sama telur ayam kampung.

Yuk, Bikin Kerak Telor

“Sayaaaaa!” Prema yang memang anaknya suka penasaran langsung tunjuk tangan saat ada tawaran mencoba bikin kerak telor dalam tour budaya Betawi tempo hari.  Setelah sebelumnya memperhatikan denngan seksama cara pembuatan kerak telor, kali ini penuh semangat dia mencoba membuatnya sendiri.

Kerak Telor Betawi
Bahan-bahan untuk membuat kerak telor

Jajanan betawi yang satu ini khas banget. Cara pembuatannyapun sangat unik. Menggunakan beras ketan yang telah direndam semalaman, setelah melunak, siap untuk dipanggang di atas bara dengan tungku tradisional.  Berpadu dengan telur yang diberi aneka bumbu, taburan serundeng dan ebi memberi cita rasa yang tak mudah dilupakan dan bikin nagih. Bagian memanggangnya ini yang unik, langsung diatas bara lalu ada sesi membalikkan wajan saat kerak telor sudah setengah matang.  Inilah yang kemudian memberi aroma khas pada kerak telor itu.

Hasilnya, kerak telor yang sedap sekali.  Saya langsung lupa kalau pernah trauma.  Bahkan Prema yang baru pertama kali makan kerak telor juga langsung menyukai rasanya.  Sampai nambah lho dia. “Bentuknya seperti pizza ya, Bu,” begitu katanya saat melihat yang sudah matang dan terhidang dipiring kertas.  Ya ya, kerak telor ini adalah Pizza Betawi, Nak.

Kali berikutnya saat kami bersiap menonton Drama Musikal Khatulistiwa di TIM (Taman Ismail Marzuki) tempo hari.  Ada abang pedagang kerak telor mangkal di area bazzar.  Prema langsung mengenali aromanya dan, “mauuuu…. Prema mau kerak telor bu!” katanya bersorak gembira.

Baca juga : Menembus Lorong Sejarah Lewat Drama Musikal Khatulistiwa

Dan lagi-lagi, Prema ingin membuat sendiri.  Untung Abangnya baik hati, dengan sabar dia membimbing Prema membuat kerak telor.  Bahkan saat kemudian ada anak lain yang memesan kerak telor, Prema tetap diberi kesempatan untuk membantu membuatkan. Anaknya senang, abangnya juga seneng karena kerak telornya laku.  Haha. Win win solution banget ya.

Kerak Telor Betawi
Pertamakali kenal kerak telor di Kampung Betawi Setu Babakan. Prema langsung ketagihan
Kerak Telor Betawi
Anaknya ketagihan bikin kerak telor

Baca Juga : 6 Jajanan Tradisional Bali yang Siap Menggoyang Lidah

Kerak Telor yang Membuat Jatuh Cinta

Konon katanya, kalau benci jangan terlalu dalam.  Nanti malah kualat dan jadi jatuh cinta.  Rupanya itu tak hanya berlaku pada urusan percintaan dua insan aja ya.  Untuk urusan makan juga.  Saya yang dulu sempat sebel sama kerak telor sekarang jadinya sebel beneran.  Tapi kali ini sebelnya punya kepanjangan : Senang Betul.

Dari sini saya belajar.  Dalam hidup kita banyak lho mengalami hal-hal yang bikin bad mood, marah, kecewa dan sejenisnya.  Silakan marah, silakan kecewa tapi jangan berlebihan.  Segera move on, buka hati,  buka diri untuk memaafkan dan melupakan. Sebab kita tak pernah tau apa yang akan terjadi di masa depan.  Jalan hidup mungkin akan kembali mempertemukan kita dengan mereka yang pernah membuat kecewa dan bisa jadi dalam suasana berbeda dimana kita harus berjalan bersama, bekerja bersama dan lain-lain.

Maka begitulah, kita hanya perlu membenci seperlunya, mencinta secukupnya dan bersyukur sebanyak-banyaknya.

Salam kerak telor

KEB Collaboration

Tulisan ini merupakan bagian dari #KEBloggingCollab dari Grup Butet Manurung dengan Post Trigger tentang Nostalgia Kuliner Bandung di Web KEB ditulis oleh Mak Rina Susanti pemilik www.rinasusanti.com

Tulisan lain terkait tema kuliner dari grup yang sama antara lain Mangut Ndas Mayung di Semarang, Si Picky EaterBakso Garut dan Makan Jajan Ngobrol di Aiola Eatery Surabaya.  Yuk wisata kuliner lewat tulisan

 

 

19 thoughts on “Menikmati Kerak Telor Betawi

  1. Krucilsku ku juga suka kerak telor mbaa… dan tergoda gara2 harumnya itu.
    Terakhir makan di BxChange mall Bintaro saat ada semacam festival kuliner tradisional
    Waktu ke setu babakan kita makan toge goreng sm bir pletoknya
    Malah ga nyobaik kerak telornua

    • Bedalah rasanya sama martabak. Ini khan pake ketan yang dijadiin kerak gitu. Taburannya juga beda, ini pake serundeng, bawang goreng dan aneka bumbu. Kalau pas dapat yang enak, bakal ketagihan deh

  2. Aku entah kenapa sampai sekarang belum pernah nyobain kerak telor Mbak. Alasannya sih karena beberapa orang terdekat yang pernah makan kerak telor bilang, kalau kerak telor itu agak aneh rasanya. XD

  3. Sering bngt beli klo Pas Ada acara ultah Jakarta spt PRJ kemayoran tapi sayang pnjual keliling udah jarang bngt itu klau mau beli plg deket k monas tp skrng udah gk boleh Ada yg dagang, mknan khas Betawi yg legendaries ini

  4. Percaya atau gak, smapai skrng aku belum makan makanan ini hahahahaha 😛
    Yg enak dimana ya?
    Dulu mau nyobain di kerfur pasar minggu ada yg jual tapi urung terus pas mau beli 😛

  5. Aku pernah nyoba kerak telur di event expo di Malang, tapi rasanya kurang cocok di lidahku yang picky eater. Apa mungkin harus nyobain makan di Jakarta ya biar lebih orisinil rasanya? 😀

  6. baru sekali makan kerak telor, tapi ngga nolak kalau dikasih lagi hihihi.. Mungkin cara masak tukangnya yg bisa bikin amis atau ngga ya mba, aku jg suka parno kl pake telur bebek, jd dulu pas nyoba pake telur ayam aja. Kl nyoba bikin sendiri dirumah kyknya blm sanggup hahahah beli aja langsung sama tukangnya biar gampang 😀 #pemalesan

  7. kerak telor yang enak malah aku nyobain pas beli di Malang kak.. di Jakarta beberapa kali beli kok rasanya biasa aja ya… wkwkwkwkk.. ato aku selalu salah beli kali ya.. mangkanya gak mau beli lagi tu kerak telor… padahal suka mupeng kalo lewat di depannya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *