Treasure Hunt Bersama Simpul Selatan, Cara Asyik Berburu Harta Karun

Ciputri Camping Ground

“Ibu, kapan kita camping lagi? Udah lama sekali kita ndak camping,” tanya Prema beberapa minggu lalu

“Nanti ya, kalau Prema libur dan kita lagi gak ada kegiatan lain,”

Kami biasanya camping di akhir pekan, dekat-dekat saja.  Tapi memang, beberapa bulan terakhir, hampir setiap akhir pekan selalu ada kegiatan lain.  Di Pasraman, Pura, dan lain-lain.  Jadilah akhir pekan tetap saja terasa padat merayap.  Seingat saya, terakhir kali camping pertengahan tahun lalu di Curug Seribu, Gunung Bunder bareng teman-teman hebat NDI Kids dan HAAJ (Himpunan Astronomi Amatir Jakarta).  Setelah itu kami belum pernah camping lagi #menatapngeneskeperalatancampingyangmelambai2protes.

Baca juga : Berkencan dengan Bintang-Bintang di Camping Ground Curug Seribu

Pucuk dicinta ulampun tiba.  Lagi asyik ngobrol di WAG Blogger Bogor, Kang Bobby memposting kabar gembira.  Simpul Selatan, salah satu komunitas pegiat alam di wilayah Bogor Selatan bakal ngadain camping ceria bertajuk “Treasure Hunt” dan mengundang Blogor sebagai salah satu media partner.  Cek jadwal, wah pas bener nih, tanggal 20 – 21 April lagi free.  Yaaaay… saya langsung mengajukan diri buat ikutan.

Camping Asyik untuk Hati Yang Gembira

Hari masih gelap saat Prema penuh semangat bangun di Sabtu pagi.  Yes, setelah sehari sebelumnya ikutan heboh packing dan nyiapin perlengkapan, hari yang dinantipun tiba.  Mandi pagi penuh semangat, sarapan juga lebih cepat habis dibanding biasanya.  Gembira banget dah pokoknya Cah bagus ini.

Ayo Ayah, ayo Ibu, kita berangkat!” Serunya tak sabar

Ahsiyaaaaap komandan!

Untuk camping kali ini, saya terhubung dengan Kang Cimeng, salah satu panitia kegiatan.  Bersepakat meeting point di Alfamart Ciapus untuk kemudian beriringan menuju Camping Ground Ciputri.  Kami belum pernah ke sana soalnya, makanya minta ditungguin.  Biar gak nyasar di jalan.  Apalagi nyasar ke hatimu.  Bisa gawat.

Agak tersendat sedikit di Cikaret, akhirnya kami tiba di Ciapus.  Berkenalan dengan kawan-kawan baru, lalu bersama melanjutkan perjalanan.

“Camping groundnya jauh gak dari tempat parkir?”

“Jalan kaki sekitar 10 – 15 menit saja kok.  Kebetulan lagi ramai, banyak komunitas yang bikin acara dan pengunjung-pengunjung yang lain juga.  Lokasi kita di blok bawah.  Lebih dekat dengan Curug Goong,” urai Kang Cimeng saat bertemu di meeting point

Oups.  Kepala saya langsung berdenyut.  Meski udah biasa camping, tapi camping kami adalah camping santai keluarga.  Packing bawaan juga meski diringkes tetap belum seperti layaknya para pegiat alam dan pendaki gunung.  Kami bukan yang demen manggul ransel gede.  Lha piye iki, ngangkut barangnya ke camping ground #tariknafaspanjang

Jalur ini sudah biasa kami lintasi sebenarnya, saat menuju ke Pura Parahyangan Agung Jagattkarta Gunung Salak, jadi gak terlalu kagok meski jalannya kecil.  Lepas dari pertigaan menuju Pura, baru deh agak kelabakan.  Kami ditinggal rombongan sodara-sodara.

Mereka naik motor, bisa nyelap nyelip bahkan di jalan berlubang.  Lha kami gak bisa ngebut euy.  Untunglah akhirnya ketemu juga.  Setelah sempat bertanya pada penduduk setempat.  Memang benar.  Malu bertanya sesat di jalan.  Mau ngandelin google map, sinyalnya acak kadut.  Memang harus komunikasi langsung to.

Benar saja.  Butuh perjuangan ngangkut bawaan ke lokasi.  Lumayan nih kayaknya berat badan saya dan pak suami turun sekilo buat bolak balik naik turun bukit hahahahaha.

Gerimis terus mengiringi sejak keberangkatan dari rumah.  Di Ciputri, cuaca masih sama.  Awan mendung masih bergelayut manja di atas sana, rupanya sang angin sedang istirahat, tak jua dia bertiup kencang menghalau mendung.  Memberi isyarat agar kami gegas memasang tenda, demi bisa berlindung dari serangan hujan.

Ciputri Camping Ground
Salah satu kenikmatan haqiqi saat camping adalah bersantai di hammock

Cuaca ini mengingatkan kami saat camping di Curug Cihurang 2 tahun lalu.  Begitu selesai mendirikan tenda, hujan super deras langsung mengguyur.  Seolah menyuruh kami untuk istirahat sejenak dalam tenda.  Begitulah, camping itu adalah belajar berdamai dengan alam.  Jangan melawan, tapi kitalah yang harus beradaptasi.

Baca juga : Camping Asyik di Curug Cihurang

Malam Ceria dalam Kehangatan Api Unggun

Makin sore, cuaca mulai sedikit melunak.  Sepertinya langit bersimpati pada kami hingga urung menurunkan hujan deras.  Kami masih sempat main ke sungai yang tepat berada di belakang lokasi camping.  Susur sungai hingga bertemu beberapa tempat asyik buat foto-foto manja.  Tak lengkap to, main ke alam tanpa diabadikan.  Yang penting khan jangan mengambil apapun, kecuali gambar (prinsip pendaki no.1)

Ciputri Camping Ground
Siapa mau main air?

Makin malam cuaca makin bersahabat nih.  Bintang-bintang mulai mengintip malu-malu.  Satu persatu bermunculan di sudut pandang.  Duo MC kece, Kharisma dan Egi, mulai membuka acara dengan meriah.  Memperkenalkan para peserta, media partner, community suppport dan tentunya para sponsor kegiatan.  Setidaknya ada 17 toko outdoor yang turut berpartisipasi mensukseskan event kali ini.

Ciputri Camping Ground

Camping tak lengkap tanpa api unggun.  Ada yang unik saat menyalakan api unggun ini, eksekusinya cakep bener dah.  Api dibuat merambat naik, lalu pada titik tertentu meluncur turun dan jatuh tepat di kayu-kayu yang sudah tersusun rapi di tengah lapangan.  Dan blaaaar! Api langsung menyala.

Keren banget,’ ucap Prema setelah sebelumnya terpana.

Penampilan musik akustik hingga stand up comedy melengkapi serunya acara malam itu.  Kala malam makin larut, beberapa peserta sudah bergelung dalam sleeping bag di tenda masing-masing, di beberapa sudut masih banyak yang asyik bercengkerama sembari bermain gitar dan bernyanyi.  Saya menutup mata dengan senyum malam itu, diiringi sayup lantunan lagu dari teman-teman di sekitar tenda.

Ayo Berburu Harta Karun

Yeaaaaay tiba juga di acara inti.  Bersih-bersih badan udah.  Gosok gigi udah.  Senam pagi udah.  Sarapan juga udah biar kuat menghadapi kenyataan hidup  tantangan berburu harta karun.  Kang Ovel, MC pagi itu,  udah bikin heboh deh dari arah panggung utama manggil-manggilin peserta untuk turun ke lapangan.

Ciputri Camping Ground
Semangaaaaaat

Acara dibuka dengan berbagai game yang asyik punya.  Mencairkan suasana yang beku #lokateesbatu membuat para peserta berbaur satu sama lain.  Hilangkan sekat komunitas, semua menyatu dalam kegembiraan.  Gak ada deh ceritanya malu-malu atau jaim.  Semua sama, satu semangat untuk kebersamaan.

Kami dibagi menjadi 8 kelompok.  Empat kelompok di zona merah dan empat kelompok di zona biru. Masing-masing terdiri dari 7 – 8 orang.  Dua zona yang berbeda jalur untuk mencari potongan puzzle berupa peta rahasia.  Saya dan Prema kebetulan berada di kelompok yang sama, Biru 1, sementara Ayah berada di Merah 3. Beda arah deh.  Kami ke sawah, kolam dan perbukitan, sedangkan Ayah ke daerah bawah, sungai dan hutan.

Ciputri Camping Ground
Semangat mencari petunjuk, berdiskusi membaca peta dan berbagi tugas

Berbekal peta harta karun, semua kelompok menyebar mencari potongan puzzle berbekal petunjuk dari para penjaga pos. Masing-masing kelompok harus menemukan 4 puzzle di 4 pos berbeda yang semuanya memiliki tantangan.  Mulai dari dipendam dalam lumpur sawah, terselip di antara semak, bercampur dengan sampah-sampah yang menumpuk, hingga diselipkan datam bebatuan di tepian kolam.  Bahkan menurut kelompok merah, ada yang sampai harus menggali-gali tanah segala.

Luar biasa panitianya.  Terniaaaaaaaaat!!!

Sumpah dah.  Niat banget ngerjain peserta

Tapi tak apa, dengan begini kekompakan tercipta.  Saling mendukung satu sama lain dalam tim. Pun menjadi latihan ketelitian dan uji kesabaran.  Pokoknya pantang menyerah sebelum menemukan harta karunnya.

Satu persatu tim berdatangan ke tenda.  Ada yang kelelahan, haus dan lapar bahkan basah kuyup.  Meski begitu terlihat tetap semangat.  Menyenangkan sekali.

Kembali berkumpul di lapangan setelah beristirahat sejenak.  Saatnya menuntaskan misi.  Potongan puzzle yang tersebar tadi harus disatukan membentuk sebuah gambar.  Bagian ini juga menarik.  Semua bersatu, melupakan batas kelompok.  Sekarang hanya ada satu tim, Treasure Hunt.  Yeaaay kami berhasil menyelesaikan dalam waktu kurang dari 15 menit.  Go go go team! We are the winner!

Ciputri Camping Ground
Ayo, susun puzzlenya!

Color Fun

Menyambut kemenangan, saatnya bergembira dalam warna warni ceria. Bubuk holi dalam berbagai warna sudah siap ditembakkan ke udara.  Tenaaaang… bubuknya aman kok, dibuat sendiri oleh panitia dari tepung terigu dan pewarna makanan.  Baju-baju yang tadinya berwarna putih mulai berubah warna deh.  Pipi, lengan, wajah semua penuh warna.  Seru sekali.

Ciputri Camping Ground
Ayo warnai harimu agar ceria selalu

Tradisi holi ini awalnya dikenal di India, untuk merayakan kegembiraan menyambut musim semi.  Warna merah melambangkan kehidupan, kebahagiaan dan festival.  Warna kuning untuk kemakmuran dan kesuksesan, warna hijau untuk alam dan kesuburan, warna biru untuk cinta dan perdamaian, dan berbagai warna lainnya.  Apapun itu, yang pasti semua menyatu dalam keceriaan.

Selanjutnya, tibalah saat-saat akhir acara.  Pengumuman pemenang dan pembagian door prize.  Luar biasa.  Banyak sekali hadiah yang disiapkan oleh panitia.  Sponsor acaranya bejibun euy.  Keren-keren banget pula hadiahnya.  Mulai dari kaos hingga sendal dan sepatu gunung.  Dari nasting, hammock hingga hadiah utama berupa seperangkat  alat  sholat tenda.

Selamat buat semua yang mendapatkan hadiah.  Buat yang belum dapat, jangan nangis ya.  Kita semua adalah pemenang.

Ciputri Camping Ground
Pemenang dari tim merah dan tim biru. Penghargaan peserta terbaik dan penerima door prize utama berupa tenda
Ciputri Camping Ground
Ceritanya mewakili Blogor.  Terimakasih Simpul Selatan yang sudah melibatkan Blogor

Bersenang-senanglah

Karena hari ini akan kita rindukan

Di hari nanti…

 Sampai jumpa kawanku

Semoga kita selalu

Menjadi sebuah kisah klasik

Untuk masa depan

Ciputri Camping Ground
Yeaaaay… jangan lupakan hari ini yaaaaaa.  Foto doc.panitia

Sekilas Tentang Simpul Selatan

Camping kali ini digagas oleh komunitas Simpul Selatan, sebuah komunitas pegiat alam yang berkembang di wilayah Bogor Selatan dan sekitarnya.  Sekretariatnya berada di Desa Cipelang Kp. Nagrak Rt1/01 Gg. Pesantren Muara, Cijeruk, Kab. Bogor.  Berdiri sejak 26 Juli 2016, nama Simpul Selatan dipilih sebagaimana filosofi sebuah simpul yang membentuk ikatan yang kuat tetapi tidak menjerat.  Artinya, menjalin kekerabatan erat sesama anggota tanpa harus mengikat dan membatasi geraknya di komunitas sejenis lainnya.  Simpul adalah singkatan dari Silaturahmi Insan Madani Penikmat Gunung dan Lingkungan.

Saya menyempatkan ngobrol dengan kang Asep Sutarman, ketua Simpul Selatan.  Penasaran banget soalnya sama Simpul Selatan.  Ngulik beberapa info tentang visi misi dan kegiatannya deh.

Visi Simpul Selatan adalah mewujudkan pengetahuan tentang SOP (standar operasional pendakian) dan kesadaran terhadap lingkungan.  Sedangkan misinya antara lain :

– menjaga silaturahmi sesama anggota

– meningkatkan kapabilitas anggota dalam dunia pendakian

– menjaga kelestarian alam

– melestarikan kembali seni dan budaya permainan tradisional

Beberapa kegiatan rutin Simpul Selatan antara lain :

Door to door

Yaitu melakukan kunjungan ke sekolah-sekolah untuk memperkenalkan aneka permainan tradisional.  Umumnya dilakukan ke Sekolah-sekolah Dasar.  Hingga saat ini sudah berlangsung sebanyak 16 kali di SD-SD wilayah Bogor Selatan

Lacer (Latihan Ceria)

Sejalan dengan misinya untuk meningkatkan kapabilitas dan kemampuan anggotanya dalam dunia pendakian, Lacer hadir untuk memberi pelatihan tentang teknik packing yang praktis dan manajemen resiko dalam berkegiatan di alam.  Wah, kayaknya saya perlu ikut ini nih ^^

 Camcer (Camping Ceria)

Nah, ini dia yang paling asyik.  Saatnya bersenang-senang dan seru-seruan.  Treasure Hunt yang kami ikuti saat ini adalah salah satu pengembangan dari program camping ceria.  Agar tak hanya sekedar main, maka diisi dengan kegiatan yang menarik bagi seluruh peserta.  Treasure Hunt kali ini adalah yang kedua kalinya.  Tahun lalu, pertama kali diadakan di Camping Ground Sukamantri.  Seru banget! Tahun depan kalian harus ikutan!

Udah? Udah? Udah?

Weits kok kayak iklan salah satu parpol ya #ups.  Dilarang keras bahas politik!

Beluuuuum sodara-sodara, masih ada satu lagi program keren punya Simpul Selatan yaitu Simpul Organizer.  Yups, ini adalah EO untuk aneka kegiatan outdoor.  Jadi buat kamu-kamu yang mungkin pengen ngadain outbond buat sekolah, komunitas, keluarga besar, teman-teman dan gak mau repot urus ini itunya, serahin aja ke Simpul Organizer.

Keren ya, Simpul Selatan ini.  Meski usianya bisa dibilang masih muda, tapi kegiatannya kece punya deh.  Nah, bagaimana cara gabungnya? Gampang banget, cukup ikuti minimal 2 kali kegiatan Simpul dan menyatakan siap gabung, maka langsung deh ikutan jadi anggota.  Gak pakai ribet deh pokoknya.  Kuy! Gabung segera!

Simpul Selatan

FB : Simpul Selatan

IG : @simpulselatan

CP: 083872880780

Ciputri Camping Ground
Wajah-wajah bahagia setelah menyelesaikan misi.  Sampai ketemu di Treasure Hunt berikutnya

 

Salam

Arni

78 thoughts on “Treasure Hunt Bersama Simpul Selatan, Cara Asyik Berburu Harta Karun

    • Ayo maaaaaak
      Kemaren ada lho yang camping bawa bayinya. Naik motor pula. Itu emaknya gendong bayi sambil manggul ransel gede di belakang. Amaziiiing

    • Ayo maaaaaak
      Kemaren ada lho yang camping bawa bayinya. Naik motor pula. Itu emaknya gendong bayi sambil manggul ransel gede di belakang. Amaziiiing

    • Iya banget
      Sudah beberapa kali camping dengan grup yang berbeda-beda. Aktivitasnya juga beda. Makin banyak teman dan jejaring jadinya

      Yuk kapan-kapan ikutan

  1. Wahh…kegiatan outdoor kayak gini nih yang pengen banget aku ikutin mbak. Biar anak-anakku juga bisa mengenal alam dan aktifitas outdoor lain. Acaranya rutin atau ocasional aja ya, mbak..jadi pengen ikutan juga.

  2. Konsep acaranya seru banget dan yang saya tidak sangak itu endingnya, semuanya harus kumpul untuk menyatukan gambar.

    Btw, serem juga ya nama salah satu panitianya, Kang Cimeng 😂

    Sukses terus untuk Simpul Selatan ya

    • Eh, emang artinya Cimeng apaan ya?
      Iti hanya nama panggilan aja kok, nama aslinya sih bukan itu

      Betul kak, endingnya itu keren. Semua kembali bersatu dan bekerja sama. Melupaka persaingan dan ego kelompok

  3. Waah lama banget saya ngga ngerasain camping bahkan maun api unggun begitu. Terakhir pas jaman kuliah. Kalo udah usia begini jarang banget bisa ngumpul dengan teman di suasana seperti ini. Sayangnya juga saya belum berkeluarga jadi yah untuk ngikutin kegiatan anak bisa dibilang zonk. Haha.

    • Ayo ayo camping lagi. Sekarang banyak lho komunitas pecinta alam kayak gini. Yang kemaren aku ikuti itu malah yang udah berkeluarga hanya dikit. Sisanya jomblooooo

    • Asik banget memang acaranya mbak. Dikemas dengan manis oleh panitia. Jadi semuanya fun aja gitu. Wah klo nanya minimal, kayaknya gak ada minimal deh, mau banyak atau dikit asal seru pasti asik-asik aja

    • Sutarman says:

      Alhamdulillah trimakasih ☺☺
      untuk info mengenai kegiatan outbound, arung jeram, paintball, camping bisa hub simpul organizer 08558936557 / bisa juga kepoin/dm ig @simpulorganizer

      Numpang promo dan bantu jawab mengenai kegiatan kami ya bu arni hehe

  4. Aduhhh serunyaaaa. Udah lama banget nggak ngerasain camping nih saya Mba, soalnya si kecil masih bayi. Padahal wisata gunung panvar dekat sama rumah.

    Pengen deh kapan kapan saya bisa ikutan Mba. Gimana sih caranya gabung sama berbagai kegiatannya Blogger Bogor? Soalnya saya juga kan warga kabupaten Bogor, sayangnya nggak terlalu paham sama kegiatan Blogger di daerah sendiri.

  5. Duuh seru banget acaranya. Kapan yah aku terakhir kemping? Udah lama banget…
    Nambah pertemanan dan nambah pengetahuan survival di alam. Keren panitianya…

  6. senengnya Prema suka kegiatan camping begini ya….
    pasti asyik banget suasana malam itu, apalagi pas ngidupin api unggun dengan cara yang unik, disambung cari harta karun..
    bener2 terkonsep ya acaranya

  7. Ovelalfarizy says:

    Trimakasih Blogger sdh ikut berpartisipasi diacara treasure hunt Simpul selatan . Trimakasih Ibu arni dan keluarga.. Sukses slalu buat kita semua

  8. Senangnya bisa menghabiskan waktu seru bareng keluarga. Saat ini sudah banyak keluarga yang memilih melakukan kegiatan alm sebagai pengisi liburan, ya. Meski era digital tetapi mempunyai rasa cinta kepada alm itu keren banget…
    Semoga suatu saat kita bisa ikut di sebuah acara serupa hehehe

  9. Seru banget ini daerah cijeruk ya, aku blm pernah ni kesini dekat gak dengan curuk luhur, harus nyempatin diri deh kesini, tp lebih seru kalau rame2 ya

  10. Keren ini campingnya, Mbak.
    kalau acara begini semuanya dapat. Dekat dengan alam, keseruan, dan lainnya.

    Dan benar itu, saat mencari alamat, saya pun lebih mengandalkan tanya bertanya kepada orang. Malu bertanya, tak sampai-sampai hahaha.

    • Hahahaha bener mas
      Klo ngandalin g-maps kadang malah nyasar, dikasi jalan yang sempit-sempit, susah dilintasi mobil

      Btw iya banget
      Acara campingnya seruuuuu

    • Iya mas. Memang seru banget. Rapi bener konsepnya. Aku bilang sih acaranya terniaaaaat hehehe

      Aku sering camping, pernah bikin event juga, tapi gak sampe bawa-bawa sound system lengkap gitu. Lha ini panitia bawaannya lengkap pisaaan

      Juaraaa

  11. Nah tempat seperti ini yang keluarga saya sukai. Membawa anak dan keluarga untuk camping barang semalam dua malam untuk banyak belajar dan menikmati alam. Apalagi dengan dilengkapi dengan ragam permainan yang edukatif dan menyenangkan.

  12. ini seru banget ya mba apalagi panitianya beneran terniat gitu sampe harus gali-gali tanah wkwkwk tapi jadnya berkesan banget apalagi acara holi itu yah mba mantablah jadipengen deh ajakin keluarga camping seru banget liat ini

  13. Seruuuuu, mau banget gelantungan di Hammock ituuu, haha.
    Gak pernah bawa Alfath liburan yang camping gitu, kayaknya udah saatnya deh kasih dia pengalaman seru, bawa adiknya pasti makin seru alias riweuh tapi pasti berkesan kan yaaa, haha.

    Intip-intip ah akunnya Simpul Selatan 🙂

    • Ahahaha klo ada Alfath pasti makin seruuuuuu
      Hammock ini tempat bersantai paling asik saat camping
      Kalau di rumah khan gak mungkin gelantungan kayak gini

  14. Duuh..senangnya liat keseruan acara camping mba Arni bareng keluarga, happy banget pasti
    Apalagi menghabiskan waktu bareng orang tersayang di alam bebas sangat berkesan pasti

  15. Sie-Thi Nurjanah says:

    Duhh..happy banget liat aneka keseruan mba Arni dan keluarga. Aktifitas bersama di alam dan dengan orang2 tersayang pasti berkesan banget

Leave a Reply to Raiyani Cancel reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *