Traveling ; Bawa Uang Tunai, Voucher Belanja atau Kartu?

Halo sahabat ngiringmelali.  Semoga kalian semua sehat selalu ya.  Biar kita bisa melali bareng menjelajahi setiap kepingan surga yang Tuhan hadirkan untuk kita.  Ups… mungkin sebagian dari kalian adalah pembaca baru di blog ini, saya bisikin deh, melali berasal dari bahasa Bali yang artinya jalan-jalan.  Ngiring artinya ayo (dalam bentuk ajakan).  Jadi ngiringmelali adalah ayo jalan-jalan.  Makanya jangan heran kalau 90 % isi blog ini tentang traveling dan wisata kuliner.

Ngomong-ngomong soal traveling nih ya,  kalian biasanya bawa uang tunai atau lebih senang bawa kartu ATM, kartu kredit dan derivasinya? Pastinya masing-masing punya alasan ya.  Semua pilihan ada plus minusnya.  Versi saya, bawa uang tunai secukupnya, bawa kartu ATM juga dan satu lagi biasanya saya bawa voucher belanja.  Coba kita bahas satu-satu deh.

Uang Tunai

Khusus uang tunai biasanya saya membawa dalam bentuk beberapa pecahan.  Terutama pecahan-pecahan kecil.  Apalagi kalau  travelingnya berupa road trip, pastinya bakalan banyak mampir sepanjang jalan, mulai dari peregangan tubuh, buang air hingga jajan-jajan cemilan.  Selain itu, ya buat jaga-jaga kalau seandainya susah nemuin ATM sesuai jenis Bank kartu kita.  Err… iya, saya agak perhitungan soal kena biaya admin #emakpelit

Saaat traveling dan mampir di satu kota,  biasanya saya menyempatkan diri mampir ke pasar tradisionalnya.  Berbaur dengan penduduk setempat sekaligus mencicipi jajanan pasar khas daerah yang dikunjungi.  Nah, kalau sudah begini pastinya yang dibutuhkan adalah uang tunai.

Sodexo
Ngambil duit yang banyak dulu ya gaes

Aneka kartu dan saldo rekening virtual

Bawa uang tunai, bawa kartu ATM juga.  Ou, saya gak punya kartu kredit, jadi pastinya gak bawa yang satu ini.  Saya juga melengkapi e-money dengan saldo secukupnya.  Pun dengan beberapa rekening virtual, sebaiknya tetap terisi saldo.  Saat akan transaksi kita jadi bebas memilih akan menggunakan yang mana.

Beberapa kali saat berbelanja di sebuah outlet, ada tawaran diskon menarik untuk pengguna kartu/rekening virtual tertentu.  Nah, ini saatnya kita mengeluarkan kartu-kartu dari dalam dompet.  Ini juga sekaligus sebagai duit cadangan, jika sewaktu-waktu uang tunai menipis persediaannya.

Voucher Belanja

Satu lagi yang biasanya ikut menemani saya traveling adalah voucher belanja.  Sebagian besar saya dapatkan dari hadiah atau bonus atas pekerjaan.  Jadi ingat waktu masih aktif kerja kantoran dulu, di kantor kami ada program reward untuk karyawan dengan kriteria penilaian tertentu mulai dari tingkat disiplin hingga kualitas pekerjaan.  Pemberian voucher seperti ini menjadi salah satu program untuk memberi motivasi karyawan agar lebih baik dalam bekerja.

Sodexo
Yuk kita jajaaaan…

Salah satu voucher belanja yang paling sering ada dalam dompet saya adalah “Sodexo”.  Tak sulit mencari merchant yang bekerjasama dengan sodexo.  Ada lebih dari 400 merchant dan 19.000 outlet yang tersebar di berbagai kota dengan kategori yang beragam, mulai dari Food & Beverages, Supermarket, Education, Dept. Store and Fashion, Automotive, Health and Beauty, Hotel and Travel, Leisure and Hobby, Electronic and Home, dan lain-lain yang semuanya memiliki penawaran menarik. Asyik banget khan?

Voucher-voucher ini biasanya jadi penyelamat saya di saat “genting”.  Kalau lagi kepepet, gak pegang uang tunai dan males ke ATM, tinggal keluarin voucher buat belanja.  Urusan makan aman, urusan jajan dari baju sampai sembako juga bisa lho.  Saat traveling, bahkan bisa dipakai untuk booking hotel maupun paket liburan dari tour and travel  terpercaya dan profesional.

Saya membayangkan kalau saja perusahaan-perusahaan memiliki reward program untuk karyawan dan memberikan hadiah berupa voucher belanja seperti ini, pastinya membuat produktivitas karyawan meningkat sehingga berlomba-lomba untuk berprestasi yang kemudian akan berbanding lurus dengan peningkatan omzet usaha.  Bukan hanya untuk karyawan, voucher belanja juga bisa dijadikan hadiah untuk konsumen maupun rekan bisnis.

Sodexo

Ada beberapa pilihan voucher hadiah dari sodexo, antara lain:

Sodexo Gift Pass

Jenis voucher ini yang paling sering saya bawa kemana-mana dan memang paling banyak digunakan sebagai hadiah-hadiah.  Memiliki jaringan merchant yang luas dengan beragam pilihan jasa dan produk.  Enaknya dengan beraneka pilihan seperti itu, peegang voucher bebas berbelanja sesuai dengan kebutuhannya masing-masing.  Saya sih, jujur saja paling sering dipakai buat makan-makan.  Ada beberapa merchant food and beverage favorit kami sekeluarga.  Kalau udah pengen makan di sana, Prema, putra semata wayang saya pasti mulai merajuk, “Ibu masih punya voucher khan? Kita udah lama lho gak makan di sana,” Katanya sambil menunjuk atau menyebutkan nama tempat makan pilihannya.

Sodexo ePass

Nah, kalau jenis voucher yang satu ini adalah versi digital dari sodexo gift pass.  Kalau yang pertama itu versi cetak berupa kertas, maka sodexo epass merupakan voucher hadiah elektronik.  Penggunaannya juga menjadi lebih simple, terutama untuk belanja online yang sekarang ini sedang naik daun.    Ada 25 merchant dengan 15.200 outlet online shop yang siap melayani kebutuhan kita dengan sodexo epass ini.

Buat perusahaan yang ingin memesan sodexo epass, bisa lho memilih nominal yang beragam, mulai dari 10.000 hingga 500.000. Bahkan dengan angka-angka unik atau kode tertentu.  Misalnya  menyesuaikan dengan peringatan khusus dari badan usaha, ulang tahun dll.

E-voucher juga dapat memuat pesan personal.  Misalnya menambahkan logo dan pesan singkat.  Untuk yang satu ini berlaku untuk pengiriman voucher dalam bentuk email.  Karena berupa voucher elektronik, sodexo epass lebih mudah didistribusikan, baik kepada karyawan, relasi bisnis, konsumen maupun penerima hadiah lainnya di berbagai daerah di Indonesia.  Dan tentu saja, tipe ini jauh lebih aman dalam penyimpanannya.  Ditambah lagi kodenya yang menggunakan 10 digit huruf dan angka (unique random alphanumeric code) yang hanya bisa digunakan untuk satu kali pemakaian.

Sodexo Reward Pass

Adalah bentuk ekonomis dari sodexo gift pass.  Karena ekonomis, jumlah merchant dan outletnya juga lebih sedikit.  Tapi tetap saja terhitung banyak pilihan dengan lebih dari 40 merchant, 1000 outlet yang digolongkan dalam 6 kategori.  Sodexo reward pass tersedia dalam 3 pilihan nominal yaitu 25.000, 50.000 dan 100.000.

Yang perlu diingat, bila memegang voucher dalam bentuk fisik jagalah agar tetap rapi, tidak lecek ataupun terlipat.  Hindari juga hal-hal yang dapat membuatnya cacat seperti membuat lubang, menulis, membubuhkan staples dan kegiatan lainnya yang berpotensi merusak voucher.    Perhatikan juga masa berlaku voucher.  Khan sayang udah punya voucher belanja lalu kadaluarsa.

Sodexo
Mau makan enak? Sodexo ajaaa

Bagaimana memesan dan menggunakan Voucher Sodexo?

Mudah saja.  Bisa dilakukan melalui telepon ke 021.7891600 atau melalui email ke CS.SVC.ID@sodexo.com  lalu ajukan penawaran sesuai dengan kebutuhan kita.  Sangat praktis dan  efisien.

*****

Nah, itu tadi beragam alat pembayaran yang setia menemani perjalanan saya mengunjungi tempat-tempat indah.  Saat akan berbelanja, tinggal pilih deh mau bayar pakai yang mana.  Kalau udah begini, traveling nyaman anti galau dan tentunya terasa lebih fleksibel.

Sodexo
Traveling asyik anti galau dengan banyak pilihan bertransaksi

 

Kalau kalian, lebih suka pakai yang mana? Cerita yuk di komen.

 

Salam

Arni

21 thoughts on “Traveling ; Bawa Uang Tunai, Voucher Belanja atau Kartu?

  1. Aku pasti bawa uang tunai, atm dan cc. Belum nyaman kalau gak bawa uang tunai, meski ada atm dan CC di dompet. Kalau perjalanan ke LN, sebisa mungkin bawa uang tunai sesuai yang memang saya anggarkan utk perjalanan itu, CC saya bawa utk jaga2, dan sebisa mungkin gak di keluarin, pun di keluarin maksimal 2x. Kalau voucher belum pernah punya dan belum pernah bawa. Apa voucher ini hanya berlaku utk transaksi DN yah, dan kalau bisa dipakai gak kalau misal vouchernya lecek?

  2. Gita sarrah says:

    Kalo lagi travelling saya lebih suka bawa uang tunai sama kartu atm/debit. Kalo kartu kredit saya udah say good bye hehe. N tuk vocer sodexo saya suka pake belanja di supermarket aja😁

  3. Selama ini kami biasanya traveling bawa uang tunai aja mbak. Biasanya tempat tujuan liburan kami itu jauh dari perkotaan, jadi uang virtual ataupun voucher belanja biasanya gak terlalu kepake.

  4. Wah, amunisi kalau lagi jalan lengkap banget ya.

    Sodexo? Saya kok baru dengar ya? Ah, mungkin saya yang memang kurang bergaul. Maklum, saya paling jarang pegang voucher belanja semacam itu. Aku jadi penasaran sama Sodexo ini dan merchant yang bekerja sama dengannya.

    Terima kasih sudah berbagi ya

  5. Kalau Saya selalu bawa semuanya. Tergantung tujuan sih. Kalau memang bakal susah ATM, bakal bawa tunai. Voucher Sodexo manfaat banget soalnya banyak tempat menerima voucher ini.

  6. Oalalah kalo ada cara baru lagi yang lebih mudah yaa kak, aku baru tau banget nih hehe. Biasanya aku pake cara yang biasa hehe, kayak bawa uang tunai, atm, dan juga voucher hehe

  7. Aku bawa semuanya…hehe. Tunai, HP, debit, cc. E-money nya yaa yg di HP. Voucher Sodexo baru baca sekarang nih. Aku punyanya voucher toko Yogya…
    Samma sih, pakainya yg mana tergantung kebutuhan.

  8. Aku lebih dominan trip ke luar negeri, kak. Uang tunai, kartu debit, dan kartu kredit are a must! Uang tunai tetap kubawa sesuai budget, kalau misal 3 juta Rupiah ya aku bawa segitu, lokasinya dipencar-pencar. Soalnya kalau tarik tunai di ATM, biaya administrasi antar negaranya lumayan.

    Belum pernah bawa voucher belanja karena nggak punya haha. Lalu kalau buat domestik biasanya lebih santai soal itinerary. Tapi noted banget nih info akan kemudahan memperoleh voucher Sodexo dan manfaatnya.

  9. Kalau aku, pakai uang tunai, kartu, atau voucher belanja, ditentukan dari tujuan travellingnya ke mana.

    Kalau ke kota besar biasanya mengandalkan kartu (baik debit maupun kredit), kalau ke daerah antah-berantah yang udah nyiapin uang tunai sebanyak yang dibutuhkan.

  10. seringnya bawa uang tunai yang gak banyak sih, biar gak boros hahaha tapi juga pasti bawa kartu debit, vocer juga sring banget nih, sampai samapai dijuluki anak vocer, makan aja sering pake vocer hahaha

  11. AKu kalo traveling kudu siap duit cash tentunya dan ada recehan juga. Kartu debit tetap wajib ada saldonya dong hehehe buat jaga2. Tapi udah 3 tahun aku ga pakai kartu kredit lagi. Voucher sih jarang ya paling voucher diskonan hotel aja, lainnya belanja bulanan di supermarket hehehe 🙂

  12. Bener banget, voucher voucher ini bisa jadi “penyelamat saat genting” hihihi. Sedia voucher selalu donk ya mbak?

    Aku biasanya juga bawa uang tunai & kartu debit, juga e-money gitu. Ya biar fleksibel gitu ya, kalau bisa pakai debit atau e-money, ya pakai itu. Tapi kalau harus tunai juga tenang karena sudah sedia tunai juga.

  13. Kalau aku tergantung juga sih mbak, kadang uang tunai juga perlu dan bawa kartu juga. Kayak kalau pas ke luar negeri gitu, aku malah uang tunai lebih sering untuk keperluan makan dan transport dan kalau belanja menggunakan kartu. Alasannya biar belanja ke kontrol aja sih kalau pakai kartu.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *