Museum kebangkitan Nasional STOVIA

Menikmati Keindahan Pantai Kuta Mandalika Lombok

Pantai Kuta Mandalika

“Aku tidak bisa memilih salah satu di antara kalian.  Aku sudah memutuskan bahwa aku adalah milik semua  orang.  Milik kerajaan ini dan milik seluruh rakyat,” kata Putri Mandalika dari tepi tebing di Pantai Seger.

Hari itu Putri Mandalika tampak begitu cantik dalam balutan kain sutra.  Putri memang mengundang seluruh pemuda dan pangeran agar berkumpul di Pantai Seger di pagi buta pada tanggal 20 bulan kesepuluh (menurut penanggalan Sasak) untuk mengumumkan pilihannya atas lamaran dari para pangeran-pangeran kerajaan lain.

Putri Mandalika bingung.  Dia tahu, jika memutuskan memilih salah satu pangeran, dipastikan akan terjadi pertumpahan darah dan perang  yang pada akhirnya akan mengorbankan rakyat  dan menimbulkan kerugian besar. Continue reading “Menikmati Keindahan Pantai Kuta Mandalika Lombok”

Museum kebangkitan Nasional STOVIA

Damai dan Cinta di Klenteng Sam Poo Kong

Sam Poo Kong

Hari masih pagi ketika kami tiba di Klenteng Sam Poo Kong, salah satu bangunan bersejarah di kota Semarang yang hingga kini masih digunakan sebagai tempat peribadatan umat Tri Dharma (Konghucu, Tao dan Buddha).  Suasana meriah menyambut kedatangan kami, lampion merah tampak menggantung di banyak tempat.  Para petugas klenteng tampak bersiap-siap.  Kebetulan kami datang beberapa hari sebelum upacara Cap Go Meh, maka tak heran, suasana di sini meriah sekali.

Seperti klenteng-klenteng pada umumnya, bangunan di sini sangat kental nuansa negeri Cinanya.  Atap bersusun dua atau tiga dengan ujung runcing, dilengkapi ornamen-ornamen oriental dengan warna cerah  yang menjadi ciri khasnya.  Klenteng Sam Poo Kong terletak di daerah gedung Batu, Simongan, Semarang.  Tak terlalu sulit untuk menuju ke sini, meski merupakan tempat ibadah, namun Klenteng ini sangat terbuka untuk kunjungan wisatawan juga.  Yang paling penting sebagai pengunjung, kita harus bisa menjaga sikap dan tutur kata untuk tetap sopan dan saling menghargai. Continue reading “Damai dan Cinta di Klenteng Sam Poo Kong”

Museum kebangkitan Nasional STOVIA

Pesan Toleransi Dari Dusun Jlono Kemuning Karanganyar

Setiap kali traveling, saya belajar banyak hal.  Bertemu hal-hal baru yang memperkaya ruang pikir dan hati.  Apalagi kalau travelingnya ke tempat-tempat yang punya kearifan lokal yang unik, natural dan berbeda dengan kebiasaan di daerah lain pada umumnya, sungguh bikin hati hangat dan bahagia.

Pada dasarnya semua pengalaman traveling sangat berkesan.  Masing-masing memberi warna dan kesan yang berbeda.  Belum banyak memang tempat yang kami kunjungi.  Fyi, tim traveling terbaik saya adalah keluarga kecil kami.  Sejak Prema masih piyik, kami sudah mengenalkannya dengan perjalanan ke banyak tempat di Indonesia.

Libur lebaran tahun ini, kami sekeluarga bertandang ke Dusun Jlono, letaknya di Desa Kemuning, Kec. Ngargoyoso, Karanganyar, Jawa Tengah.   Ikut pulang kampung ke rumah bapak Paryanto dan bu Erna yang kebetulan mau mudik juga.  Beriringan dari Bogor lalu masuk dalam ramainya arus mudik di tol trans Jawa.  Ramai tapi tak macet.  Kondisinya jauh berbeda dengan mudik kami 4 tahun lalu ke Bali atau 3 tahun lalu ke Dieng.  Terjebak macet dimana-mana yang bikin perjalanan terasa sangat melelahkan. Continue reading “Pesan Toleransi Dari Dusun Jlono Kemuning Karanganyar”

Museum kebangkitan Nasional STOVIA

Eksotisme Taman Nasional Baluran

Taman Nasional Baluran

“Eh, kita punya lho Africa mini di ujung Pulau Jawa, namanya Taman Nasional Baluran.” Kata seorang kawan dalam sebuah obrolan beberapa tahun lalu.

Entah kenapa, obrolan itu seperti terngiang-ngiang dalam bilik ingatan.  Saya penasaran tingkat tinggi jadinya.  Kalau kata anak jaman sekarang kemal : kepo maksimal.  Saya jadi banyak-banyak melangitkan mimpi semoga suatu hari bisa menginjakkan kaki di sana.

Hati-hati dengan mimpimu! Continue reading “Eksotisme Taman Nasional Baluran”

Museum kebangkitan Nasional STOVIA

#VisitBelitung Day 1 : Belitung Timur Nan Memesona

Belitung

Akhir April kemarin Cah bagus libur sekolah karena kakak kelasnya di tingkat SMP sedang melaksanakan UN.  Iya, sekolah Prema memang ada SD dan SMP yang berada dalam satu lokasi.  Jadi, saat SMP try out, UN dan USBN, adik-adiknya yang SD juga ikut libur.  Masih ditambah lagi dengan agenda kakak-kakak kelas VI yang juga akan menempuh ujian akhir, makin banyak deh liburnya Prema.

“Ayah, jalan-jalan dong.  Liburnya Prema kebanyakan nih,” pinta Cah bagus

“Ayah khan kerja, Nak.  Nanti saja ya kalau Ayah udah libur,”

“Ih tapi khan itu masih lama.  Prema bosan nih,”

“Memangnya Prema mau liburan kemana?”

“Kemana aja boleh.  Yang penting jalan-jalan,”

“Pantai atau gunung?”

“Pantaiiiiiii……..!!!” Continue reading “#VisitBelitung Day 1 : Belitung Timur Nan Memesona”

Museum kebangkitan Nasional STOVIA

Nyaris Hilang Dari Peta, Pulau Bokori Kembali Berdandan Cantik Memikat Wisatawan

Pulau Bokori

Kendari, kota kecil tanah kelahiran saya meyimpan banyak pesona tersembunyi.  Wisata alamnya yang cantik masih banyak yang belum terekspose.  Seperti halnya daerah-daerah lain di Timur Indonesia, pantai-pantainya selalu menjanjikan pemandangan indah yang mengundang para penikmat alam untuk mengunjunginya.

Pulau Bokori salah satunya.

Sudah lama saya berniat mengunjungi pulau yang satu ini.  Sejak beberapa tahun terakhir, kawan-kawan di Kendari sering sekali mengunggah foto-foto cantik pulau ini di media sosial.  Sukses bikin saya mupeng berat pengen kesana. Sebenarnya, Bokori bukanlah tempat wisata baru.  Jaman saya masih di Kendari dulu, nama Pulau ini sudah sering terdengar kok, sudah jadi tempat kunjungan wisata juga.  Tapi memang masih terbatas karena aksesnya yang sulit. Continue reading “Nyaris Hilang Dari Peta, Pulau Bokori Kembali Berdandan Cantik Memikat Wisatawan”

Museum kebangkitan Nasional STOVIA

Air Terjun Moramo Surga Tersembunyi di Sulawesi Tenggara

Air Terjun Moramo

Suara sutil beradu dengan wajan sudah terdengar sejak subuh di dapur rumah masa kecil saya, di Kendari.  Nini (ibu mertua saya) bersama Dewi, ART di rumah kami sedang membuat bekal untuk perjalanan kami hari ini.  Kami akan berwisata menuju Konawe Selatan, mengunjungi Air Terjun Moramo cantik yang terletak di ujung Desa Sumbersari, Moramo.   Prema dan dua adik sepupunya, Rama dan Galih tampak bersemangat.  Kami memang akan berangkat dalam rombongan keluarga besar. Keluarga Bogor, keluarga adik saya, Bapak dan Ibu ditambah mertua saya yang datang dari Bali.

Baca juga : Yang Baru di Tahun Baru

Dari Kota Kendari, kita akan menempuh perjalanan sekitar 2 jam.  Mengitari sebagian sisi Teluk Kendari, melewati pantai Nambo (salah satu tujuan wisata kota Kendari), melintasi Tanjung Tiram dan tentu saja menyusuri jalan berkelok berupa pantai, hutan dan gunung yang pemandangannya memanjakan mata. Continue reading “Air Terjun Moramo Surga Tersembunyi di Sulawesi Tenggara”

Museum kebangkitan Nasional STOVIA

Surga-surga Wisata ini Penyebab Saya Jatuh Cinta Pada Sulawesi Tenggara

Sulawesi Tenggara, salah satu Provinsi di Timur Republik ini bisa dibilang adalah cinta pertamaku pada negeri nan elok Indonesia.  Meski mewarisi darah Bali dari bapak dan ibu, tapi saya lahir dan besar di Kendari, sehingga  setiap kali ada yang bertanya, “Liburan mudik kemana?” Dengan yakin dan menahan rindu saya akan menjawab, “Kendari!” ibukota Provinsi Sulawesi Tenggara.

Selain karena bapak ibu memang menetap disana, banyak hal yang selalu membuat saya kangen pada kota kelahiran tercinta ini, dari kenangan masa kecil, para sahabat, kuliner hingga pesona alamnya.  Nah, berhubung saya sekarang sudah berkeluarga, untuk mudik tak mungkin sendiri dong, pastinya butuh dana yang tak sedikit, jadi memang kudu pinter-pinter nyari tiket pesawat murah agar bisa berangkat sekeluarga tanpa harus menguras tabungan. Continue reading “Surga-surga Wisata ini Penyebab Saya Jatuh Cinta Pada Sulawesi Tenggara”