Merayakan Lepas Isoman Dengan Zuppa Soup Istimewa

Challenge Kreasi Tiga Sapi

Yeaay… akhirnya negatif juga!” seru Prema bahagia saat membaca WA dari klinik yang mengirimkan hasil tes PCR kami. Yups, kami sekeluarga memang sempat dikunjungi virus yang viral ini sehingga harus isoman selama hampir 2 minggu.

Meskipun dari Puskesmas setempat (dan baca-baca aturan terbaru dari Kemenkes) tidak ada kewajiban untuk tes kembali setelah isoman, namun syarat untuk kembali beraktivitas dari Sekolah Prema dan kantor suami, wajib melampirkan bukti PCR negatif. Karena itu, kami tetap melakukan tes PCR yang hasilnya sungguh melegakan. Serasa lepas dari penjara hahaha.

Harus dirayakan ini bu…,” kata Prema lagi

“Halagh kayak apaan aja, pakai dirayakan segala. Memangnya Prema mau apa?”

“Apa aja. Nonton bioskop kek. Camping kek. Atau keluar makan di restoran gitu. Khan udah lama kita gak kemana-mana,”

“No! Sebaiknya jangan ke tempat rame dulu deh. Kita baru sembuh. Belum fit betul. Kalau mau makan-makan di rumah aja. Siapa tahu Ibu mau buatin makanan istimewa untuk kita,” Ayah langsung nyamber.

Tiga Sapi Praktis dan Ekonomis
Status di aplikasi pedulilindungi udah hijau dong

“Jiaaaah! Ini mah ujung-ujungnya gak enak di Ibu,” Emak manyun yang disambut gelak tawa Prema dan Ayah. Mulai deh mereka senyum-senyum merayu. Moduuuus.

“Emang pada mau makan apa sih?”

“Prema pengen bakar-bakaran kayak kalau lagi camping, di balkon aja gak apa-apa. Eh, tapi sekarang malam-malam hujan terus ya,”

Hihi dia yang usul, dia juga yang ragu.

“Aha! Prema tau. Makan zuppa soup aja bu. Khan enak tuh anget-anget. Waktu Prema batuk khan Ibu gak mau buatin karena gak boleh minum susu. Sekarang udah gak batuk nih,”

Iya, memang saya sempat melarangnya mengkonsumsi susu selama masih batuk. Bukan apa-apa, Prema kalau lagi batuk, biasanya disertai muntah. Nah, kalau minum susu lalu muntah, aromanya sadis! Dan bikin gak nyaman di tenggorokan pastinya. Lagian Prema masih konsumsi obat, yang mana harus berjarak waktu dengan susu agar khasiatnya maksimal. Jadi ya, saya batasi. Otomatis zuppa zoup dicoret dari daftar menu. Saya hanya membuat sup-sup sayuran daging berkuah bening saja.

Hmm… baiklah. Kali ini saya akan memenuhi permintaan Prema. Ayahnya juga setuju untuk makan zuppa soup. Untuk susunya saya pakai Tiga Sapi Susu Evaporasi dari Indofood. Di rumah, saya memang biasa menyediakan susu, selain Tiga Sapi Susu Evaporasi juga ada Tiga Sapi Kental Manis. Rasa creamynya pas untuk campuran bahan makanan dan biasanya saya gunakan juga sebagai pengganti santan pada menu-menu masakan di rumah. Lebih sehat dan enak.

Kreasi Resep Tiga Sapi Zuppa Soup Istimewa Dengan Susu Evaporasi

Kalau Cah bagus sudah mengajukan permintaan dan sudah disanggupi, harus segera dieksekusi sebelum dia terus merajuk dan menagih janji haha. Pas banget resep ini juga saya sertakan sebagai Kreasi resep Tiga Sapi dalam Challenge Cerita Tiga Sapi. Langsung saja kita intip resepnya ya

Kreasi Resep Tiga Sapi

Bahan Sup Krim:

3 buah sosis

1 buah jagung manis pipil

1 buah wortel, potong dadu kecil-kecil

½ bagian fillet dada ayam potong dadu (saya pakai lebihan ayam goreng yang tersimpan di kulkas)

Secukupnya keju parut

500ml susu cair (saya pakai Tiga Sapi Susu Evaporasi)

1 sdm margarin untuk menumis

½ bawang bombay cincang halus

2 siung bawang putih cincang halus

1 sdm terigu serba guna

Sedikit merica bubuk

Secukupnya gula dan garam

Sedikit oregano

Bahan puff pastry:

Secukupnya kulit pastry (saya pakai yang sudah jadi, beli di Supermarket)

1 butir telur (pisah kuning dan putihnya)

Kreasi Resep Tiga Sapi Susu Evaporasi
Tiga Sapi Susu Evaporasi

Cara membuat:

  1. Panaskan margarin, tumis bawang sampai wangi, masukkan terigu dan aduk cepat sampai rata (pakai api kecil saja)
  2. Masukkan sosis, ayam dan isian lainnya. Beri terigu, aduk cepat. Tambahkan Tiga Sapi Susu Evaporasi, tunggu sampai mendidih lalu bumbui gula dan garam.
  3. Masukkan keju parut dan oregano. Matikan api. Sisihkan.
  4. Siapkan wadah tahan panas. Isi dengan sup krim hanya sampai sepertiganya saja. Jangan terlalu penuh takut meluap dan merusak kulit pastry.
  5. Olesi bibir mangkuk atau gelas dengan putih telur. Taruh kulit pastry yang telah dipotong melebihi ukuran mangkuk di atasnya. Oles atasnya dengan kuning telur.
  6. Panaskan oven 10-15 menit sebelum memanggang. Panggang suhu 180°C atau sesuaikan dengan oven masing-masing. Panggang sampai pastry mengembang dan keemasan.
  7. Sajikan selagi hangat.

Resep di atas untuk 3 – 4 porsi. Jika ingin lebih, silakan sesuaikan bahan-bahannya.

Zuppa Soup Tiga Sapi Susu Evaporasi

Sedikit tips saat membuat zuppa soup :

  • Sup krim sebaiknya jangan terlalu asin.  Pemakaian keju parut akan menambah rasa asin, jadi pastikan jangan terlalu banyak memasukkan garam.
  • Ukuran kulit pastry sebaiknya dilebarkan (bisa digilas dengan gelas agar lebih tipis) supaya nanti saat memanggang kulitnya nggak masuk ke dalam karena ukuran yang terlalu kecil.
  • Jangan memasukkan sup terlalu banyak ke dalam mangkuk, cukup sepertiga gelas saja. Karena saat dipanggang, sup akan mendidih dan bisa mengenai kulit pastry, yang menyebabkan kulit tidak mengembang atau sup meluap keluar.

Kalau sudah bikin zuppa soup, Prema bisa bolak balik ke dapur ngecek oven. Gak sabar nunggu matang. Saya paling suka memperhatikan proses kulit pastry mengembang. Karena pintu oven terbuat dari kaca, jadi terlihat jelas proses merekahnya kulit pastry. Serasa menanti bunga mekar di halaman deh. Menyenangkan.

Zuppa soup selesai. Saatnya makan bareng sekeluarga. Teman-teman nanti bikin juga di rumah ya. Gampang banget kok bikinnya ini. Pakai bahan yang ada dan sesuaikan dengan selera anggota keluarga.

Tiga Sapi Susu EVaporasi
Prema dan Zuppa Soup Favoritnya

Kenal Lebih Dekat Dengan Produk Tiga Sapi

Teman-teman sudah familiarkah dengan susu evaporasi?

Susu evaporasi adalah salah satu jenis susu sapi yang proses pembuatannya dilakukan dengan pemanasan pada suhu tinggi (pasteurisasi) hingga kadar airnya berkurang hingga 60 % dan teksturnya berubah menjadi lebih kental. Dengan konsentrasi ini, susu evaporasi cenderung lebih tahan lama dan tidak mudah basi. Karena adanya proses pengentalan/karamelisasi ini, warna susu evaporasi cenderung kekuningan dan tidak seputih susu segar.

Meski diproses dengan pemanasan pada suhu tinggi, kandungan nutrisi pada susu evaporasi tetap terjaga. Susu evaporasi mengandung protein, karbohidrat, lemak, kalsium, magnesium dan zinc yang sangat bermanfaat untuk kesehatan, menjadi sumber energi, menjaga fungsi sel dalam tubuh, dan memelihara kesehatan tulang.

Tiga Sapi Susu Evaporasi dikemas dalam wadah kotak dengan tutup ulir pertama di Indonesia. Kemasan ini memudahkan dalam penyimpanan, tidak perlu dipindahkan ke wadah lain dan dapat dibuka kembali saat ingin digunakan. Susu ini tidak diberi gula tambahan sehingga tidak menambah rasa manis pada makanan. Karenanya, lebih cocok untuk ditambahkan pada hidangan yang gurih dan bertekstur lembut seperti krimer kopi, pasta dan sup. Pas banget dong ya, saya pakai Tiga Sapi Susu Evaporasi untuk buat zuppa soup.

Tiga Sapi Evaporasi
Tiga Sapi Kental Manis

Memiliki kandungan lemak rendah dan rasa yang creamy, susu evaporasi dari Indofood ini juga sangat cocok digunakan sebagai pengganti santan, tanpa takut terjadi peningkatan kolestrol. Tentunya lebih sehat dan rasa makanan tetap sedap. Nah besok-besok kalau ingin makan opor, sayur lodeh, sop kambing bisa dicoba kreasi resep Tiga Sapi dengan mengganti santannya menggunakan Tiga Sapi Susu Evaporasi. Bisa dibeli di supermarket atau e-commerce seharga 15 ribuan dengan berat bersih 500 gram. Harga Lebih Hemat dan Isi Lebih Banyak. Tiga Sapi Lebih Praktis dan Ekonomis banget ya.

Selain susu evaporasi, ada juga Tiga Sapi Kental Manis. Seperti kental manis pada umumnya, Tiga Sapi Kental Manis dikemas dalam wadah kaleng dengan berat bersih 490 gram. Harganya terjangkau sekali yaitu 13 ribuan. Lebih Praktis dan Ekonomis. Sesuai namanya, kental manis, tentu saja ada tambahan gula didalamnya sehingga lebih cocok untuk jenis makanan/minuman yang manis-manis. Saya biasanya pakai kental manis untuk membuat puding, toping pisang goreng yang dipadukan dengan keju, salad buah dll.

Banyak sekali olahan Kreasi resep Tiga Sapi yang bisa dibuat.  Kalau teman-teman punya ide  masakan menggunakan Tiga Sapi praktis dan ekonomis ini, bisa juga lho ikutan Challenge Cerita Tiga Sapi periode 9 – 30 September 2022 di instagram. Teman-teman tinggal upload Kreasi resep Tiga Sapi buatanmu di akun instagram kalian. Tak lupa lengkapi dengan hashtag #ceritatigasapi.  Info selengkapnya, langsung saja meluncur dan follow official akun instagram Tiga Sapi @lezatnyatigasapi dan fan page facebook TigaSapi. Ada 5 pemenang yang akan dipilih untuk mendapatkan hadiah berupa saldo OVO atau Gopay senilai total 5 juta rupiah.

Jadi, sudah siap berkreasi dengan Tiga Sapi? Ditunggu yaaaa…

Salam

Arni

104 thoughts on “Merayakan Lepas Isoman Dengan Zuppa Soup Istimewa

    • Bisa banget bikin sendiri
      Puas lagi makannya, krim supnya bisa nambah berkali-kali
      Kalaupun gak punya pastry, cukup ditaburi roti kering juga enak lho
      Kayak di Pizza hut gitu

  1. Baru tau kalau puffnya ada yg sudah jadi, praktis bikinnya, pernah makan ini tapi cuma di acara tertentu, pengin bikin sendiri di rumah. Resepnya ternyata mudah, yang bikin creamy sepertinya susu dan mentega

    • Iya mbak. Ada kok dijual yang udah jadi. Tinggal pakai aja
      Ada yang versi lembaran gede, nanti kita belah sendiri jadi 4 bagian
      Ada juga yang udah dipotong-potong, satu kemasan biasanya isi 6 lembar
      Betul banget, gurihnya dari susu dan margarin

    • dan oh iya, sepertinya susu tiga sapi ini cocok banget ya mba, untuk segala jenis masakan.?? soalnya banyak banget kutemuin olahan dengan susu ini

  2. Zupa Soup ini makanan favorit saya dan keluarga Mba. Pernah bikin juga di rumah. Kreasi dengan Susu Tiga Sapi memang lebih aman dan sehat karena susu evaporasi ini rendah lemak dan bisa dijadikan pengganti santan.

  3. Belum pernah sekalipun masak pake susu evaporasi. Artikel ini bikin saya memantapkan niat untuk mencoba bikin panganan pake susu evaporasi. Seneng ya kalo kemasannya pakai tutup ulir, jadi ngga harus kepakai semua, bisa masuk kulkas untuk dipakai makanan lain.

    • Iya mbak. Kalau gak habis bisa disimpan dengan aman di kulkas
      Susu evaporasi bia buat masak sayuran juga lho, khan fungsinya sebagai pengganti santan. Sama enaknya dan tentunya lebih sehat

  4. Wah, selamat sudah negatif terus sehat kak! Btw aku kalau soal Tiga Sapi sejauh ini tahunya kental manis sih, baru sekarang ngerti punya produk susu evaporasi juga. Pastinya bikin zuppa soup tambah gurih dan enaaak, jadi auto laper haha

    • Terimakasih kakak
      Kalau yang kental manis memang pastinya sudah dikenal banyak orang ya. Padahal susu evaporasi kayak gini lebih sehat lho buat bahan masakan. Yuk yuk cobain masak pakai tiga sapi

      • Iyaaa, aku baru tahu kak dan proses evaporasinya. Maklum emang lidah ini konvensional banget, jadi masih agak cemas susu evaporasi buat masakan. Tapi bakalan coba sih, penasaran!

  5. Wow yummy banget rasanya ya mbak, bikin lapar deh melihatnya. Pasti selepas isoman bikin selera makan membaik, makan zuppa soup bikin nagih ya. Produk Tiga Sapi memang andalan, bisa dijadikan campuran aneka makanan atau masakan. Bahkan cita rasanya lebih nikmat.

  6. Gusti yeni says:

    Alhamdulillah ikut seneng lepas isomannya semoga sehat selalu kakak?
    Zuppa soup fav anakku jugaaa…. emang endeusss koo Zuppa Soup ituu, nahh boleh dicoba resepnya pake.susu cap tiga sapi.

  7. Fenni Bungsu says:

    Makin nikmat dong jadinya zupa sup dengan tiga sapi ya kak. Nutrisinya lengkap, dan juga ternyata hemat dalam pemakaian tapi rasa nya menjadi mewah

  8. Aku pernah beli Zupa Soup dan hanya satu kali aja yang ngga zonk. Baik rasa soupnya maupun pastrynya. Keren ih bisa anti gagal gini zuppa soupnyaaa, jadi pengin ikut incipin hihi

      • Iya sih alumunium foil di pasar deket rumah punya.. tapi enak kalo punya cangkir tahan panas jadi nggak bolak balik beli hehe.. ads tandanya ya berapa panas maksimal? Biasanya 100 dersel atau berapa mba?

  9. Pida says:

    Wahh asyik di share sama resepnya juga.
    Harus di coba niih, karena aku belum pernah nyicip Zuppa Soup ini, atau di daerahku namanya lain yaa bukan Zuppa Soup entahlah.

  10. akuuu pernah ingin membuat zuppa soup sendiri di rumah tapi belum terwujud. Mbak Arni jadi ngingetin aku lagi nih… Boleh intip resepnya kapan kapan ya mbak…

    • Fenni Bungsu says:

      Daku belum pernah bikin malah kak hehe.
      Yuk ah kita cobain resepnya, kan kalau sukses bahagian juga bisa membuat hidangan yang nikmat buat keluarga

  11. Ya Allah~
    Nikmat banget bisa masak zuppa soup sendiri.
    Rasanya hangat di badan yang baru sehat kembali. Dan semoga gak sakit lagi yaa, kak.. Seru banget masak zuppa soup menggunakan Susu Evaporasi.

  12. Saya baru tahu ini makan Zuppa Soup ini, tapi kalau dilihat dari bahan-bahannya sepertinya enak nih, apalagi kalau dimakan selagi panas di cuaca yang dingin

  13. Hani says:

    Wah iya, harus ditipiskan dulu ya kulit pastrynya. Ternyata ada tips dan triknya buat bikin Zuppa soup yang yummy. Lebih enak bikin sendiri yah…kalau beli suka keasinan…

  14. Pas lihat hasilnya langsung teringat kok mirip ya dengan yang ada di pizza hut. Ternyata sesimpel itu membuat Zuppa Soup menggunakan susu evaporasi. Pengen recook deh di rumah.

  15. Dyah ummu AuRa says:

    Disini lagi musim hujan nih, duh liat artikel ini langusng kebayang enaknya cuaca dingin makan zuppa anget. Pasti enak banget apalagi apke susu evaporasi dari tiga sapi

  16. Jadi di rumah, ada yang jualan Zuppa soup keliling mbak. Harganya 15,000 gitu. Awalnya saya pengen beli tapi ketika dimakan, enak tapi ga bisa nambah karena mikir harganya mahal,hahaha. Nah karena mbak sudah share resep Zuppa Soup di sini saya jadi kepikiran buat sendiri aja. Bisa puas makan sendiri

    • hahahah iya bener, tp di sini ada juga mbaa harga 25k kwkw tapi emang enaaak. coba kalau bisa bikin sendiri kaayak gini lebih hemat yah buat sekeluarga wkkw

  17. Ayu Natih Widhiarini says:

    Saya tidak pernah nyobain Zuppa soup ini dan pengen duplikat resepnya. Mumpung baru kemarin beli Tiga Sapi Susu Evaporasi

  18. Gusti yeni says:

    Zuppa soup emmmm jadi ngebayangin memakannya di saat masih ngepul ngepul panas. Ditambah pakai susu evaporasi cap tiga sapi pasti endeusss.

  19. bener2 yaa mesti tetep bin kudu patuh prokesnya, orang kantor ku pun lagi isoman huhu

    Wahh, negatif artinya bisa mencium aroma dan mencicip rasa lagi dengan sempurna yaa, enak banget bisa bikin zuppa soup! salah satu menu kondangan yang aku lirik-lirik, hahahah, dan suka bingung bisa belinya dimana, jarang banget kan

  20. Ikutan happy sama perayaan negatifnya, kak.
    Rasanya kalau sedang sakit tuh, makan apapun jadi gak nikmat. Kalau sudah sehat kembali begini kan.. masak menu zuppa soup yang disukai keluarga dan makan bareng, jadi happy.

    Semoga sehat selalu..
    Dijauhkan dari virus dan sakit-sakit lainnya.

  21. Prema, nanti bilang Ibu bikin lagi yang banyak yaaa.. ngiler deh lihatnya, kayaknya di kulkas masih ada kulit pastry deh, kebetulan puasa lalu Tante buat suppa soup juga di rumah, mau buat juga aaahh heheh.
    Pakai susu evaporasi lebih gurih ya Kak, noted nih

  22. susu evaporasi sebagai pengganti santan, ini cocok sekali bagi yang ada pantangan terhadap santan atau makanan yang menggunakan santan. rasa makanannya juga gak kalah lezat dengan yg menggunakan santan asli

  23. Biasanya saya beli zuppa soup di tempat langganan kaki lima. Kalau ada pilihan yang lebih praktis begini, dan rasanya lebih enak, kayaknya tertarik deh buat nyobain.

  24. Yeay, akhirnya negatif..Alhamdulillah. Sehat-sehat ya Mba Arni dan keluarga.
    Btw, ini Zuppa Soupnya menggoda benar. Kesukaan Prema sama dengan anak-anak saya kalau zuppa soup makannyaaaa..nambah,
    Belum pernah nih bikin sendiri, mau cobain resepnya ah, praktikkin nanti sama anak-anak di rumah

  25. seru banget memasak zuppa soup ini, selain bahannya bisa ditemukan dipasar, cara membuatnya tidaklah terlalu ribet. yang penting sentuhan 3 sapinya ini yang bikin spesial ya kak, Diseruput selagi hangat dikala hujan… duhh mantap jiwa sekali

  26. Aku sukakk zupa soup dan lama banget nggak makan lagi, biasanya makan ini kalau pasndi cafe yang sudah tersedia menu Zuppa soup dan itu jarang banget ada.
    Dan belum pernah bikin juga , waktu itu mikirnya kok susah kalau bikin sendiri.
    Ternyata kalau bikin sendiri lebih praktis juga ya
    Plus ada tambahan susu evaporasi. Pasti gurih

  27. Jadi penasaran pengen cobain bikin zuppa soup sendiri deh. Soalnya anak-anak pada doyan. Lagipula pas banget ini kayaknya buat cuaca di Pare yang lagi memasuki musim dingin. Makasih resep dan tipsnya ya mba..

  28. Ternyata krim soup ini pake evaporasi ya mba. Saya pingin nyoba deh, at least dimakan sama roti bakar aja. Evaporasi 3 sapi ini saya belum pernah nyoba. Moga Prema sehat selalu juga ya.

  29. Wow, zuppa soup istimewa nih pakai Tiga Sapi Susu Evaporasi, rasanya pasti lezat banget 🙂 Anak2ku juga doyan banget tapi akunya belum pernah cona bikin sendiri. Padahal lumayan ya kalau beli hihih 😀 Menghangatkan perut nih cocok banget nikmatinnya saat hujan deras.

  30. Keren mba, bisa bikin Zoppa Soup sendiri.. Duh jadi pingin juga nih dbuatin.. Wkwkk,,

    Btw, saya penasaran dengan mangkuk yg dipakai.. Kira” mangkuk sperti apa ya yg bisa dpakai untuk masuk ke pemanggang saat memanggang zoppa soup itu.. Takut mangkuk atau gelasnya pecah nih.. Hihii,,

  31. YSalma says:

    Asyik nemu resep dan tips membuat zuppz soup di artikel ini mba.
    Secara di rumah saya penggemar zuppa soup hasil pesan rutin ke tetangga. Sepertinya jauh lebih mantap kalau bikin sendiri, apalagi dengan menggunakan produk Tiga Sapi. Siip, dicatat.

  32. Alhamdulillah, Mbak Arni dan sekeluarga sudah selesai insoman. Prema bisa bersekolah lagi. Dan pantas dirayakan dengan menikmati menu kesukaan. jadii pengin nih, zuppa-nya Mbak. Bikin badan segar, dan stamina pasti bertambah.

  33. Lepas isoman memang harus dirayakan yaaa, apalagi dengan makanan yang lezat dan bergizi kaya zuppa soup gini nih, kesukaannya anakku juga, mau coba bikin ah resepnya

  34. Aku mau dong nyobain Zuppa Soupnya mbak hihihi. Tapi enaknya zuppa soup itu isiannya bisa sesuai selera kita ya. Kalau ga suka jagung, ya ga perlu nambahin jagung. Klo mau lebih creamy, tambahin lagi kejunya hihi.

  35. Palupi says:

    Zuppa Soup ini makanan favoritku kalau pas lagi di kereta jaman dulu. Sayang bgt kayaknya sekarang kereta api udah nggak nyediain ya. Tapi gpplah bisa bikin sendiri ya mbak.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *