13

Menuju Keseimbangan Hidup, Belajar dari 100 Cerita Inspiratif

Harapan, memberi kita kebermungkinan untuk hidup dan sukses. Melihat segala peluang yang tadinya tak terlihat oleh kita. Merasakan apa yang tadinya tak bisa kita rasakan. Memikirkan hal-hal yang tadinya tak terpikirkan oleh kita. Dan akhirnya membantu kita untuk mencapai hal-hal yang kita pikir sulit untuk dicapai menjadi sesuatu yang sangat mungkin dicapai.

(100 Cerita Inspiratif, halaman 266)

“Terlalu banyak ini ibu. Kita bayarmi saja sesuai ongkosnya. 35 ribu saja,” kata pak Ode saat menerima selembar uang 50 ribu dari saya.

“Ndak apa-apa, Pak. Untuk beli oleh-oleh cucu-Ta di rumah. Malam tahun baru to,” Ibu saya menjawab dengan setengah memaksa agar Pak Ode tak perlu mengembalikan selisih uang dari pecahan 50 ribu yang diberikan kepadanya sebagai bayaran atas jasanya menjahit beberapa sepatu dan sandal kami.

Continue reading “Menuju Keseimbangan Hidup, Belajar dari 100 Cerita Inspiratif”
13

Perjalanan Aman Pekerjaan Lancar Untuk Pekerja Sektor Esensial dan Kritikal Bersama TRAC

Pandemi sudah berlangsung hampir 2 tahun. Dan selama itu pula aneka kegiatan yang berkaitan dengan orang banyak sangat dibatasi.  Beragam kebijakan pemerintah telah diterapkan sebagai upaya untuk melindungi masyarakat dan mencegah penularan virus yang lebih luas.  Masih lekat dalam ingatan, di awal pandemi tahun lalu pemerintah memberlakukan PSBB (Pembatasan Sosial Berskala Besar). Saat itu hampir semua sektor dibatasi aktivitasnya. Sekolah-sekolah memulai pembelajaran jarak jauh, pekerjaanpun banyak yang dilakukan secara online.

Tahun berganti, rupanya keadaan belum banyak berubah. Setelah sempat sedikit lebih longgar dengan pola adaptasi kebiasaan baru, awal Juli 2021 seiring dengan kembali meningkatnya kasus covid-19 maka pemerintah kembali menerapkan kebijakan PPKM  (Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat) darurat  yang dalam pelaksanaannya lebih ketat dibanding aturan-aturan sebelumnya.

Continue reading “Perjalanan Aman Pekerjaan Lancar Untuk Pekerja Sektor Esensial dan Kritikal Bersama TRAC”
13

Belajar Kapan Saja Dari Mana Saja Bersama RuangBelajar Dari Ruangguru

Tak terasa tahun ajaran baru akan segera dimulai. Selama satu tahun penuh di tahun ajaran kemarin para pelajar melakukan pembelajaran jarak jauh (PJJ) akibat pandemi yang membuat ruang gerak kita semua menjadi terbatas. Sistem pembelajaran yang membuat kita semua ikut belajar dan beradaptasi, mulai dari pelajar, guru dan tentu saja orang tua.

“Iya sih anak lebih sehat dan aman. Tapi sayanya jadi hipertensi.”

“Nyerah aku. Lha wong kita sekolahin anak karena gak bisa ngajarin, gak ngerti materinya, lha ini malah disuruh jadi guru juga di rumah. Ngapain disekolahin kalau gitu?”

“Anak satu aja puyeng ngajarinnya. Anak gue tiga, gimana caranya dampingin mereka ngerjain tugas padahal gue juga gak ngerti materinya.”

Continue reading “Belajar Kapan Saja Dari Mana Saja Bersama RuangBelajar Dari Ruangguru”
13

Camping Mewah di Bhumi Cantigi

Semilir angin dari lembah dan sawah menyambut kedatangan kami pagi itu. Ya, hari memang masih pagi, baru sekitar pukul 9.30 saat kami tiba di Bhumi Cantigi. Sengaja berangkat pagi-pagi dari Bogor, selain menghindari penyekatan jalur karena masih dalam rangka libur lebaran, kami juga memang ingin berlibur lebih panjang dan lama. Makin pagi tibanya, makin pagi tenda berdiri, makin pagi juga bersantai menikmati akhir pekan.

“Mau di bawah aja. Lebih luas,” kata Prema saat kami diminta memilih lokasi camping. Keinginannya langsung kami setujui. Fyi, kami datang 3 keluarga. Semuanya lagi sakau berat pengen camping saking lamanya si tenda ngumpet aja dalam lemari. Sejak pandemi kami memang tak pernah camping lagi. Ini yang pertamakalinya.

Continue reading “Camping Mewah di Bhumi Cantigi”
13

Cemilan Favorit Selalu Siap Sedia Bahkan Saat Traveling

“Ibu, Prema mau kue bola coklat,” pinta Prema beberapa tahun lalu saat kami sedang mudik ke Kendari, rumah masa kecil saya

Bola coklat atau biasa dikenal sebagai cokelat truffle memang cemilan kesukaannya. Saya cukup sering membuatkan cemilan ini di rumah. Masalahnya, kami sedang di Kendari yang mana pada masa itu, toko bahan kue belum sebanyak sekarang.  Pedagang online juga belum semarak sekarang. Bahkan HP juga rasanya belum smartphone deh. Baru bisa SMS doang. Jadul kali ya haha

Prema beberapa tahun lalu
Continue reading “Cemilan Favorit Selalu Siap Sedia Bahkan Saat Traveling”
13

Wisata Sejarah, Menapak Jejak Masa Silam

Melangkah menyusuri tiap inci bangunan tua, menghantarkan raga memasuki lorong waktu.  Bukan sekedar tumpukan bebatuan tak bernadi, ribuan kisah pernah tercipta di sana.  Selaksa makna melekat dalam setiap bagiannya.  Angin berhembus di sela dedaunan, bersenandika sembari membisikkan pesan bagi jiwa-jiwa pelestari teruntuk kebaikan hari ini dan esok.

Setiap kali berkunjung ke bangunan bersejarah,  hati saya berdebar kencang.  Rasa penasaran akan masa lalu dan kisahnya yang menarik selalu berhasil menaikkan adrenalin dan semangat saya untuk mencari tahu ada peristiwa apa pada masa lampau yang tersimpan di balik dinding-dinding tua, tumpukan bata, arca-arca, meja kursi dan semua yang ada disana.  Saksi bisu ratusan bahkan ribuan kisah dari masa silam.  Kalau mereka bisa bercerita, bisa dipastikan akan mengungkap banyak rahasia tersembunyi.

Continue reading “Wisata Sejarah, Menapak Jejak Masa Silam”
13

Bangun Pagi Tanpa Drama Dengan Bardi Smart Wake Up Light

“Langsung ke pesawat ya, bapak ibu. Saat ini penumpang sudah naik semua,”

Kalimatnya sih sederhana ya, tapi bikin kami kalang kabut.  Langsung deh lari kencang dari tempat check in menuju pesawat.  Gak ada ceritanya bisa  menikmati sarapan di executive lounge, lihat-lihat souvenir di  shopping area atau sekedar ngobrol santai di boarding area.

Semua gara-gara satu sebab. Terlambat bangun!

Lain waktu, di suatu pagi yang cerah ada yang kalang kabut gedabag gedebug karena waktu terasa berlalu begitu cepat sementara anggota keluarga belum siap untuk aktivitas.  Bangunin Cah bagus yang sedang tidur lelap selalu penuh drama deh, ada suara ibu yang ngomel lalu berlanjut dengan ngambeknya bocah dan berujung pada wajah cemberut sepanjang pagi.  Ibu masak sarapan terburu-buru, Ayah mandi tergesa karena mau ke kantor, Cah bagus juga begitu. Kadang malah tak sempat sarapan di rumah, jadi bekal deh buat yang ngantor dan sekolah.

Continue reading “Bangun Pagi Tanpa Drama Dengan Bardi Smart Wake Up Light”
13

Akhir Pekan Penuh Kesan Sarat Pesan ; Sepotong Kenangan Keluarga Jempolan dari BloggerDay 2021

“Bosan di rumah terus. Hari Sabtu jalan-jalan kek kemana gitu. Yang dekat-dekat aja bu,” Kata Prema, dua pekan lalu.

Begitulah, hampir tiap akhir pekan Prema merajuk tentang hal yang sama.  Sudah sejak Maret 2020 kami gak traveling kemana-mana. Dulu, dalam setahun minimal 2 atau 3 kali kami mengagendakan traveling sekeluarga. Menjelajahi tempat baru, belajar dan mengenal budaya, mencicipi kuliner lokal dan menikmati kebersamaan dalam keluarga. Merekatkan hati, menguatkan cinta. Tapi, pandemi datang, situasi mendadak berubah, mengharuskan kita untuk tetap di rumah aja  dan mengurangi perjalanan jika tak penting banget. Kebersamaan keluarga tetap ada, traveling hilang dari agenda. Hiks…

“Tenaaaang… hari Sabtu nanti kita bakalan jalan-jalan. Jauuuuh sekali. Kita mau ke Amerika!”  

Continue reading “Akhir Pekan Penuh Kesan Sarat Pesan ; Sepotong Kenangan Keluarga Jempolan dari BloggerDay 2021”
13

Lestari Alamku Hijau Bumiku Dengan Makanan Ramah Iklim

“Besok bikin binte biluhuta yuk! Sore ini kita panen jagung dulu di kebun.  Bantuin bapak kupas jagungnya nanti, ya.” Ajak bapak sore itu.  Beliau sudah siap membawa pisau dan keranjang menuju kebun di samping rumah kami

“Kalau gitu, besok pagi antar ibu ke pasar beli ikan ya,” sahut Ibu

Lalu sore itu kami rame-rame ke kebun.  Memetik jagung yang ditanam bapak.  Bukan hanya jagung, dengan tangan dingin bapak, kebun samping rumah kami penuh dengan aneka sayuran dan buah.  Hampir setiap musim buah ada saja buah yang siap dipanen.  Mulai dari pisang, rambutan, nenas, jambu, mangga, sawo hingga nangka.  Begitu juga sayuran, tinggal pilih mau masak apa, melipir sebentar ke kebun untuk memetik sesuai kebutuhan.

Continue reading “Lestari Alamku Hijau Bumiku Dengan Makanan Ramah Iklim”
13

Green Jobs, Hadiah Kecil Untuk Bumi

Good Morning,

This morning we have harvest your veggies and will send them directly to your house. Today, white raddish and pakchoy is ready to be harvest. To keep it fresh and straight from our farm to your table. Estimated arrival between are 11am-5pm. If you are not at home. Pls inform the people at your house. We are also encourage you to reuse our CSA Box by returning our box when delivery.

Thank you

RokNRol Farm

________

Informasi di atas saya terima setiap hari Senin pagi.  Mengabarkan bahwa paket sayur organik untuk konsumsi 1 minggu sudah dipanen dan akan dikirim ke rumah.  Sejak awal tahun 2021, kami memang berlangganan sayur organik dan secara rutin menerima kiriman paketnya setiap awal pekan.

Continue reading “Green Jobs, Hadiah Kecil Untuk Bumi”