Bardi Smart Light Bulb 9W RGBW dan IR Remote (10M-BLK) Solusi Pintar Untuk Generasi Pintar

“Young Sil, beri tahu jadwal hari ini!”

“Ada jadwal beri kuliah relai tentang perusahaan rintisan pukul 14.00,”

Penggemar drama korea pasti hafal deh sama dialog ini. Jadi dialog pembuka dalam drama seri “Start Up” yang baru saja tuntas masa tayangnya dua minggu lalu. Drama yang sukses mengaduk-aduk perasan penonton bahkan membuat terbagi dalam dua kubu #TimJiPyeong dan #TimDosan.  Kalian tim mana?

Err… bukan soal tim-tim ini yang mau saya bahas.  Saya tertarik pada perangkat kecerdasan buatan yang melengkapi rumah Han Ji Pyeong.  Keren banget deh itu, bisa disuruh nyalain matiin lampu, muter musik bahkan sampai diajak ngobrol saat hati sedang galau.  Ini kok serasa punya teman tak terlihat dan sangat pintar yang mengerti perasaan kita ya.

Nah, ngomong-ngomong soal teman pintar ini, melempar ingatan saya pada masa kecil di kampung dulu.  Zaman mainnya masih di bawah pohon jambu, membuat rumah-rumahan dari kayu dan daun.  Zaman masih main seluncuran di bukit dengan batang daun kelapa.  Zaman dimana untuk menonton televisi saja kami harus berjalan jauh ke rumah tetangga yang kaya dan biasa membuka rumahnya di Sabtu malam  demi menonton film malam minggu.

Zaman  berganti, teknologi berkembang secara cepat dan menakjubkan.  Dari yang apa-apa harus secara manual, menjadi dengan remote.  Bukan hanya dari jarak dekat, bahkan remote bisa dilakukan dari jarak jauh.  Orang-orang bisa ngobrol bertatapan muka secara langsung dalam hitungan detik, meski terpisah pulau, negara bahkan samudera.  Meski berbeda zona waktu.  Jarak bukan lagi halangan, teknologi mengikis jarak-jarak itu.

Bentuk perkembangan teknologi lainnya adalah hadirnya listrik di rumah-rumah kita.  Saat ini,hampir semua sendi kehidupan terhubung dengan perangkat elektronik. Ah, saya masih ingat, di masa kecil dulu saat berlibur ke rumah kakek, maka rutinitas sore adalah menyalakan lampu petromaks, untuk di ruang keluarga dan lampu dian/semprong untuk di kamar-kamar.  Lalu, ketika bangun pagi kami saling tertawa melihat hidung masing-masing yang menghitam akibat menghirup asap lampu semprong ketika tidur.  Sungguh kenangan yang bikin senyum-senyum sendiri.

Lampu Dian/Semprong. Lampu jadul yang menghiasi masa kecil saya
Source : Good News Indonesia

Nah  ngomong-ngomong soal teman pintar di rumah pintar ini, saya kemudian bertemu dengan Bardi Smart Home, yaitu brand yang menawarkan berbagai produk household dengan teknologi smart yang berkualitas dan membuat rumah kita dilengkapi alat-alat berupa mesin kecerdasan buatan dan menjadi rumah modern yang pintar.

Saat ini, Bardi Smart Home yang mengusung tagline #Alwaysincontrol ini memiliki sedikitnya 33 varian produk yang semuanya hadir memenuhi kebutuhan generasi pintar untuk mewujudkan rumah pintar.  Istimewanya, semua produk Bardi didukung oleh TUYA yaitu platform pintar global, platform pengembangan “AI+IoT dan platform interaksi suara terkemuka.   Bardi juga tercatat sebagai produk smart home pertama di Indonesia yang aplikasinya terintegrasi dengan aplikasi Google Home, sehingga aksesbilitas dan pengaplikasiannya lebih mudah dan dapat dilakukan darimana saja.

Selain itu, seluruh perangkat Bardi Smart home juga memiliki kompabilitas dengan Amazon Alexa, Google Assistant dan Siri, sehingga bisa diatur kinerja perangkatnya dengan metode verbal.   Lho, ini mah beneran sama dengan Jang Young Sil nya Ji-Pyeong.  Kebayang ya kerennya?  Udah mulai jatuh cinta belum?  

Saat ini di rumah kami sudah terpasang dua produk Bardi Smart home yaitu BARDI Smart Light Bulb 9W RGBWW dan  BARDI Smart IR Remote.  Sejak pertama kali tiba, kami tak sabar ingin mencoba.  Penasaran banget soalnya.  Bagaimana pengalaman kami mencoba dua produk ini, ikuti cerita saya berikut ini yaaaa

BARDI Smart Light Bulb 9W RGBWW

“Lho ini bukannya bohlam lampu ya bu?” tanya Prema, putra saya saat kami membuka kotak Bardi Light Bulb bersama-sama

“Eits, jangan salah.  Kelihatannya sih bohlam biasa, tapi ini keren lho.  Warna lampunya bisa berubah-ubah sesuai maunya kita.  Trus bisa diatur timernya mau nyala kapan dan berapa lama,” jawab saya sembari promo

“Lho kok bisa.  Coba bu, gimana caranya?” Prema mulai excited dan penasaran

“Tenang.  Kita harus download dulu aplikasinya Bardi.  Mau pakai HP siapa nih, ibu, Ayah atau Prema?”

Udah Ayah download nih. Ayo kita coba,” Laaaah… pak suami gercep banget.  Saya dan Prema masih ngobrol dia malah udah download aplikasinya.  Rupanya dia juga penasaran hahaha.

Kamipun mulai mencoba-coba lampu ini.  Ternyata mudah sekali cara mengoperasikannya.  Dan benar saja, ada banyak pilihan warna untuk menyalakan lampu ini, karena dilengkapi teknologi RGB yaitu model warna berdasarkan konsep penambahan kuat cahaya primer (red, green dan blue) sehingga menghasilkan bentukan warna baru baik menjadi warna sekunder maupun tersier. 

“Wow ini keren banget bu! Nanti lampunya pasang di kamar Prema aja ya,” Cah bagus malah heboh sendiri saat melihat percobaan ini. 

“Prema mau download aplikasinya di HP Prema ya.  Nanti Prema aja yang jalanin,” katanya lagi

Malam kami jadi seru berkat lampu pintar ini. 

Nah, kalian pasti bertanya-tanya deh, apa hubungannya nyalain lampu dengan ponsel?

Jadi ya, namanya juga produk smart home.  Lampu keren dan pintar ini ya memang dioperasikan lewat ponsel kita.  Selama terhubung dengan wifi, kita bisa banget memprogram si  lampu tanpa harus cetak cetek saklar.

Singkatnya,  begini cara instalasi BARDI Smart Light Bulb 9W RGBWW

  • Unduh Bardi di aplikasi Playstore
  • Lakukan registrasi dengan email atau no.HP
  • Tambahkan perangkat, pilih sesuai yang kita butuhkan
  • Pasang perangkat, pastikan device “on” dan sudah terhubung dengan wifi
  • Bardi Smart Light sudah terpasang dan siap dioperasikan

Keistimewaan :

  • Warna cahaya lampu dapat diubah-ubah sesuai kebutuhan.  Untuk membaca, belajar, bekerja, tidur dll
  • Kecerahan cahaya lampu dapat diatur dari yang paling terang hingga redup
  • Dapat dinyalakan dan dimatikan melalui aplikasi di dalam ponsel kita
  • Dapat diatur dengan pola nyala berkedip dengan interval kedipan yang bisa kita sesuaikan dengan kebutuhan

Spesifikasi Produk :

Tipe, 9W-RGBWW

Voltase, AC 200 – 230 volt

Wifi, IEEE 802.11 b/g/n 2.4 Ghz

Masa pakai, hingga 50.000 jam

Mounting, e27 edison screw

Maximum Power, 9W

Maximum Lumen, 900

System Support, IOS dan Android OS

Dimensi, 60 x 60 x 105 mm

Berat, 84 gr

Bardi Smart Bulb dapat dioperasikan dengan beragam cara antara lain :

  • Aplikasi di ponsel.  Tak perlu beranjak mencari saklar untuk menyalakan, mematikan atau mengatur cahaya lampu, cukup memanfaatkan tombol di ponsel saja.
  • Tombol di google home dan Alexa
  • Pesan suara dari google assistant/home dan alexa (Bagian ini jadi beneran mirip sama Jang Young Sil milik Han Ji-Pyeong deh.  Yang bisa disuruh nyalain dan matiin lampu.  Hanya belum bisa nyahut aja nih si lampunya Bardi ya trus diajak ngobrol-ngobrol gitu haha)
  • Mengatur jadwal di google home dan Alexa
  • Mengatur skenario di aplikasi Bardi Smart Home.  Misalnya jam tertentu kita ingin lampunya menyala dengan tingkat kecerahan tertentu, cukup atur jadwalnya di aplikasi, maka dia akan bekerja secara otomatis di waktu yang ditentukan itu.

Bardi Smart IR Remote

Siapa yang paling sering di rumahnya bingung nyariin remote TV, AC dll? Jujur saja, beberapa kali ini jadi masalah di rumah kami.  Kadang remotenya tuh nyelip dimana tau pas lagi dibutuhin.  Apalagi remote TV yang memang tak cukup 1 remote saja.  Ada remote bawaan TVnya, ada pula remote khusus untuk memprogram acaranya karena kami menggunakan TV berlangganan.  Lalu AC, kalau disiplin seharusnya  selalu berada di kotak remote yang tertempel di tembok ruangan.  Tapi prakteknya, seringkali nyelip di bawah bantal, meja rias atau tempat lainnya.  Saat butuh, kita bingung nyariin atau lagi mager, malas beranjak buat ngambilnya.

Bagaimana kalau fungsi remote-remote tersebut digantikan oleh satu perangkat saja, yaitu ponsel kita? Yups, saat ini rasanya benda yang nyaris tak pernah jauh dari genggaman adalah ponsel.  Harus diakui, ponsel menjadi teman setia yang kita bawa kemana-mana.  Menempatkan operasional perangkat elektronik di ponsel adalah sebuah ide cerdas.

Adalah Bardi Smart IR Remote menjawab kebutuhan itu.  Kita bahkan bisa mengoperasikannya dari jauh.  Dengan sudut pemancaran 360 derajat dan jarak hingga 10 m,  remote Bardi bisa dimanfaatkan untuk mengendalikan banyak perangkat sekaligus.  Buru-buru meninggalkan rumah dan lupa mematikan TV? Bisa dong kita matikan dari jauh.  Atau saat kita bepergian dan cuaca sangat panas, pengennya sampai di rumah ruangan sudah dingin, bisa banget nyalain AC sejak kita masih dalam perjalanan. Keren khan.

Cara pemasangan perangkat, sama dengan BARDI Smart Light Bulb 9W RGBWW, yaitu melalui aplikasi Bardi yang sudah diinstall dalam ponsel kita.  Selanjutnya pilih perangkat sesuai kebutuhan dan siap dioperasikan kapan saja, darimana saja.

Spesifikasi Produk :

Model : 10M  BLK

Warna : Hitam

Wifi : IEEE 802.11b/g/n/2.4 ghz

Voltase : DC 5V 1A w/220V adaptor

Sistem support : IOS  Android OS

Frekuensi Infrared : 38 – 56 Khz

Sudut Infrared : 360 derajat

Jarak infrared : 10 m

Dengan BARDI Smart IR Remote, mengoperasikan barang-barang elektronik di rumah terasa lebih praktis dan tak lagi jadi masalah.  Dulu, beberapa kali kami kecolongan dengan AC dan TV yang tetap menyala saat kami semua keluar rumah.  Atau yang paling sering di kamar Prema, AC menyala sampai pagi saat dia tertidur.  Sekarang, semua bisa dioperasikan dari jauh.  Mudah sekali.

Bardi Smart Home, Solusi Pintar untuk Generasi Pintar

Kami baru punya dua produk Bardi.  Suami  saya udah kasak kusuk pengen produk lainnya.  Menurut dia, perangkat-perangkat Bardi sangat memenuhi kebutuhan masa kini.  Bahkan dia sempat mempromosikan produk ini di kantor untuk dapat digunakan di sana juga.  Aih, sejatuh cinta itu lho suami saya sama Bardi.

Selain Bardi Smart home yaitu BARDI Smart Light Bulb 9W RGBWW dan  BARDI Smart IR Remote ada banyak varian produk lainnya seperti Bardi Smart IP Camera, ini berupa kamera pintar yang bisa berfungsi sebagai pengawas rumah dan dapat menyalurkan video dan suara dari ponsel.

Ada pula Bardi Door Lock DL, yaitu gagang pintu yang bisa dioperasikan melalui aplikasi, kunci RFID, pin, fingerprint.  Rumah jadi lebih aman karena semua operasional pintu berada dalam genggaman.   Lalu ada Bardi Smart Wake Up Light yang dapat berfungsi sebagai alarm untuk membangunkan kita di pagi hari.  Cara kerjanya dengan mensimulasi cahaya matahari terbit secara natural dan tidak menyilaukan tapi cukup memberi sinyal bahwa sudah saatnya bangun dan beraktivitas.  Dilengkapi nada bunyi sebagai alarm dengan pilihan nada yang menenangkan bahkan dilengkapi fitur  FM radio.

Kalau ditanya, produk apa yang paling saya inginkan? Nih, saya lagi ngerayu suami untuk dibelikan Bardi Vacuum Function.  Si robot vacuum pintar yang dilengkapi dengan intelligent environment recognition and positioning untuk tingkat presisi yang lebih tinggi sehingga kebersihan lebih terjamin dan dilengkapi dengan virtual wall, appoint cleaning dan area set cleaning. Pastinya kalau punya ini, dijamin rumah makin kinclong tanpa perlu tenaga ekstra, karena semua bisa dioperasikan dengan mudah.  Ahhh… idaman emak-emak banget deh perangkat yang satu ini.

Memang tak salah kalau saya katakan Bardi Smart Home adalah solusi pintar untuk generasi pintar.  Dengan bantuan perangkat kecerdasan buatan dari Bardi kita bisa lebih fokus dan produktif mengerjakan hal lainnya sementara urusan rumah mulai dari keamanan, kenyaman dan kebersihan dituntaskan dengan Bardi Smart Home.

Mau intip-intip pilihan produknya, langsung saja kunjungi https://bardi.co.id/ atau melalui media sosialnya di IG @bardismarthome.  Produk-produk Bardi juga dapat dibeli secara online melalui marketplace langganan kamu, JD.ID, Tokopedia, Shopee, Bukalapak, atau Lazada.

Jadi, tunggu apa lagi? Segera lengkapi rumah teman-teman dengan produk Bardi.

Salam

Arni

36 thoughts on “Bardi Smart Light Bulb 9W RGBW dan IR Remote (10M-BLK) Solusi Pintar Untuk Generasi Pintar

  1. Hendra Suhendra says:

    Wow canggih amat sih teknologi nya. Semua bisa lewat hape. Jadi pengen nyobain dah. Berarti jadi tambah mager dong ya kalo semua pake aplikasi di hape hahahaha

  2. gina says:

    aku kmrn sempat bacajuga review dr artikel lain, so far punya bardi sih aku mau banget…bisa menuju smart home di 2021 (hihih)

  3. Wkwkwk. Saya juga dulu tim nonton di rumah tetangga mba, harus jalan dulu hampir 1 km ke rumah sahabat kecil saya. Seru ya. Sekarang semua serba tersedia di rumah kita sendiri. Smart Light Bulb BARDI ini beberapa kali saya baca reviewnya bikin saya jatuh hati. Selama ini saya selalu pasang 2 lampu di kamar, lampu terang dan lampu tidur. Kalo udah ada Bardi, ini bisa diatur terang redupnya pakai aplikasi. Benar-benar pintar. Pengen punyaaaa.

    • Hahaha berarti masa kecil kita sama ya mbak
      Seru juga masa-masa itu jadi excited tiap malam minggu ke rumah tetangga. Anak-anak main, ortunya nonton. Dan kita boleh begadang hahahaha

      Btw soal lampunya Bardi, memang keren bangetlah
      Wajib punya nih, menuju smart home

  4. Damar Aisyah says:

    Saya sama kayak Mbak Arni aja, kalau ditanya mau yang mana, saya pasti jawab mau robot vacumm-nya. Lumayan banget untuk mnegurangi pekerjaan Emak. Dismabi masak lantai bisa kinclong. Tapi kalau suamiku pasti milih lampunya. Habis kece banget yak.

  5. wah keren banget produk-produknya Bardi smart home ini. Kini punya rumah pinter bukan lagi khayalan ya, berkat produk-produk dari bardi. Bisa utak-atik hp aja, dan nyala serta warna lampu bisa berubah-ubah

  6. Nurhilmiyah says:

    Seneng sekali ya bs mengatur warna lampu dari smartphone. Bardi ngasih solusi pintar untuk rumah yang pintar juga ya Mbak… pastinya orang2nya juga jadi generasi yg smart

  7. Wooow keren banget ya Mba Bardi Smart ini benar-benar lampu canggih ya, bukan hanya untuk penerang tapi juga bisa mempercantik ruangan dengan warnanya bisa kita atur sesuai kemauan. Duuuh jadi pengen punya juga supaya kamar tidurku jadi lebih berwarna. Hehehe

  8. EH Bardi IR Remote bisa untuk remotenya semua merk tipi ya kak? Nanti mau coba ah. Emang sih. Remote tipi tuh sering banget ngilangnya. Jadi sebel kan… Hhehehehe

  9. asli bikin penasaran produk Bardi ini, pengen cobain, bener bener lampu pintar
    dannn lampu semprong itu jadi keinget waktu aku kecil juga mba Putu, dulu hits banget model lampu begini ya
    zaman zaman kalau mati lampu pasti nyalain lampu ini hehehe

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *