8-1

Batik, Ketika Selembar Kain Berkisah Tentang Kehidupan

Garis dan titik itu ditorehkan dengan hati-hati.  Menyertakan rasa. Membentuk lengkung indah, memadu warna, menggurat kisah. Setiap tarikannya memberi makna, sarat pesan, untuk masa depan. Batik, wastra nusantara nan indah. Siap berkisah sepanjang masa. Tak lekang dimakan waktu.

Akhir tahun kemarin saya bersama teman-teman WHDI (Wanita Hindu Dharma Indonesia) berkunjung ke salah satu wahana terbaru di TMII (Taman Mini Indonesia Indah) yaitu Museum Batik.  Baru diresmikan pada tanggal 2 Oktober 2023, Museum batik menawarkan pengalaman dan pengetahuan yang lengkap tentang seluk beluk dunia batik mulai dari sejarah, ragam hingga proses penjang pembuatannya bahkan memberi kesempatan pengunjung untuk praktik langsung teknik membatik melalui workshop singkat.

Apakah semua kain bercorak tradisional bisa disebut batik?

Continue reading “Batik, Ketika Selembar Kain Berkisah Tentang Kehidupan”
8-1

Insto Dry Eyes Solusi Ampuh Atasi Mata kering

Insto Dry Eyes

“Saya mengerjapkan mata berkali-kali.  Terasa agak aneh karena layar laptop terlihat buram. Mata juga terasa pegal, gatal dan agak perih. Rasanya pengen dikucek terus. Akhirnya saya menyerah, sepertinya mata saya lelah. Matikan laptop, lalu beralih ke kegiatan lain”

Kondisi di atas terjadi berkali-kali saat saya sedang berhadapan dengan layar laptop. Baik saat menulis naskah buku, draft blog, bahan ajar untuk sekolah atau sekedar nonton drama korea kesukaan. Ini sungguh membuat tak nyaman.  Saya kemudian mengontak seorang kawan dokter dan mencari tahu melalui berbagai artikel, ternyata ini adalah gejala mata kering. Solusi tercepatnya, gunakan Insto Dry Eyes. Tetes mata untuk mengatasi masalah mata kering.

Continue reading “Insto Dry Eyes Solusi Ampuh Atasi Mata kering”
8-1

ASUS Vivobook Go 14 (E1404F) Laptop Pelajar Harga Wajar Performa Bersinar

Beberapa tahun belakangan ini, rasanya banyak yang berubah dari hubungan interaksi manusia di berbagai bidang kehidupan.  Kita lebih banyak terhubung secara digital, terutama sejak Pandemi Covid-19 melanda dunia. Dalam bidang pendidikan, Kegiatan pembelajaran tradisional terhenti, ruang kelas sekolah dikosongkan dan diganti dengan ruang kelas digital yang disajikan secara virtual. Orang tua juga berperan sebagai wali kelas dan tiba-tiba harus membantu anak-anak mereka belajar. 

Continue reading “ASUS Vivobook Go 14 (E1404F) Laptop Pelajar Harga Wajar Performa Bersinar”
8-1

Menjadi Ibu Bahagia Yang Menyiapkan ASIP dengan Pompa ASI Handsfree

Pekan lalu selama 3 hari berturut-turut saya bertemu bayi-bayi cantik. Yang pertama baru lahir sekitar dua minggu, yang kedua dalam acara otonan (weton) yaitu peringatan hari kelahiran dalam perhitungan kalender Bali, jatuhnya setiap 210 hari sekali. Yang ketiga, dalam acara nelu bulanin yaitu upacara peringatan 42 hari bayi, dimana biasanya ada turun tanah, potong rambut pertama kali dan berbagai ritual lainnya.

Hadir ke acara-acara seperti ini bikin saya gemas dan terharu. Senang melihat bayi-bayi manis, lucu, imut yang hadir membawa kebahagiaan bagi keluarga tercinta. Lalu teringat pula pada masa-masa punya bayi dulu, kala saya menyusui sembari tetap bekerja kantoran.

Continue reading “Menjadi Ibu Bahagia Yang Menyiapkan ASIP dengan Pompa ASI Handsfree”
8-1

Tiada Gundah Tiada Galau di Curug Cibulao

Serasa menemukan Hidden Gem di tengah belantara Megamendung. Kolam biru serupa permata yang bersinar. Tersembunyi dalam cerug lembah dengan pepohonan nan rimbun di sekelilingnya. Bebatuan terserak sebagai pijakan, menjadi benteng untuk aliran air nan dingin. Menghadirkan gigil namun terus memanggil untuk dinikmati. Curug Cibulao, kami jatuh cinta.

*****

Usai menuntaskan tugas negara di rumah masing-masing, kami berduabelas dengan 8 motor menembus kemacetan kota Bogor menuju arah Puncak. Melintas jalur Ciawi yang padat hingga kami tiba di kawasan Megamendung. Berbelok ke kiri menuju jalur Cilember. Tujuan kami hari ini adalah Curug Cibulao, mau ngadem, cari yang dingin-dingin karena matahari di kota Bogor sepertinya lupa minum paracetamol, panasnya gak turun-turun.

Continue reading “Tiada Gundah Tiada Galau di Curug Cibulao”
8-1

Perjalanan Lancar dan Aman dengan Kendaraan Performa Prima

“Jumat nanti mau trekking sekalian main ke Curug Cibulao,” kata saya ke Suami. Beberapa hari sebelum jalan bareng teman-teman grup.

Beberapa waktu belakangan ini, saya memang cukup rutin bepergian bareng teman-teman yang kebetulan se-frekwensi. Sama-sama demen ngebolang. Komunitas yang awalnya untuk olahraga bareng, lalu jadi trekking bareng, naik gunung, main ke curug sampai berburu kuliner. Dan biasanya kami menggunakan motor, konvoi, beriringan. Selain untuk menghindari macet, dengan motor juga jadi lebih praktis ketika tempat yang dituju lokasinya berada di area yang agak sempit, keluar masuk gang, atau harus melintas jalan-jalan tikus.

Continue reading “Perjalanan Lancar dan Aman dengan Kendaraan Performa Prima”
8-1

Bertualang ke Gua Garunggang

Lapisan bebatuan terhampar luas di hadapan.  Menyapa pengunjung dengan keindahannya. Terasering cantik terbentang, bagai lukisan dari negeri dongeng. Rasanya, seperti melintasi lorong waktu, terlempar ke peradaban yang lain.  Sungguh, ini terlalu indah untuk diungkapkan dengan kata-kata.

*****

Pagi  masih berbuntal kabut ketika kami sudah siap untuk melakukan petualangan. Total 24 orang. Rasanya, beberapa kali trekking, ini rombongan terbanyak kami. Rame sekali. Kebetulan kami memilih jalan di hari Sabtu, sehingga sebagian besar bisa jalan bersama keluarga, yang memang libur baik kantor maupun  sekolah. 

Continue reading “Bertualang ke Gua Garunggang”
8-1

Penuh Kesan di Bukit Paniisan

Bukit Paniisan

“Hujan nih. Gimana dong, jadi jalan gak?” Tanya saya di WA grup, sekitar jam 4.30 pagi karena ternyata hujan tipis-tipis turun membasahi bumi. Duh, kalau udah rencana jalan lantas hujan rasanya semangat agak mencelos deh.

“Di Lawang Gintung cerah,” bu Ira memberi jawaban

“Pakuan Hill mendung aja, belum hujan,” bu Ayu Anom juga memberi laporan

Continue reading “Penuh Kesan di Bukit Paniisan”
8-1

Trekking Merah Putih ke Kawah Ratu

Asap Sulfatara membumbung tinggi. Meliuk ke sana kemari mengikuti buaian angin. Aroma belerang menguar di udara, menyeruak ke dalam indera penciuman. Meski terasa agak tak nyaman, namun tak mengurangi keindahan panorama yang terbentang di depan mata.

*****

“Nanti dresscodenya Merah Putih ya. Trus jangan lupa bawa bendera juga. Kita ngerayain 17-an di Kawah Ratu,” begitu kurang lebih kesepakatan dalam obrolan di WAG kami, saat merencanakan perjalanan ke Kawah Ratu tepat di tanggal 17 Agustus 2023.

Continue reading “Trekking Merah Putih ke Kawah Ratu”
8-1

Rumah bertumbuh, Ini cerita Kami

“Setelah nikah nanti, kita mau tinggal dimana?”

Pertanyaan itu menjadi awal mula obrolan kami tentang rumah, di pertengahan tahun 2004 lalu. Saat itu saya dan calon suami sudah bertunangan dan berencana melanjutkan ke jenjang yang lebih serius, menikah.  Posisinya, saya masih ngekost di daerah Jakarta Selatan dan calon suami tinggal di sekretariat KMHDI bersama beberapa orang kawan, di Jakarta Timur.  Sedangkan orang tua kami masing-masing berada di kota berbeda, bapak ibu saya di kendari dan calon mertua di Bali. Otomatis, setelah menikah kami harus langsung mandiri.

Continue reading “Rumah bertumbuh, Ini cerita Kami”