8-1

Batik, Ketika Selembar Kain Berkisah Tentang Kehidupan

Garis dan titik itu ditorehkan dengan hati-hati.  Menyertakan rasa. Membentuk lengkung indah, memadu warna, menggurat kisah. Setiap tarikannya memberi makna, sarat pesan, untuk masa depan. Batik, wastra nusantara nan indah. Siap berkisah sepanjang masa. Tak lekang dimakan waktu.

Akhir tahun kemarin saya bersama teman-teman WHDI (Wanita Hindu Dharma Indonesia) berkunjung ke salah satu wahana terbaru di TMII (Taman Mini Indonesia Indah) yaitu Museum Batik.  Baru diresmikan pada tanggal 2 Oktober 2023, Museum batik menawarkan pengalaman dan pengetahuan yang lengkap tentang seluk beluk dunia batik mulai dari sejarah, ragam hingga proses penjang pembuatannya bahkan memberi kesempatan pengunjung untuk praktik langsung teknik membatik melalui workshop singkat.

Apakah semua kain bercorak tradisional bisa disebut batik?

Continue reading “Batik, Ketika Selembar Kain Berkisah Tentang Kehidupan”
8-1

Penuh Kesan di Bukit Paniisan

Bukit Paniisan

“Hujan nih. Gimana dong, jadi jalan gak?” Tanya saya di WA grup, sekitar jam 4.30 pagi karena ternyata hujan tipis-tipis turun membasahi bumi. Duh, kalau udah rencana jalan lantas hujan rasanya semangat agak mencelos deh.

“Di Lawang Gintung cerah,” bu Ira memberi jawaban

“Pakuan Hill mendung aja, belum hujan,” bu Ayu Anom juga memberi laporan

Continue reading “Penuh Kesan di Bukit Paniisan”
8-1

Rumah bertumbuh, Ini cerita Kami

“Setelah nikah nanti, kita mau tinggal dimana?”

Pertanyaan itu menjadi awal mula obrolan kami tentang rumah, di pertengahan tahun 2004 lalu. Saat itu saya dan calon suami sudah bertunangan dan berencana melanjutkan ke jenjang yang lebih serius, menikah.  Posisinya, saya masih ngekost di daerah Jakarta Selatan dan calon suami tinggal di sekretariat KMHDI bersama beberapa orang kawan, di Jakarta Timur.  Sedangkan orang tua kami masing-masing berada di kota berbeda, bapak ibu saya di kendari dan calon mertua di Bali. Otomatis, setelah menikah kami harus langsung mandiri.

Continue reading “Rumah bertumbuh, Ini cerita Kami”
8-1

Family Road Trip, Serunya Bikin Nagih

Hamparan sawah, gunung menjulang, perbukitan hijau, kebun-kebun sayuran, kawasan pemukiman, hutan lindung, pinus-pinus cantik, lautan luas, debur ombak, nyanyian alam, panas, hujan, gelap, terang, langit biru, berawan hingga langit jingga menjadi teman setia perjalanan kami. Menjadi saksi setiap kisah yang tercipta dan kebersamaan yang menjadi rekam jejak kenangan di masa depan.

Yeaaaay… setelah tertunda selama dua tahun lebih karena pandemi, akhir tahun 2022 kami sekeluarga kembali melakukan perjalanan panjang via darat. Terakhir kali road trip itu akhir tahun 2018 – awal 2019. Selama pandemi sempat beberapa kali melakukan perjalanan ke luar kota, tapi semuanya dengan pesawat. Selain karena waktu libur yang tak cukup panjang, juga karena jadwal yang cukup padat. Nah, di akhir tahun 2022 kemarin kami kembali menempuh jalur Jawa – Bali dalam rangka liburan akhir tahun dan merayakan Galungan bersama keluarga besar di Bali.

Continue reading “Family Road Trip, Serunya Bikin Nagih”
8-1

Voluntrip, Traveling Cara Aku Bareng Traveloka

Kaki-kaki kecil itu berlari menghampiri kami. Menyalami tangan, memeluk erat, lalu berceloteh ceria. Mereka bersemangat sekali menyambut hari. “Kak, hari ini bercerita yaaaa….,” pinta seorang anak yang langsung disambut teriakan setuju oleh teman-temannya.

Saya tersenyum. Sungguh ini kebahagiaan yang tak bisa dinilai dengan materi. Berdiri di sini, terasa sedang menyeduh kisah indah dengan sajian cinta dalam secangkir kehangatan yang tak lekang dalam ruang rasa dan ingatan

Continue reading “Voluntrip, Traveling Cara Aku Bareng Traveloka”
8-1

Wisata Sejarah, Menapak Jejak Masa Silam

Melangkah menyusuri tiap inci bangunan tua, menghantarkan raga memasuki lorong waktu.  Bukan sekedar tumpukan bebatuan tak bernadi, ribuan kisah pernah tercipta di sana.  Selaksa makna melekat dalam setiap bagiannya.  Angin berhembus di sela dedaunan, bersenandika sembari membisikkan pesan bagi jiwa-jiwa pelestari teruntuk kebaikan hari ini dan esok.

Setiap kali berkunjung ke bangunan bersejarah,  hati saya berdebar kencang.  Rasa penasaran akan masa lalu dan kisahnya yang menarik selalu berhasil menaikkan adrenalin dan semangat saya untuk mencari tahu ada peristiwa apa pada masa lampau yang tersimpan di balik dinding-dinding tua, tumpukan bata, arca-arca, meja kursi dan semua yang ada disana.  Saksi bisu ratusan bahkan ribuan kisah dari masa silam.  Kalau mereka bisa bercerita, bisa dipastikan akan mengungkap banyak rahasia tersembunyi.

Continue reading “Wisata Sejarah, Menapak Jejak Masa Silam”