Medan – Jember, Rute Terjauh Bus ALS Dengan Pengalaman Paling Seru

1
Bus ALS Medan – Jember. Sumber : kaskus.co.id

Halo Sahabat ngiringmelali!

Apa kabar semua? Semoga semua sehat dan bahagia selalu ya.  Liburan sudah di depan mata nih.  Kemana rencana liburan kalian?  Jangan bilang belum ada rencana ya.  Kurang dari 3 minggu lagi lho.  Ayo segera siapin itinerarynya.

Ngomong-ngomong soal liburan, tentunya banyak pilihan armada yang bisa kita gunakan.  Pesawat, kapal laut, kereta, bus AKAP (Antar Kota Antar Propinsi), maupun kendaraan pribadi.  Nyaman atau tidaknya, tergantung bagaimana hati kita menikamti perjalanan to.

Ngomong-ngomong soal perjalanan darat dengan bus, berapa jauh rekor perjalanan kamu dengan bus tanpa berpindah armada? Kalau saya, rasanya dulu paling jauh itu Kendari – Makassar deh yang memakan waktu sehari semalam.  Rekor kedua ditempati perjalanan Bali – Surabaya.  Yang ini mah deket aja.  Berangkat malam dari Bali, pagi hari udah deh nyampe Surabaya.  Nah, ada nih bus yang rute perjalanannya super panjang yaitu Medan – Jember yang dinobatkan  sebagai rute perusahaan otobus terjauh oleh Kementerian Perhubungan RI pada tahun 2012 lalu.

Wow banget ya, melaliers! Terbayang perjalanan panjang ini pasti melelahkan, karena memerlukan waktu beberapa hari untuk tiba di kota tujuan. Tapi sebenarnya, rute lintas Sumatera-Jawa ini bisa saja menjadi perjalanan seru yang bisa jadi pengalaman tak terlupakan seumur hidup.

Nyaris 3.000 Kilometer!

Tepatnya, jarak Medan ke Jember adalah 2.945 kilometer. Bayangkan saja, dengan jarak sejauh ini ditempuh dengan jalur darat, pengalaman yang kamu dapatkan tentu bakal berbeda sekali dengan ketika memilih naik pesawat.

Ketika naik bus ALS jurusan Medan – Jember, kamu akan melewati ¾ bagian dari Pulau Sumatra dan ¾ bagian dari Pulau Jawa. Puluhan kota akan kamu lalui, dan masing-masing punya keindahan yang tak akan kamu lihat dari udara.

2
Sumber:ptalsblc.blogspot.co.id

Kurang Lebih 4 Hari Perjalanan

Dengan jarak yang luar biasa jauhnya, perjalanan dari Medan menuju Jember memerlukan waktu sekitar 84 jam atau kurang lebih 4 hari perjalanan. Tidak hanya lewat jalur darat, kamu juga akan menyeberang laut dari Lampung menuju Banten dan setelahnya melanjutkan perjalanan menempuh kota-kota di pulau Jawa.

Saya membayangkan pasti bakalan seru banget ini.  Buat pecinta keindahan alam dan fotografi, kayaknya memori kamera bakalan menyimpan banyak kenangan deh.  Melintasi hutan hijau, menuruni lembah, menyebrangi jembatan, rumah-rumah penduduk, melewati perbatasan antar propinsi, dan aneka keindahan lainnya yang tentu saja sayang jika hanya dilewatkan tanpa rekaman lensa.

Tips Agar Perjalanan Jadi Nyaman

Bukan perjalanan yang mudah memang, menempuh 4 hari di atas kendaraan yang melaju dengan kondisi jalan raya yang berbeda-beda. Karena itulah, kamu harus mempersiapkan diri sebelum berangkat dari Medan menuju Jember dengan bus ALS.

  • Siapkan fisik sebelum berangkat, pastikan lakukan perjalanan ketika kondisi tubuh prima. Istirahatlah dengan cukup sejak sebelum berangkat agar tubuh tetap sehat selama perjalanan dengan bus ALS menuju Jember.Jangan lupa bawa obat-obatan pribadi sebagai antisipasi segala kondisi yang mungkin terjadi sepanjang perjalanan.
  • Lakukan peregangan, duduk dalam waktu lama dengan kondisi kaki senyaman apapun akan tetap terasa melelahkan. Biasanya dalam perjalanan jauh, bus akan berhenti di beberapa rumah makan untuk memberi kesempatan sarapan, makan siang dan makan malam. Manfaatkan waktu-waktu makan untuk berdiri dan melakukan pemanasan ringan agar tubuh tidak terasa kaku.
3
sumber:ptalsblc.blogspot.co.id
  • Siapkan bekal snack yang cukup, perjalanan kamu bakal panjang dan tidak setiap waktu bus bisa berhenti. Karena itulah siapkan bekal makanan yang cukup agar perut tetap terisi selama di perjalanan. Namun ingat, jangan makan terlalu banyak dan hindari mengonsumsi makanan yang terlalu pedas dan berminyak.
  • Pastikan bawa bantal leher, bus ALS memang selalu menyediakan bantal dan selimut untuk para penumpang. Tapi membawa bantal leher sendiri tetap lebih nyaman dan akan mengurangi rasa sakit di bagian leher.
  • Cukup minum air putih, jangan biarkan tubuhmu mengalami dehidrasi selama perjalanan panjang dan terus menerus terpapar AC. Cukupkan minum air putih selama perjalanan agar tubuh tetap fit dan sehat sampai di tujuan.
  • Kenakan pakaian yang nyaman, berbahan lembut dan menyerap keringat.  Jika kamu termasuk yang tak tahan dingin, jangan lupa bawa jaket atau sweater agar tak sampai kedinginan terutama karena terus berada dalam ruang ber-AC.
  • Sebagai generasi digital, rasanya gadget tak pernah lepas dari genggaman ya.  Pastikan HP dan perlengkapan digital lainnya dalam kondisi battery full.  Ingat juga membawa charger dan powerbank. Selain untuk komunikasi dengan keluarga, HP juga bisa digunakan untuk merekam setiap moment perjalanan.  Gak mau khan mati gaya dalam perjalanan hanya karena kehabisan baterai?
  • Selain untuk peregangan, manfaatkan setiap waktu pemberhentian untuk bersih-bersih diri.  Sekedar mencuci muka, gosok gigi dan lap-lap badan lalu berganti pakaian.  Kalau memungkinkan, malah bisa mandi.  Tapi ingat, perjalanan dengan bus angkutan umum ini adalah perjalanan beramai-ramai.  Tetap jaga kenyamanan sesama penumpang.  Jangan egois dengan menggunakan kamar kecil terlalu lama.

Seorang kawan memberi saya tips buat urusan ini.  Jadi di pemberhentian bus untuk makan,  saat penumpang lain sedang makan, biasanya dia malah mandi.  Sementara untuk makannya dia memesan makanan untuk dibungkus saja.  Kalau sempat dimakan sebelum bus berangkat, kalau tak sempat makannya ya nanti, sembari melanjutkan perjalanan dalam bus.  Jadi badannya segar dan tak sampai kelaparan.

Cari Tiketnya Gampang!

Sudah siap melakukan perjalanan seru dengan bus ALS Medan – Jember? Sekarang saatnya beli tiket. Gampang banget caranya, kamu tinggal buka aplikasi Traveloka lewat ponsel.

Setelah laman utama terbuka, pilih opsi ‘bus dan travel’, kemudian masukkan tujuan perjalanan dan tanggal yang diinginkan. Dari sini, akan muncul pilihan bus ALS yang bisa kamu tumpangi. Pilih kursi yang diinginkan, lalu lakukan pembayaran.

Dengan cara yang mudah, beli tiket bus ALS di Traveloka juga bisa alternatif mudah ketika tak sempat pergi ke kantor PO yang ada di Medan. Bagi yang berani mencoba, selamat melakukan perjalanan seru dan tak terlupakan dari Medan menuju Jember dengan bus ALS.

Ditunggu cerita asyiknya ya…

Salam

Arni

4 thoughts on “Medan – Jember, Rute Terjauh Bus ALS Dengan Pengalaman Paling Seru

  1. Gilak Jember-Medan, itu jauh bangeeettt! Andai aku bukan budak kantoran sih, mau-mau aja coba pengalaman unik ini 😀

    Btw kalo di bus emang bakal melalui puluhan kota dan pemandangan indah kak, tapi saya pikir nggak akan leluasa mengambil foto karena terhalang jendela dan bus tetap berjalan 😀

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *