#BloggerDay2017 Ajang Seru Temu Blogger di Kampung Wisata Rumah Joglo

BloggerDay2017

Halo sahabat ngiringmelali apa kabar?

Sepulang dari Bandung 2 minggu yang lalu, saya menerima notifikasi dari email yang terkoneksi dengan HP.  Kejutaaaaaan.  Saya melonjak girang.  Yeaaaaay saya terpilih menjadi satu diantara 100 blogger dari berbagai komunitas untuk seru-seruan bareng, belajar bersama, dan melakukan aneka kegiatan menarik sepanjang akhir pekan 18 dan 19 Maret 2017 di Kampoeng Wisata Rumah Joglo (KWRJ), Ciampea.  Acara ini diselenggarakan dalam rangka #BloggerCronyAnniversary yang ke-2.  Aih jangan tanya bagaimana senangnya saya, apalagi saat melihat run down kegiatan yang juga dikirimkan bersama email itu.  Tak sabar euy.

Tapi eh tapi, ternyata acara ini bentrok dengan acara saya yang lain.  Lomba tumpeng, dimana saya jadi ketua timnya.  Huwaaa bingung deh.  Ini karena jadwal lomba tumpengnya yang mundur seminggu.  Akhirnya dengan takut-takut manjah saya konfirmasi ke panitia,  mbak Yayat dan mbak Suci,  bahwa kemungkinan saya akan telat datang.  Di tim lomba tumpeng juga saya sampaikan bahwa saya hanya akan ikut sampai kelar menghias, lalu cap cuss.  Ndilalah ternyata acaranya molor, masih ditambah dengan agenda presentasi dari masing-masing tim tentang makna dan filosofi dari tumpeng buatannya.  Oh nooo…. hati saya langsung kebat kebit karena itu artinya bakalan makin telat ke #bloggergathering

Singkat cerita, saya telat. Ya iyalah.  Wong temen-temen udah ngumpul di KWRJ sejak jam 12 siang, lha saya jam 12 baru berangkat dari Bogor kota.  Jalurnya macet parah, ditambah nyasar pula.  Duh.  Untung mbak Wawa dan tim baik hati banget, saya gak pake disuruh push up karena telat hihihi.

Kampoeng Wisata Rumah Joglo

Saya ini sudah hampir 11 tahun tinggal di Bogor.  Mendadak berasa kudet banget karena baru tahu ada tempat cantik bernama Kampung Wisata Rumah Joglo di salah satu sudut Bogor.  Perjalanannya sih memang agak berliku-liku, karena memang kami bergantung pada G-maps yang entah kenapa seneng banget ngasi jalan pintas tapi ternyata susah dilalui kendaraan roda empat.  Hehe… ini bukan pertamakalinya kami dikerjain sama G-maps.

Ups..jangan ditiru Ini cara masuk KWRJ dengan cara anti mainstream hihihi
Ups..jangan ditiru
Ini cara masuk KWRJ dengan cara anti mainstream hihihi

Dan semua terbayar ketika kami memasuki kawasan KWRJ.  Sesuai namanya, bangunan disini semua berbentuk Joglo.  Dari panggung utama hingga pendopo, dari ruang penginapan hingga toilet.  Suasana sejuk lingkungannya didukung oleh pohon-pohon rindang disekitarnya.  “Wah bakalan betah nih, “pikir saya.

Fasilitas

Seperti halnya homestay/penginapan yang lain, KWRJ dilengkapi dengan aneka fasilitas untuk memenuhi kebutuhan pengunjung.  Lokasinya yang jauh dari keramaian kota, tak ada kebisingan kendaraan, ditemani suara jangkrik malam dan kicau burung dipagi hari sungguh serasa saya sedang berlibur ke desa.  Mengingatkan saya pada suasana kampung nun jauh di Kendari sana.

Kamar-kamar di KWRJ ada beberapa tipe.  Tersedia pilihan rumah joglo dengan satu ruang besar, biasanya untuk rombongan dan muat hingga 30 – 40 orang.  Ruang-ruang ini yang kami tempati tempo hari.  Seru banget rasanya gabung dalam satu ruang besar, bersama emak-emak (dan gadis) blogger.  Suasananya terasa akrab.  Jadi ingat jaman mahasiswa dulu, hampir di setiap event suasananya seperti ini.  Tidur dengan kasur lantai yang terhampar berjejer rapi.  Yang paling tak terlupakan saat ramai begini tentunya adalah antrian kamar mandi.  Errr…. antara kocak dan ngenes sih ya sebenarnya.  Karena untuk kamar dengan kapasitas puluhan orang, sayang banget pihak KWRJ hanya menyediakan satu kamar mandi dalam. Positifnya, ini jadi latihan kesabaran dan belajar antri hahaha.

Tapi disisi lain, KWRJ juga menyediakan kok beberapa kamar mandi di luar.  Jadi tersedia beberapa spot kamar mandi yang berupa bangunan tersendiri, di antara rumah-rumah joglo besar.  Ini bisa jadi alternatif buat ngantri juga.  Lho kok masih antri? Iya dong, ini pesertanya 100 orang, Jeng :p

Selain rumah joglo tipe besar, ada pilihan kamar untuk 2 hingga 4 orang.  Jadi misalnya berkunjung kesini hanya sekeluarga, bisa menempati kamar-kamar tipe kecil ini. Nah kalau yang ini tentunya tanpa drama kamar mandi ya, karena memang masing-masing ada kamar mandi dalamnya.

Kampung Wisata Rumah Joglo

Kampung Wisata Rumah Joglo

Restoran dan Pendopo

Tersedia restoran yang buka sejak pagi hingga malam dengan beberapa pilihan menu yang bisa dipesan.  Mau makan di restoran atau layanan antar kamar juga bisa.  Untuk kegiatan besar seperti akhir pekan kemarin, makanan disediakan secara prasmanan 3 kali sehari. Dengan tambahan teh/kopi/air putih dan snack sebagai pelengkap selama acara berlangsung.  Soal rasa, makanannya mengingatkan pada selera rumah.  Bisa jadi obat kangen sama rumah deh hehehe.

Kolam Renang

Di bagian belakang KWRJ, tersedia kolam renang.  Sayang saya tak sempat merasakan kesegaran airnya karena memang tak ada persiapan buat nyemplung.  Kata teman-teman yang berenang sih, meski kolamnya gak terlalu besar tapi tetap asyik banget buat seru-seruan bareng.  Airnya dingin segar.

Mushola

Untuk kegiatan ibadah, mushola menjadi bangunan terpisah tepat di belakang pendopo.  Yang menarik adalah tempat berwudhunya.  Terasa sangat alami.  Err… saya sih gak sholat tapi saya melihat musholanya cukup nyaman kok.  Kapasitasnya juga lumayan banyak, jadi gak sampai terjadi antrian panjang untuk sholat

Kampung Wisata Rumah Joglo
Tempat Wudhu di Rumah Joglo
Photo by bunda Intan Roosmadewi
Selasar-selasar cantik, spot-spot kece instagramable

Selasar penghubung antara bangunan yang satu dengan yang lainnya ditata berupa jalanan berbatu.  Buat yang mau sekalian refleksi bisa banget nih disini.  Yang pasti, meski bangunannya terpisah-pisah, jalanannya tetap sejuk kok karena memang banyak pepohonan.  Selain memang lokasinya yang sudah mendekati gunung,  rindangnya pohon-pohon ini tampaknya turut menyumbang udara dingin yang terasa menggigit di malam hari.

Kampung Wisata Rumah Joglo

Becak-becak tua, menara pandang dan beberapa spot lainnya menjadi pernik unik pelengkap keindahan KWRJ.  Pasti banyak deh yang demen pepotoan disitu. Maklum, biasanya naluri narsis langsung kumat kalau udah ketemu tempat cantik.

Ketemu blogger-blogger kece

100 blogger ngumpul di satu lokasi.  Wow banget ya.  Ngapain aja tuh?

Jadi nih ya, panitia sudah menyiapkan aneka kegiatan yang padat merayap dan penuh gizi yang bisa bikin blogger makin akrab dan makin pintar tentu saja.  Sesi workshop diisi dengan materi-materi menarik, nanti dibuat artikel tersendiri deh.  Kali ini saya mau cerita garis besarnya aja dulu.

Saya selalu menyukai ajang seperti ini.  Ketika semua berbaur jadi satu, gak ada deh ceritanya yang sombong, belagu atau gak mau gabung.  Acara dikemas menarik, selain materi dalam workshop, ada game seru, bagi-bagi hadiah dan cek kesehatan gratis. Plus olahraga bersama di pagi hari.  Kapan lagi coba ngumpul sehat dan dapat ilmu keren.

Kampung Wisata Rumah Joglo
Yeaaay ketemuan sama mbak Rian dan Mbak Dian yang jauh-jauh datang dari Jogja khusus buat acara ini

Meski datang terlambat, tapi saya mendapatkan update acara langsung dari media sosial kaan-kawan yang sudah lebih dulu hadir.  Bikin geregetan karena pengen segera sampai di lokasi.  Ketinggalan lebih dari setengah bagian materi pertama rasanya nyesek, soalnya ini materi bagus banget.  Meski terkesan padat dan seolah tanpa jeda, hari pertama berlalu dengan wajah-wajah bahagia karena mendapat banyak ilmu.  Sabar ya pemirsa, ilmunya akan saya bagi di artikel berikutnya.

Minggu pagi, setelah membasuh diri seperlunya ((((pertegas ya : membasuh diri seperlunya)))) kami siap berkumpul di lapangan besar yang tersedia di salah satu sisi KWRJ.  Keren ya, penginapan ini punya lapangan bola lho.  Memang cocok buat event-event besar deh. Mau ngapain kakaaaak? Tes kebugaran dong.  Caranya gimana? Kami diminta berjalan/berlari sejauh 1,6 km yaitu sekitar ….putaran mengelilingi lapangan bola. Sayang seribu sayang, saya kok yo lupa banget bawa sepatu olahraga, jadi ngenes aja rasanya gak bisa lari, karena pakainya sepatu teplek buat narsis hihihi.  Padahal mah saya paling demen nih olga kayak gini.

Kampung Wisata Rumah Joglo
Keseruan bersama blogger
Photo by : Ya Yat

Oh ya, sebelum olahraga, kami terlebih dahulu melakukan tes  kesehatan. Inilah yang saya sebut paket lengkap, gak tanggung-tanggung, sepanjang acara kami ditemani oleh dr. Candra, SPOK bersama timnya yang siap memeriksa kesehatan kami.  Meliputi tes gula darah, kolestrol, BMI dll.  Tim dr.Candra ini juga yang memantau saat tes kebugaran dilaksanakan.

Kampung Wisata Rumah Joglo

Apresiasi pada blogger-blogger hebat

Dapat ilmu sudah.  Olahraga sudah.  Saatnya acara bebas.  Namanya juga bebas ya, ada yang berenang, ada yang bernarsis ria, ada yang jelajah sudut-sudut cantik KWRJ.  Sampai kemudian tiba saatnya kami kembali berkumpul di pondopo untuk penutupan kegiatan.

Sesi ini diisi dengan bincang-bincang ringan, pengumuman pemenang lomba-lomba sepanjang acara, pemberiaan penghargaan pada berbagai kategori blogger, termasuk pada komunitas-komunitas blogger yang menyempatkan diri untuk hadir,  pemberian testimony dan perayaan ulang tahun BloggerCrony.    Penutup yang menyenangkan.

Bagian paling kocak buat saya adalah sesaat menjelang pulang, saya baru sadar bahwa teman ngobrol hampir 2 jam terakhir, cekikikan bareng, makan kue bareng, heboh-hebohan ternyata adalah tetangga rumah boooo.  Siapa sangka saya ternyata tinggal di perumahan yang sama dengan mbak Adya Pramudita, novelis keren itu.  Ya ampuuun…. *dadah-dadah cantik ke mbak Adya*

Secara keseluruhan, buat saya event #Bloggergathering ini sangat mengesankan.  BloggerCrony merangkul semua komunitas untuk bersinergi, maju bersama.  BloggerCrony berhasil menunjukkan bahwa alih-alih bersaing antar komunitas, alangkah jauh lebih indah jika bisa berjalan beriringan, untuk kebaikan bersama.

Kampung Wisata Rumah Joglo
Selamat Ulang Tahun BloggerCrony

Sukses untuk BloggerCrony

Sukses untuk Blogger Indonesia

 

Salam

Arni

22 thoughts on “#BloggerDay2017 Ajang Seru Temu Blogger di Kampung Wisata Rumah Joglo

  1. Kereeen ya Blogger Crony bisa ngadain acara ngumpulin banyak blogger dalam satu acara. Perlu berguru neh biar Blogger Kekinian bisa mengikuti jejaknya.
    Seneeeng yaa bisa ketemu banyak blogger, nambah kenalan dan memperluas jaringan.

    • Hayuuuk gabung
      Di FB juga banyak kok grup-grup buat blogger, gabung aja disana dulu
      Nanti pasti otomatis bakalan diajakin gabung kok ke WA

Leave a Reply to Kornelius ginting Cancel reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *