7 Ide Liburan Selama Pandemi

Tak terasa 2021 sudah di penghujung tahun.  Entah mengapa saya merasa 2021 ini cepat sekali berlalu. Rasanya baru aja tahun baruan yang gak kemana-mana itu, lho kok sekarang udah mau tahun baru lagi. Bagian menyedihkannya, ternyata tahun ini pandemi belum juga usai. Bahkan di kuartal kedua tempo hari, lonjakan kasus covid-19 justru mencapai puncaknya.  Sediiiih…

Nah, jelang akhir tahun gini aroma liburan pasti makin terasa  ya. Tapi masih pandemi gaes. Jadi sepertinya sekali lagi di akhir tahun kita harus membatasi mobilitas.  Meski demikian, bukan berarti tak bisa liburan sama sekali.  Ada banyak cara menikmati masa akhir tahun dengan tetap memperhatikan protokol kesehatan agar semua tetap aman, sehat dan nyaman. Bagaimanapun refreshing itu penting. Sesekali keluar dari rutinitas itu perlu. Meski pandemi, hidup harus terus berjalan to.

Nah, apa saja ide liburan di masa pandemi ala keluarga kami? Ikuti cerita saya yuk!

Camping

Ahaaay… kalau udah bahas camping rasanya semangat saya langsung 100% deh. Aktivitas outdoor yang satu ini memang jadi favorit keluarga kami.  Dulu sebelum pandemi, kami cukup sering camping di akhir pekan. Tak perlu menunggu liburan panjang, cukup di akhir pekan saja, melipir ke gunung. Kebetulan, karena tinggal di Bogor, banyak pilihan camping ground yang bisa dikunjungi. Mulai yang dikelola pemerintah (jagawana) karena masuk kawasan Taman Nasional, hingga camping ground yang dikelola pribadi/swasta.

Menepi, Menyepi, Menikmati Alam

Nah di masa pandemi seperti ini, harus pinter-pinter memilih lokasi camping. Banyak kok sekarang yang dikelola dengan tetap disipilin pada protokol kesehatan. Umumnya camping ground yang dikelola oleh swasta/pribadi. Untuk bisa camping di sana, harus reservasi terlebih dahulu karena jumlah pengunjung dibatasi agar tak terlalu padat dan bisa tetap jaga jarak antara rombongan pengunjung yang satu dengan lainnya.  Tenang, harganya terjangkau kok. Tinggal menyesuaikan dengan kemampuan dan kebutuhan masing-masing.

Baca juga : Camping Mewah di Bhumi Cantigi

Bersepeda

Sejak awal pandemi, minat masyarakat untuk bersepeda tampaknya mengalami peningkatan. Di satu sisi ini sangat baik karena bersepeda termasuk pilihan olahraga yang selain bermanfaat untuk kebugaran tubuh, juga sekaligus menjadi rekreasi dan refreshing yang menyenangkan.  Bersepeda dapat dilakukan bersama-sama kawan ataupun keluarga.  Namun, karena situasi masih pandemi, sebaiknya tetap menerapkan protokol kesehatan seperti memakai masker dan menjaga jarak. Pilih lokasi yang cukup sepi sehingga tak harus bersinggungan dengan banyak orang. Selain itu dianjurkan untuk membawa hand sanitizer atau sabun untuk menjaga kebersihan kita.

Bersepeda gak seru kalau belum foto keluarga

Kami sekeluarga biasanya bersepeda saat akhir pekan. Mulai dari lokasi sekitar rumah atau mau yang agak jauhan, kami melipat sepeda dan membawanya ke kebun raya. Bersepeda, menghirup udara bebas dan segar sekaligus berwisata. Menyenangkan sekali.

Trekking

Keluarga kami memang pecinta aktivitas outdoor banget deh. Semangat berkegiatan di alam rasanya terus memanggil-manggil. Belakangan ini banyak tour guide yang menawarkan paket trekking dalam kelompok-kelompok kecil. Satu keluarga misalnya. Tentunya ini lebih aman karena tidak perlu bercampur dengan kelompok lainnya. Jalur trekkingpun dapat disesuaikan dengan usia peserta, sehingga jika dalam satu keluarga ingin mengajak anak kecil, dapat tetap mengikuti kegiatan tanpa harus merugikan orang lain.

Wisata Rohani

Kegiatan di tempat-tempat ibadah memang masih dibatasi. Meskipun saat ini kasus covid-19 sudah cukup landai dan mengalami penurunan, bukan berarti kita bisa santai apalagi abai. Namun begitu, kunjungan ke tempat-tempat ibadah tetap bisa dilakukan. Apalagi saat ini hampir semua tempat ibadah menerapkan protokol kesehatan yang cukup ketat, sehingga relatif aman untuk dikunjungi.

Tirtayatra di Pura Tirta Empul

Buat kami, karena penganut Hindu, maka tentu saja kunjungannya adalah ke Pura. Tirta Yatra namanya. Belum yang jauh-jauh sih, masih seputaran jabodetabek saja.  Dulu sih sebelum pandemi, kami cukup sering ber-tirtayatra ke luar kota. Bisa dibilang aktivitas ini melengkapi kebahagiaan jasmani dan rohani. Ah… semoga pandemi segera berlalu.

Wisata ke Pantai

Nah, wisata yang satu ini selalu menarik pastinya. Tapi, dalam suasana pandemi seperti ini harus pinter-pinter menetapkan jadwal dan memilih pantai yang pas untuk dikunjungi. Pantai dengan pemandangan indah tapi tetap jangan sampai terlalu ramai atau berinteraksi dengan banyak orang.  Kalau bisa, berkunjunglah pada hari kerja. Ya, cuti sehari dua hari tak apa laaah.  Atau kalau memang ternyata hanya ada waktu luang saat akhir pekan dan hari libur, usahakan datang di waktu-waktu yang tidak begitu ramai dan tetaplah menjaga jarak dengan pengunjung lainnya.

Meski pantainya sepi, tetap jalankan prokes

Staycation

Siapa yang kangen staycation? Wah, saya ngacung paling pertama nih jadinya. Tapi masih agak deg-degan ya karena saat staycation di hotel, peluang bertemu dengan tamu lainnya cukup besar terutama saat sarapan. Untuk menyiasatinya, mintalah layanan kamar agar mengantarkan sarapan sesuai menu pilihan kita. Memang mungkin tak selengkap prasamanan, tapi demi keamanan dan kesehatan, tak apalah dilakoni ya. Selain itu, pastikan hotel yang dikunjungi menerapkan protokol kesehatan dengan baik.

Selain hotel, menyewa vila juga bisa jadi pilihan staycation. Saat ini banyak vila-vila yang disewakan dengan harga cukup terjangkau. Kita bisa menyewanya untuk satu keluarga atau teman-teman dekat. Liburan jadi lebih privat dan aman.

Seru-seruan Di Rumah Aja

Jika masih merasa ragu untuk berinteraksi di luar rumah, mari ciptakan suasana liburan di rumah saja.  Mengisi waktu dengan hal-hal bermanfaat bersama keluarga. Bisa dengan bercocok tanam, membuat prakarya, nonton film bareng, atau bahkan memasak.  Selain itu kita juga bisa menemani anak bermain.

Bermain menjadi salah satu cara melepas penat. Bermain bukan hanya buat anak-anak lho, orang dewasa juga perlu bermain. Selain untuk bersenang-senang, dengan bermain bersama akan mendekatkan hubungan orang tua dan anak. Tak perlu malu untuk sekedar bermain petak umpet, tebak lagu, pancasila lima dasar atau bermain bekel.

Bermain game online juga bisa jadi pilihan lho. Hari gini, hampir semua anak bermain game online. Nah, sebagai orang tua sebaiknya tetap melakukan pendampingan dan pengawasan agar anak memainkan game yang sesuai dengan usianya dan tentunya memberi manfaat kebaikan. Jangan sampai anak memainkan game dengan unsur kekerasan atau bahkan mengandung adegan dewasa.

Kabar baiknya, ada lho tempat bermain game online yang punya banyak banget pilihan game dan semuanya seru. Asyiknya lagi, semua permainannya bisa dimainkan tanpa harus install terlebih dahulu. Yes, apalagi kalau bukan Plays.org

Gak ada lagi dong cerita memori penuh gara-gara download game. Jadi kita bisa fokus download aplikasi yang dibutuhkan buat kerja dan penunjangnya. Buat refreshing ya tinggal buka aja websitenya Plays trus pilih-pilih deh game yang mau dimainkan.

Pilihan gamesnya juga beragam banget. Tinggal sesuaikan selera kita aja. Mulai dari yang ringan dan sekedar bersenang-senang sampai yang sifatnya edukasi. Udah dikelompokkan juga berdasarkan genrenya jadi kita gak perlu bingung milihnya. Ada Arcade classic, Aweshoot, Cartoon, Comics, Education, Solitaire, Sports, Retro Pixels, Pinball, Base Defense hingga Simulation. 

Beragam pilhan game di Plays.org

Segitu aja? Ou, tentu tidak!

Saya kasi tahu lagi kelebihannya ya. Sebagian besar games di plays.org ini dibuat dengan aplikasi JavaScript ringan, jadi pastinya mudah diakses, gak pake drama macet di tengah jalan. Gak asyik atuh lagi seru-serunya main game tau-tau macet karena nge-lag.

Harus bikin akunkah?

Tenaaaang….. Gak perlu pake bikin akun. Pokoknya buka aplikasi, pilih gamenya, mainkan sepuasnya. Gak pake daftar-daftar apalagi masukin data pribadi. No Way! Yang penting ingat satu hal, jangan lupa waktu ya. Tetap tuntaskan kewajiban lainnya dan tentunya kebersamaan dengan keluarga adalah yang terpenting.

Jadi, sudahkah teman-teman bermain game di Plays.org?

Salam

Arni

28 thoughts on “7 Ide Liburan Selama Pandemi

  1. Pengen liburan ke mana gitu. Tapi kalo hari libur atau akhir pekan jarang ada tempat wisata yang sepi sekarang. Semoga sih kasusnya ga naik lagi. Dan kita bisa hidup normal seperti sebelumnya.

  2. Selama pandemi cuma satu yang belum sempat kami lakukan kak. Camping. Anak-anak gak sabar pengen camping. Tapi saya belum punya kesempatan untuk membawa mereka.
    Seru juga kalo di rumah saya ajak mereka main di plays.org

  3. Hendra says:

    Hmmmmm, boleh juga idenya nih. Acara liburan semakin seru dan menarik ya. Mau di rumah aja juga bisa seru-seruan dengan bermain game online di Plays.org. Saya juga pernah beberapa kali bermain. Gratis dan banyak permainannya pula…

  4. yeeaayy, kalau dilihat dari foto-fotonya sudah mulai jalan-jalann nih Mamak Prema… duuhh tuh foto yang di pantai ndak tahan deh *upsss

    sayami ini Kak, pilihan terakhir itu yang terus dilakoni taapi tetap aja asyik siih secara di Plays.org ini gamenya supeeerrrr banyak. Rasanya tidak habis-habis untuk coba dimainkan satu per satu. Game jadul pun banyak disini dan buat kita jadi kayak nostalgia tooh 😀

  5. Mantap, saya paling suka kalau jalan-jalan ke perbukitan, krn klu naik gunung asih terasa belum siap untuk trekking jalannya. Kemping juga asik, biasanya saya sama temen-temen komunitas suka kemping juga…

  6. Bener tu. Liburan nggak harus kemana-mana atau malah mengunjungi kerumunan lho. Bahkan di rumah saja pun bisa seru-seruan. Misalnya saja dengan main game. Bisa mabar online atau game-game yang nggak perlu install di gadget macam website plays.org ini ya, Kak….

  7. Iya nih kaya cepet banget tahun ini rasanya. Tapi alhamdulillah sekarang udah bisa jalan-jalan offline lagi. Bisa staycation dan bersepeda. Sambil nunggu macet di jalan kadang juga main games yang ada di plays.org. Seru banget.

  8. Dengan play.org meski di rumah saja dijamin gak bakalan bosen ya. Ada banyak permainan yang tidak hanya disukai anak, tapi juga orang dewasa.
    Enaknya tuh ga harus menggunakan memori gadget kita ya…

  9. Fenni Bungsu says:

    Ini bener² rekomendasi ide liburan yang asik, karena masa pandemi ini masih belum bisa kondusif suasananya, jadi dapat melakukan liburan tipis-tipis yang tetep asik

  10. wahhh aku jadi kangen camping, sayangnya sekarang lagi musim hujan, sepertinya kurang tepat juga untuk berangkat camping.
    nunggu beberapa bulan lagi sepertinya cuaca bakalan oke

    ngomongin bersepeda sebenernya pengen juga bisa sepedaan, hiks, masalahnya nggak punya sepeda, ada sepeda punya adik cowok yang dudukannya tinggi banget, rasanya kayak susah menginjak tanah

    nahh aku juga kalau lagi sumpek suka bukain game online mbak. ternyata di plays ini banyak banget ya pilihan gamesnya, sampe bingung

  11. Nah, iya banget nih..jelang liburan semester dan akhir tahun, kalau belum bisa kemana-mana alangkah nikmatnya dinikmati walau dirumahaja. Bersama keluarga main games seru di plays.org

  12. Bersepeda dan seru-seruan di rumah jadi pilihan aku dan suami nih untuk saat ini. Mungkin karena masih takut juga dengan potensi gelombang ke-3 yang sudah terjadi di negara-negara luar. Jangan sampai di Indonesia terjadi lagi ah

  13. Satu yang belum kesampaian itu camping. Mau banget dan sudah ngincar beberapa lokasi. Tapi kalau terpaksa nggak bisa keluar rumah ya akhirnya main game seru-seruan lagi. Ada plays.org jugakan soalnya haha

  14. dua hal dari ide liburan di atas yang paling sering aku dan keluarga lakukan yaitu ke pantai dan main di plays.

    Karena emang keduanya yang paling murah dan anak anak suka hehehe

  15. Adriana Dian says:

    Staycation dan main game tuh seru banget jadi ide liburan. Apalagi di masa pandemi gini, ga perlu traveling jauh-jauh, staycation deket deket bareng keluarga juga udah seru banget yaaa.. eh seru juga nih game game di plays.org. Mau kepoin websitenya langsung aaaaj

  16. Main gim daring itu bisa jadi ide liburan selama pandemi ya Mbak, bagus nih ada Plays.org yang banyak varian games-nya ya, dan pastinya jika diperuntukkan untuk ada tidak ada konten dewasanya ya.

  17. Akh aku udah cobain nih main tetris ha ha ha tapi yang nggak bisa di utak atik lho jadi sekali turun kudu pas. Banyak banget ini game disini yang seru dari ortu ampe anak anak tanpa download

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *