Perjalanan Lancar dan Aman dengan Kendaraan Performa Prima

“Jumat nanti mau trekking sekalian main ke Curug Cibulao,” kata saya ke Suami. Beberapa hari sebelum jalan bareng teman-teman grup.

Beberapa waktu belakangan ini, saya memang cukup rutin bepergian bareng teman-teman yang kebetulan se-frekwensi. Sama-sama demen ngebolang. Komunitas yang awalnya untuk olahraga bareng, lalu jadi trekking bareng, naik gunung, main ke curug sampai berburu kuliner. Dan biasanya kami menggunakan motor, konvoi, beriringan. Selain untuk menghindari macet, dengan motor juga jadi lebih praktis ketika tempat yang dituju lokasinya berada di area yang agak sempit, keluar masuk gang, atau harus melintas jalan-jalan tikus.

“Jalurnya kemana?” tanya suami

“Arah puncak. Tapi udah belok kiri sebelum ketemu pasar. Cilember itu lho. Seberang Cimori Riverside. Gak terlalu jauh sih sepertinya,”

“Oke. Boleh aja, tapi motor diservis dulu deh. Udah waktunya ganti oli itu, apalagi sering dipakai perjalanan jauh,”

“Iya deh. Besok ganti oli dulu. Sekalian ngecek-ngecek kondisinya. Biar prima,” Sebagai istri yang baik, harus nurut dong ye. Biar gampang dapat ijinnya hehehe

“Ke Planet Ban aja ya. Yang depan komplek itu lho. Layanannya bagus,” Pesannya lagi

“Ahsyiaaaaap!”

Besoknya, gegas saya beberes rumah. Lalu langsung meluncur ke Planet Ban untuk servis motor. Abang bengkelnya menyambut ramah dan langsung menjalankan tugasnya sesuai permintaan saya. Sembari abangnya bekerja, saya melihat-lihat ke dalam bengkel. Rak-rak yang terisi aneka pilihan ban motor terbaik dengan beragam harga. Bahkan di salah satu sudut ada yang sedang promo. Wah, kapan-kapan kalau saya mau ganti ban, wajib nih ke sini aja.

8 Service Rutin yang Wajib Dilakukan

Sembari motor matic saya dikerjakan, saya ngobrol sama abang mekaniknya. Ternyata sebaiknya pengecekan rutin kondisi motor itu sangat penting dilakukan, apalagi kalau motornya sering dipakai bepergian jauh, sering melintas jalur yang tak mulus. Bagian yang wajib di cek antara lain

  1. Oli Mesin

Nah, ini yang sedang saya lakukan untuk si motor kesayangan. Oli adalah pelumas, pendingin, dan pelindung mesin.  Terakhir kali saya ganti oli kayaknya udah lebih dari 3 bulan lalu deh. Ingat banget, waktu itu sempat ditegur sama orang bengkelnya karena oli mesin saya sudah berwarna hitam pekat dan encer pertanda olinya sudah terkontaminasi zat-zat bekas pembakaran. Ya begitulah, emak-emak tahunya pakai aja, gak ngerti urusan mesin. Kalau Pak suami lupa ngingetin juga, ya bablas deh jadinya.

Motor saya sedang diganti olinya (foto : dok.pri)

Frekuensi penggantian oli mesin, dalam kasus saya oli motor matic sebenarnya tergantung jarak tempuh kendaraan. Rekomendasinya, penggantian oli sebaiknya dilakukan secara rutin setiap 2500 km. Namun, beberapa waktu belakangan sudah ada pabrikan/retailer otomotif yang berani merekomendasikan penggantian pada jarak tempuh 5000 km, 2 kali lebih lama dari oli biasa. Lho kok bisa? Karena oli yang dipasarkan adalah base oil tertinggi di kelas oli yang menggunakan teknologi ester.

2. Oli Gardan

Masih seputaran oli, rupanya selain oli mesin juga ada oli gardan. Sumpah ya, saya benar-benar buta yang beginian. Beruntung banget deh ngobrol banyak sama abangnya. Ternyata, untuk motor matic seperti motor saya, wajib banget rutin ganti oli gardan karena fungsinya sebagai pelumas gear yang ada di Continuously Variable Transmission (CVT). Jadwal penggantiannya menggunakan rumus 2x ganti oli mesin, dibarengi dengan 1 x ganti oli gardan. Hmm… berarti untuk metor saya ini, di penggantian oli mesin berikutnya harus dijadwalkan ganti oli gardan juga.

Aneka pilihan oli di Planet Ban (foto : dok.pri)

3. Busi

Sebagai komponen penting dalam system pengapian motor, busi perlu dirawat dan dijadwalkan untuk diganti ketika sudah tidak berfungsi dengan baik. Busi berfungsi meneruskan tegangan listrik yang disalurkan oleh ignition coil menjadi percikan api yang akan membakar campuran udara dan bensin di ruang bakar. Ketika busi motor mengalami masalah, maka dapat mengakibatkan sistem pengapian tidak bekerja secara sempurna.

Pernah dengar suara motor yang terdengar agak kasar, mengganggu dan tak nyaman? Bisa jadi, businya bermasalah. Saatnya untuk memeriksakan ke tempat service terbaik.

4. Kampas Rem

Bagian yang satu ini wajib banget dalam kondisi prima saat digunakan. Saya dan teman-teman beberapa kali menempuh jalur perbukitan, naik turun dengan lajur yang curam. Rem harus pakem pokoknya. Waktu nanjak menuju Bukit Paniisan, Sentul contohnya. Tanjakannya cukup tajam. Di depan kami ada mobil yang ternyata ngos-ngosan saat mendaki. Kami yang berada di belakangnya harus benar-benar waspada. Pegang rem yang kencang, takutnya kendaraan di depan tiba-tiba berhenti. Arah turunan juga sama, harus benar-benar menjaga jarak dengan kendaraan di depan. Begitu juga saat melintas di jalur macet. Itulah sebabnya, rem wajib diperiksa secara berkala saat service motor.

5. Filter Udara

Sejujurnya, kalau gak ngobrol sama abang petugas bengkelnya, saya gak bakalan tahu yang mana namanya filter udara.  Untungnya si Abang sabar banget ngejelasin saat saya tanya ini itu. Mungkin dia sekaligus heran kali ya, ini emak-emak kepo bener urusan mesin. Hehe. Rupanya, filter udara bergungsi untuk menyaring udara yang masuk ke ruang pembakaran agar tidak tersumbat oleh kotoran yang masuk sehingga mengganggu system injeksi dan karburator. Waktu motor saya diperiksa, katanya filter udaranya masih bagus, jadi tidak perlu diganti.

6. Accu atau Aki

Setiap kali kita menstarter motor, aki berperan besar sebagai tenaga penggerak awal untuk memutar poros engkol yang membuat piston dapat bergerak sempurna dan terjadi pembakaran di ruang bakar lalu mesin motorpun hidup.  Tegangan ideal aki sekitar 12,3 – 12,6 Volt saat mesin mati dan 13,7 – 14,2 Volt saat mesih hidup.  Jika ditemukan tegangan aki tidak sesuai dengan ketentuan itu, maka harus dilakukan pemeriksaan lebih detail dan memutuskan untuk melakukan perawatan/penggantian agar berkendara tetap nyaman.

Aneka jenis ban di Planet Ban (foto.dok pri)

7. Ban

Nah, ini nih bagian motor yang walaupun terlihat jelas di depan mata, tapi jujur agak sering saya abaikan. Gak ngeuh lebih tepatnya.  Minggu lalu misalnya, saat saya sedang berkunjung ke rumah teman, lalu motor saya sempat dipindahkan oleh suaminya karena hujan turun. Saat mengembalikan kunci saya di beritahu, “ban motornya kempes itu. Harus segera diisi angin!”

Malu euy sampai diingatkan begitu. Padahal saya pakai tiap hari. Bisa-bisanya gak sadar kalau bannya kempes. Astagaaa…

Selain urusan angin dalam ban, wajib juga rutin memeriksa permukaannya. Gundul atau tidak. Ini penting banget untuk keselamatan dan keamanan saat berkendara.

Foto : dok pri

8. Tune Up Motor Rutin

Service rutin meliputi pemeriksaan semua komponen sebaiknya dilakukan secara berkala. Pemeriksaan biasanya fokus pada kondisi lampu, tekanan ban, pembersihan karburator, pemeriksaan rem, rantai, dan klakson. Jika memang dibutuhkan, bisa saja sekaligus diertai dengan ganti oli mesin, oli garden, atau penggantian sparepart. Eits… jangan takut, mekanik pasti akan menginformasikan terlebih dahulu sebelum mengambil tindakan. Jadi, semuanya atas persetujuan konsumen.

Planet Ban, Bengkel Servis Motor Terbaik

Saat berkeliling di bengkel ini, saya melihat tagline “Servis motor rasa mesin baru”. Nanya dong saya ke abang mekaniknya. Jadi ternyata servis ini dikenal juga dengan sistem terpadu.  Bertujuan untuk meningkatkan performa dan daya tahan motor dengan cara cepat dan biaya lebih hemat.  Fokusnya memeriksa bagian-bagian vital motor agar lebih berfungsi maksimal.

Lantas, kenapa harus ke Planet Ban?

Berdasarkan pengalaman saya, ini dia 4 alasan saya akan kembali ke Planet Ban jika butuh servis motor :

  • Oli yang digunakan berteknologi tinggi sehingga performa motor menjadi maksimal sekaligus sebagai proteksi terhadap mesin. Dengan begitu, mesinpun jadi lebih awet.
  • Setelah pergantian oli, saya merasakan pemakain yang lebih nyaman dan tarikan lebih enteng. Menurut abang mekanik, ini juga membantu mesin lebih dingin dan tahan lama.
  • Berita baiknya, ganti oli berikutnya setelah mencapai jarak tempuh 5000 km. Wah, senang dong saya. Terasa banget hematnya. Gak perlu sering-sering ganti oli.
  • Karena emisi dan polusi dari motor berkurang, saya jadi ngerasa udah berbuat baik pada lingkungan. Hehe, walaupun hanya sebutir debu, tapi khan minimal ikut serta memelihara dan menjaga lingkungan.
Setelah transaksi, kita mendapat notifikasi seperti ini

Berapa Sih Biaya Servis Motor di Planet Ban?

Urusan hitung-hitungan duit gini, emak-emak deh jagonya. Belanja sayuran aja bisa bela-belain bandingin tempat satu dengan lainnya, apalagi urusan servis motor kayak gini. Wah, wajib banget dibuat terang benderang agar gak misuh-misuh di akhir.

Karena servisnya adalah system terpadu, di Planet Ban kendaraan kita otomatis dicek menyeluruh. Seluruh bagian dibersihkan seperti baru, bahkan sampai kepala silinder, blok CVT, klep mesin, throttle body, piston, dll yang membuat mesin jadi seperti baru. Sesuai taglinenya di atas. Tarikan jadi lebih enteng, emisi turun lebih dari 70% dan lebih hemat BBM. Mesin pun jadi bersih total.  Kalau servis di bengkel lainnya, mungkin saja bagian ini terlewat, kecuali memang benar-benar kita yang notice ke mekaniknya.

Langsung saja saya spill harganya ya

  • Servis motor injeksi Rp 20.000,-
  • Servis CVT sekaligus rantai Rp 19.500,-
  • Servis throttle body Rp 20.000,-

Gimana, murah banget khan?

Saya kasi bocoran lagi ya, kalau kita jadi member di Planet Ban, maka akan ada potongan harga khusus setiap kali kita kembali ke sana. Bahkan sekedar ganti oli saja, juga bisa dapat discount. Lumayan banget, bisa buat nambah beli bawang cabe selisihnya .

Jadi gak perlu ragu, butuh servis motor, Planet Ban saja.

Perjalanan Lancar dan Aman, Hati Tenang Berkendara

Yuhuuu…  hari yang dinanti datang juga.  Sesuai rencana, kami akan ke Curug Cibalao. Pagi-pagi sekali saya sudah menyiapkan saran dan bekal untuk Prema ke Sekolah dan Ayah ke Kantor. Emak mau ngebolang, tugas dan kewajiban rumah tangga jangan sampai terbengkalai. Setelah dua lelaki kesayangan berangkat ke tujuannya masing-masing, sayapun bersiap menuju titik kumpul.

Beginilah kami saat siap berangkat. Gaaaaskeuuuuun

Total kami berduabelas, semua sudah siap membelah jalanan menuju daerah puncak. Awalnya perjalanan menempuh jalur yang mulus. Aspal dan beton. Ternyata, makin ke dalam jalurnya makin curam dan berbatu. Rusak di beberapa titik. Haduh, agak deg-degan juga saya jadinya saat melintas. Mendakinya lumayan menguras tenaga motor, yang ada di kepala saat mendaki adalah membayangkan bagaimana nanti turunnya. Fyuhh, ngeri-ngeri sedap ini jalurnya.

Di balik rasa khawatir, juga terselip rasa percaya diri akan performa motor yang saya pakai. Si matic kesayangan ini dalam kondisi prima. Baru saja ganti oli dan servis di Planet Ban. Harusnya sih kuat dan aman. Tinggal bagaimana saya mengendalikannya dalam berkendara.  Ditambah doa yang banyak juga tentunya.

Bersyukur banget, kami semua tiba di tujuan dan akhirnya juga pulang dengan selamat pada hari itu. Mengawali dengan trekking tipis-tipis lalu menikmati nyemplung di dinginnya air Curug, seru-seruan bersama teman-teman petualang. Emak-emak tangguh.

Detail keseruan di Cibulao saya ceritakan di artikel berbeda ya. Biar gak bosan bacanya. Di sini saya hanya mau bilang, saat akan bepergian pastikan kendaraan dalam kondisi prima agar perjalanan menjadi aman, tenang dan nyaman.

Next, kemana kita gaes?

Salam

Arni

35 thoughts on “Perjalanan Lancar dan Aman dengan Kendaraan Performa Prima

  1. Hani says:

    Wah…wah…beneran ini mah Emak-emak tangguh.
    Next ke mana nih?
    Aku udah lama banget engga naik motor. Kayaknya udah engga pe-de, sejak jatoh karena ngerem mendadak, gara-gara angkot ngerem. Haha…
    Servis motornya mayan terjangkau yah dan teliti gitu.
    Tadinya aku kira Planet Ban tuh jualan ban doang. Soalnya di Bandung sini ada toko ban namanya Lautan Ban…

    • Mau gak mau naik motor mbak
      Soalnya daerah tujuan seringnya jauh dan jalanannya sempit. Kadang ketemu macet juga. Jadi biar lancar, ya pakai motor

      Oh ya tentang Planet ban, dulu aku juga ngiranya khusus jualan ban
      Ternyata ada servisnya juga. Tapi memang banyak pilihan aneka ban berkualitas di sana

      • Ibu ibu biasanya taunya pake aja ya, kalo soal mesin dan service buta sama sekali, dan mengandalkan suami hehehe. Tapi sebenarnya penting juga belajar sedikit sedikit tentang mesin, biar juga gak mudah dibohongi sama bengkel yang tidak bertanggung jawab. Servis motor di Planet Ban murmer ya, terima kasih informasinya kak.

  2. Muhammad Rifqi Saifudin says:

    Keren banget ini, jarang Ada emak emak yang mau tau soal mesin, tapi emang penting banget sih buat tau daleman mesin kendaraan sendiri, paling gak jadi tau kapan harus service sehingga gak boncos kalau ternyata terlanjur rusak

    • Hehe saya juga baru mulai nanya-nanya sejak kemana-mana naik motor sendiri. Sembari nunggu diservis, sekalian aja ajak ngobrol abang mekaniknya

  3. Wuiih seruuu!
    Asyik ya, Mbak bisa ngebolang bareng teman-teman se-frekuensi.

    Kalau jalannya turunan tajam, untuk motor matic memang harus dalam kondisi baik ya. Jaga-jaga jangan sampai remnya panas ketika menuruni jalan yang curam

  4. Muhammad Gusti Apriansyah says:

    Untuk service ringan emang planet ban rekomended. Tapi untuk service berat, biasanya saya ke dealer resmi karena sparepartnya lebih lengkap

  5. Sebelum melaksanakan perjalanan wajib banget melihat kondisi kenderaan kita apalagi perjalanannya jauh, jarak perjalanan dengan kondisi kenderaan berpengaruh terhadap performa kenderaan, makanya sebelum jalan butuh persiapan.

  6. Mantul abnegt nih rame2 trekking bareng para bestie yang sefrekuensi hehe. Mau juga donk diajakin 😛
    Kalau sering bepergian naik motor apalagi sering dipakai ke medan berat yang nanjak gtu emang kudu banget rajin diservis yaa, supaya body dan mesin awet.
    Bengkel Planet Ban bisa menjadi alternatif buat cek dan servis kendaraan . Mana harganya terjangkau tapi kualitas pelayanan bagus ya.

  7. hehe aku jadi inget dulu pernah nekat ke Pacet naik motor sendiri padahal belom service motor. alhasil sempet mati mendadak di tengah perjalanan pas tanjakan haha. kapok deh. next kduu prepare sih kalo luar kota. anw, terjangkau banget ya biasa service di Planet Ban. mulai 20k aja

  8. Deket rumah juga ada planet ban sering jadi langganan service. Harganya termasuk ramah di kantong dan pekerjanya juga enggak lupa ngingetin kalau ada yang perlu di cek bulan berikutnya. ❤️❤️

  9. Wah seru banget ini rame2 konvoi naik motor. Wanita2 kuat 😍 motornya juga harus kuat yaa biar bisa diajak kerjasama makanya di service di Planet Ban yang servicenya menyeluruh. Senangnya punya teman2 yg satu frekuensi 🤗

  10. Deny Ir says:

    ternyata banyak banget servis motor yang perlu diperhatikan, padahal saya biasanya cenderung servis ya cuman 2 jenis: servis berkala sama ganti oli, wkwk

  11. Emang wajib hukumnya kalau mau touring atau perjalanan jauh cek kondisi kesehatan kendaraan. Gak kayak aku dulu, yang penting ban gak kempes sama bensin full, modal nekat haha

  12. Setuju banget Kak. kalau mau melakukan perjalanan, memang harus banget periksa terlebih dahulu kendaraan kita agar perjalanan terasa nyaman.
    Pengalaman servis motor di Planet Ban memang puas sih, pegawainya gercep dan harganya reasonable

  13. Seru banget ya bisa touring bareng bareng begitu. Perjalanan makin menyenangkan jika kendaraan juga prima.
    Betul itu sebelum bepergian sebaiknya service dulu kendaraan nya. Di Planet Ban emang terjangkau tapi kualitas nomor satu
    Rekomendasi banget deh

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *